alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc67bd7f0bdb244e67c28f6/14-hal-penyebab-susah-tidur-apakah-anda-pernah-mengalami-ini

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?

Hai guys, ketemu lagi!

Siapa sih yang suka susah tidur? Entah karena emang punya penyakit insomnia, atau sebenarnya jarang banget yang namanya susah menggapai alam mimpi, cuma akhir-akhir ini jadi susah tidur. Bingung kenapa?

Sebenernya nggak usah bingung karena yang namanya "penyakit susah tidur" sudah ada banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Dan mereka menyimpulkan beberapa sebab kemungkinan kenapa seseorang bisa terkena kondisi demikian.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Simpel tapi benar-benar mengganggu, sumber picture carilionclinicliving.com


Sesuai pengalaman, dan beberapa artikel yang saya baca, ada beberapa poin yang memungkinkan. Silakan aja disimak, siapa tahu teman-teman pembaca bisa paham kenapa tiba-tiba susah tidur (padahal kemarin kemarin nggak ada masalah).


Smoker
Seringkali para perokok merasakan momentum tertentu pernah susah tidur. Semua ini karena pengaruh nikotin. Zat ini yang menjadi stimulan tersendiri agar si perokok tetap awake. Senada dengan perkataan Amanda Holm, manager Tobacco Treatment di Henry Ford Health System

“If you’re bored, sleepy or tired, nicotine will act as a stimulant to help you feel more alert and awake."

Jadi kalau biasanya kemarin-kemarin tidak ada gangguan mau berangkat tidur, kemudian suatu hari susah tidur, coba sadar diri apakah kita termasuk perokok aktif. Kalau memang insomnia ringan ini benar-benar mengganggu ke depan hari mungkin jalan terbaik berhenti merokok, ganti dengan permen atau yang lain.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Kalau sudah kecanduan susah untuk berhenti, sumber picture tweeddailynews.com.au


Temperatur
Kalau yang ini kemungkinan banyaknya orang juga merasakan hal yang sama. Siapa sih yang bisa tidur nyaman ketika temperatur yang ada di sekitar subject panas? Bisa dikecualikan orang yang benar-benar lelah banget ya, atau memang karena sudah terbiasa. Hanya saja tubuh itu mempunyai tingkat toleransi terhadap suhu tertentu. Jika ada peningkatan drastis daripada biasanya, pasti muncul rasa tidak nyaman. Ada baiknya ketika sebab musabab ini terjadi, nyalakan air conditioner atau kipas angin, buka jendela juga bisa kalau ada sekat penghalang nyamuk masuk.

Depresi
Ada pikiran yang berkecamuk di dalam kepala guys. Dan sekelumit pikiran negatif tersebut berkecamuk sekian lama di otak. Kalau emang merasa sedih, atau tertekan secara sosial, baik dalam pergaulan di keluarga, lingkungan masyarakat, tekanan pekerjaan, sedikit banyak bisa mempengaruhi jam tidur. Terkadang momen ini adalah ketika hendak tidur, lalu tiba-tiba banyak pikiran yang bermunculan di dalam kepala.

Kepo dikit tentang depresi

Sebenarnya penyakit seperti ini jangan dibiarin. Ada beberapa solusi yang tepat buat orang-orang yang sedang dilanda sedih berkepanjangan. Hati-hati loh, kalo depresinya udah akut, kadang pengen bunuh diri. Segera komunikasi dengan yang ahli, atau gunakan metode social support, selalu bersama-sama dengan yang lain: support dari keluarga, teman, kolega, kekasih, "ternyata" dibutuhkan. Menghindari momentum sendirian juga, seringnya kalau sendirian nanti gampang dibisikin setan, di bisikin yang nggak nggak.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
ketika mengalami kondisi seperti ini cuman ada satu saran: jangan dibiarin dan berusaha bangkit, sumber picture
aubreymarcus.com



Noise
Cuma satu kata. Tempat yang berisik. Beda lagi dengan orang-orang yang memang sudah terbiasa, hidup lama di lingkungan sekitar yang benar-benar berisik. Seperti orang yang biasanya tidur di rumah selalu nyaman, kemudian suatu hari dia bermain ke salah satu kost teman kerjanya, kebetulan, kost tersebut di samping rel kereta api yang memang posisi terkait area track kereta api paling padat di kota besar. Berisik guys.

Doing too much
Tepat sebelum merebahkan badan, ada aktivitas banyak banget. Seperti seorang ibu yang semalaman cover anaknya, mencicil pekerjaan rumah yang menumpuk, kemudian hendak berangkat tidur. Kadang ada momentum badan masih terasa segar karena saking banyaknya aktivitas, sehingga rasa kantuk yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Sesibuk apa ketika di rumah? Ingat untuk beristirahat, sumber picture 123rf.com


Rileks dulu. Habis kerja ini itu tenangin hati dulu, duduk yang tenang, minum atau nyemil sedikit biar badan agak nyaman. Karena ini seperti masa transisi, mode balap berganti mode kura-kura. Nggak bisa serta-merta dalam waktu singkat dong.

Screw biological clock
Sebagian teman mungkin sudah memahami apa maksudnya biologi clock, alias jam biologis di dalam diri. Namun saya masih mengutip definisi yang diberikan oleh Division of Sleep Medicine dari Harvard Medical School, bahwa ini adalah jam tubuh, secara biologi, dimana secara otomatis tubuh (terutama otak) mengatur sendiri kapan seseorang itu tidur dan kapan bangun, atas monitor saraf terhadap kelelahan tubuh, banyaknya aktivitas, sehingga automatically, dia mengatur sesuai kebutuhan badan.

Hal ini terjadi pada tiap-tiap seseorang, namun dalam kondisi berbeda, seperti misalkan dia selalu tidur jam 9 malam, karena kalau di atas waktu tersebut, pasti dia sudah tidak tahan untuk tetap terbangun, karena sudah menjadi kebiasaan.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Sumber picture youtube.com


Lain lagi dengan orang lain yang tidak bisa tidur sebelum jam 12 malam datang. Karena jam biologis identik dengan kebiasaan seseorang.

Nah kalau misalkan kita mempunyai kebiasaan tiap malam ahad kita memaksa untuk tidur menjelang subuh (mentang-mentang keesokan harinya libur) dengan menghabiskan waktu di depan televisi, atau mungkin hang out bersama teman-teman sambil menahan kantuk, ini mempunyai arti kita sedang merusak jam biologis kita sendiri. Jangan heran kalau suatu ketika ada timing kita nggak bisa tidur, padahal secara kebiasaan belum terlalu malam pun biasanya sudah terlelap.


Kecanduan teknologi
Saatnya tidur kita belum berangkat ke alam mimpi, ternyata sedang asyik dengan teknologi, seperti menonton televisi semalaman suntuk, melihat layar handphone bermain game online bersama teman-teman, mengarungi dunia maya dengan cara yang menyenangkan lainnya.

Sebenernya gampang sih solusi dari teman-teman yang kecanduan game. Habisin aja kuotanya. Kalau enggak ada kuota kan nggak bisa main game online.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
atur waktunya guys, Sumber picture followingfilippo.com



Kafein
Terlalu banyak minum minuman yang berkafein bisa mengganggu jam tidur. Zat yang banyak dikandung kopi ini biasanya membuat orang agar tetap terjaga. Kalau memang kopi adalah minuman kesukaan, perihal yang paling anti adalah minum kopi secara berlebih. Kedua, minum kopi tidak terlalu dekat dengan jam prediksi untuk istirahat alias jam tidur.

Hormon
Pada beberapa penelitian, hormon ikut berpengaruh terhadap susah tidurnya seseorang. Kontribusi hormon terhadap susah tidur seseorang biasanya terjadi pada wanita. Entah waktu dia datang bulan atau ketika menjalani masa kehamilan. Ketika menstruasi datang hormon sedang tidak stabil, selain mengakibatkan perubahan mood, juga untuk beberapa orang mengakibatkan susah tidur. Tapi tidak hanya wanita karena pada masa remaja baik laki atau perempuan terkadang ada beberapa orang yang "tidak sengaja" terkena insomnia karena memang masa transisi hormon.

Kita ucapkan selamat ke hormon progesteron pada saat ibu sedang hamil dia suka mengacak-ngacak jam tidur sang ibu. Beberapa wanita hamil sering terganggu tidurnya pada trisemester pertama meski tiap orang berbeda kondisi. Makanya kita sayangi orang tua kita terutama ibu.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Sumber picture Redbookmag.com


Tidur siang over
Kalau malam tiba-tiba tidak bisa tidur, coba ingat-ingat jangan-jangan tadi siang nya sempat tidur siang tapi kelamaan. Siapa tahu tidur jam 12 siang bangun jam 6 sore kemudian jam 9 malam jam biasanya sudah ngantuk ini sama sekali tidak berasa ingin tidur. Jika ini terjadi maka itu adalah hal yang wajar. Solusi terbaik, jika kemudian hari ingin tidur siang bisa memasang alarm dulu, atau titip pesan ke pihak keluarga di rumah untuk membangunkan pada jam tertentu.


Lights
Ada orang-orang tertentu yang kesusahan tidur karena cahaya yang terlalu menyilaukan di dalam ruangan tidur. Kita tidak bisa menyalahkannya, karena ini sesuai kebiasaan, kemungkinan besar si subjek terbiasa mulai usia dini untuk tidur pada suasana tidak ada penerangan/gelap.

Jadi ketika dia hendak tidur dan mendapati bahwa suasana tempat tidur tidak seperti kebiasaan, kemungkinan besar dia akan mengalami kesusahan tidur.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Silau men! Sumber picture citynews1130.com


Alasan medis
Bisa berarti si individu sedang mengalami sakit. Karena orang yang sedang sakit sering kali tidak bisa tidur. Batuk yang benar-benar parah, atau sakit penyakit dalam yang tiap menit dan jam suka kambuh sakitnya. Bagaimana bisa tidur tenang, dominan waktunya fokus untuk menahan sakit yang diderita. Ada lagi permisalan seperti orang setelah mengalami kecelakaan, kakinya sedang sobek atau tangannya memar kemudian sakitnya berasa sampai ke kepala. Mana bisa tidur tenang. Bisa juga terjadi pada orang yang mempunyai penyakit migrain. Pusing kepala sebelah terkadang bikin gak tahan.

Pada pihak lain, setelah konsumsi obat tertentu bisa membuat kita terjaga. Seperti kita tahu, ada obat yang memang setelah konsumsi menyebabkan pasien mengantuk, dan sebaliknya ada obat yang setelah dikonsumsi malah membuat kita terjaga, terutama obat tertentu yang membuat jantung berdebar sementara, memacu lebih cepat daripada sebelumnya.

Jet lag atau sleep-wake disturbance
Pasti pernah di antara kita tiba-tiba terbangun di tengah malam atau dini hari karena mimpi yang sangat menyeramkan? Terbangun kemudian jantung masih berdebar-debar, mungkin rasa kaget dan takut menyelimuti perasaan. Itulah sedikit banyak yang disebut dengan sleep-wake disturbance.

Ada juga suasana jet lag, biasanya setelah kita melakukan perjalanan yang jauh, menggunakan kendaraan darat laut maupun udara. Hal ini juga wajar harusnya. Seperti setelah perjalanan menggunakan pesawat terbang selama 3 jam misalnya. Saat transit di bandara kadang jet lag masih ada, membuat kita terjaga sementara.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Sumber picture travelandleisure.com


Intense something "interesting"
Sedang intens melakukan atau memikirkan sesuatu yang memang menarik menurut subjek, bisa salah satu penyebab susah untuk tidur.

Misalkan seorang anak di hari Sabtu malam, dan pada hari Minggu nya hendak tamasya dengan keluarga ke tempat yang selama ini dia inginkan. Saya jamin semalaman kalau dia perasaannya bahagia, senang, tidak sabar menunggu hari esok, kepala penuh planning akan melakukan ini dan itu selama di objek wisata, pasti dia akan susah tidur karena kegirangan di dalam hati.

Intens melakukan sesuatu juga bisa terjadi seperti pada mahasiswa yang mempunyai homework untuk menyelesaikan tugas skripsi. Waktu yang terkadang hampir limit memaksa mahasiswa untuk memburu waktu, melakukan lembur pengerjaan skripsi hingga dini hari ataupun pagi tanpa tidur.

14 Hal Penyebab Susah Tidur, Apakah Anda Pernah Mengalami Ini?
Kalau terpaksa lembur ditata lagi jam istirahatnya, sumber picture fortude.co


Ada juga sih yang konotasi negatif misalkan seperti seseorang yang kesusahan tidur karena sedang mikirin sesuatu yang jorok/cabul. Pernahkah anda di posisi ini? Ayo jujur!

Beberapa hal tersebut di atas merupakan beberapa penyebab umum yang memacu orang susah tidur, kebanyakan adalah hal-hal keseharian yang sering dialami oleh dominan kita. Tentu setiap orang ada toleransi tersendiri terhadap poin poin tersebut di atas. Tapi rasanya yang sudah saya ulas cukup mewakili keadaan sebagian orang, meski belum mewakili sebagian lainnya.

Belum saya olah secara maksimal untuk solusi dari masing-masing poin tersebut di atas, hanya beberapa saja, tapi bisa jadi dalam kesempatan lain saya akan membahas topik terkait terutama mengenai solusi yang diberikan oleh para ahli.

Semoga bermanfaat ya tulisan renyah di atas. Syukur-syukur kalau membantu para pembaca mengenali tanda-tanda insomnia awal kemudian masing-masing bisa antisipasi hal-hal terkait agar kedepannya tidak merasakan insomnia ringan lagi.

Selamat beraktifitas dan semoga dijaga Tuhan selalu.




FURQON643
Hampir semua pernah maskulin alami, Bukan berarti maskulin serakah emoticon-Cool


Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut

profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Kalau Mas kulin udah pernah ngerasain semua ber arti yang jadi pertanyaan , apakah kejadian-kejadian di atas sudah pernah di alami oleh Mbak kulin, om kulin, tante kulin????
over thinking
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Nah itu dia, over thinking ngebuat stress, ngebuat depresi, akumulasinya jadi runyam, ntar yg ada pengen mati mah

emoticon-Cape deeehh
hmm kadang udah kepala 3 dan kerja 6 jam lebih tidur siang nggak bisa diabaikan, kadang sampai kebablasan sampe magrib atau bisa tahan siangnya eh pas habis magrib malah ketiduran sampe malam, tapi anehnya di ane selalu bisa tidur jam 12 - 2 malam trus besoknya bisa bangun jam 6 lewat
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Apa waktu kecapean ya gan
Lihat 1 balasan
Balasan post onee643
Quote:


iya gan mungkin kecapekan, jam tidur ane kacau sekarang deh emoticon-Sorry
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Quote:


Bisa ketata lagi kok namanya orang bisa adaptasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di