alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc664598012ae0b5f632e90/bisnis-yang-semakin-sepi-di-era-perubahan-teknologi

Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi

Warnet atau Warung Internet

Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi

Dari laman wikipedia, Warung Internet (disingkat: warnet) adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum.


Sejak datangnya era ponsel pintar Android dan semakin populernya dilihat dari jumlah penggunanya yang melonjak tajam, warnet yang dulunya sangat populer semakin ditinggalkan. Masih di ingatan ketika sekitar tahun 2008 bisnis warnet sangat-sangat menjanjikan, namun sekarang sudah sepi sekali peminatnya.


Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi

(Gambar : Penjualan ponsel pintar berbasiskan android tahun 2017–2018 meningkat tajam)

Tidak heran sekarang anak-anak kawula muda sangat menggemari nongkrong hanya untuk sekedar mabar yang dulunya di warnet sudah menjelma di warung-warung kopi hanya untuk mabar (main bareng) gim online kesayangan mereka.


Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi

(Gambar : Warung kopi salah satu tempat di Medan)


Investasi besar Gaming iCafe

Namun ada juga warnet yang bertahan dengan mengubah konsepnya menjadi Gaming iCafe, namun ini membutuhkan modal investasi yang sangat besar, ketika pemain-pemain bisnis warnet kecil berguguran, namun yang besar akan tetap bertahan.


Bisnis Yang Semakin Sepi Di Era Perubahan Teknologi

(Gambar : Salah satu konsep gaming iCafe di Jl. Sekip Medan)

Jadi para konsumennya adalah pemain gim yang ingin menikmati suasana gaming kaya grafis yang tidak bisa dihadirkan seperti di ponsel pintar. Disamping lokasinya harus strategis di pusat kota, performa komputer yang bagus dan koneksi internet yang juga harus bisa dihadirkan ditempat ini, sekarang banyak yang ingin bermain gim online sekaligus livestreaming juga. Jadi pangsa pasarnya sudah jelas berbeda. Jika ingin tetap bertahan sepertinya warnet harus berevolusi menjadi gaming iCafe seperti ini.


Jadi bagi agan yang mau berbisnis di ranah bidang internet. Harus berinovasi dengan menghadirkan apa yang menjadi kesukaan dan kebutuhan konsumen atau pelanggan. Disamping modal dana yang perlu disiapkan. Selain itu diperlukan juga dengan menentukan segmentasi pasar. Penting agar mampu tertarget, konsumen mana yang menggunakan bisnis agan.


Sumber :

https://medanmerdeka.com/ekbis/bisni...lungun-anjlok/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Warung_Internet


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di