alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The Rest of the World (International Food) /
7 Makanan Khas Turki yang Recommended Abis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc65c6b8012ae227e622b49/7-makanan-khas-turki-yang-recommended-abis

7 Makanan Khas Turki yang Recommended Abis

Makanan Khas Turki

7 Makanan Khas Turki yang Recommended Abis



7 Makanan Khas Turki yang Recommended Abis


Assalamualaikum. Hai, Agan dan Sista semua. Jumpa lagi di thread ane. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat, ya.


Apa sih yang ada di pikiran Agan dan Sista saat pertama kali mendengar kata Turki? Drama telenovela dari negara inikah? Kota Istanbul yang notabene sangat terkenal begitu indah kah? Atau mungkin, makanan Kebab yang belakangan digandrungi oleh masyarakat kita ini?

Tak salah jika itu semua yang terlintas di benak Agan dan Sista. Turki, salah satu negara yang terletak di antara dua benua ini memang identik dengan hal-hal tersebut. Berbicara mengenai Turki, negara ini memiliki berbagai macam makanan yang cukup unik dan bisa membuat kita tertarik untuk mencicipinya.

Berikut 7 macam makanan khas Turki yang recommended abis karena memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri :

1. Turkish Delight

Quote:


Agan dan Sista pernah mendengar nama makanan ini? Atau bahkan mungkin pernah memakannya? Mungkin bagi penggemar film Narnia, tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Sebab, Turkish Delight sempat muncul sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi oleh tokoh dalam film tersebut.

Turkish Delight atau Lokum merupakan manisan khas asal Turki yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini berbentuk kubus/bundar dalam potongan kecil-kecil, penuh warna-warni, dan ditaburi gula bubuk agar tidak lengket.

2. Kebab Turki

Quote:


Kalau makanan yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi Agan dan Sista semua. Siapa yang tak mengenal makanan ini? Kini, di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan gerai-gerai penjual kebab. Makanan ini jadi salah satu dari sekian banyak makanan yang digandrungi oleh masyarakat kita.

Di Turki sendiri, kebab merupakan makanan yang terbuat dari daging diiris tipis-tipis dari pemanggang vertikal berputar, dan disajikan dengan cara digulung dalam roti pita, tortilla, sandwich, atau burger. Daging yang digunakan biasanya daging kambing, sapi, atau ayam. Kebab yang paling populer di Turki yaitu Doner Kebap, Iskender Kebap, dan Sis (Shish) Kebap.

3. Baklava

Quote:


Agan dan Sista pernah makan roti lapis isi kacang? Mungkin bisa dikatakan Baklava hampir mirip seperti itu. Baklava merupakan roti pastri lapis isi kacang yang disiram madu atau sirup sebagai pemanis.

Cara pembuatannya pun cukup unik, yaitu adonan pastri ditumpuk dalam loyang besar, selapis demi selapis, lalu memberi mentega cair antar lapisan serta potongan kacang di beberapa lapisan.

Sebelum dipanggang, adonan dipotong terlebih dahulu. Setelah matang, siram dengan banyak madu atau sirup dan biarkan agar terendam, sampai sirup atau madu meresap ke setiap lapisannya yang kering.

4. Dondurma

Quote:


Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Meski mungkin belum pernah mencicipinya, tapi makanan ini sering kita jumpai di televisi. Di mana para penjual Dondurma melayani pembeli dengan melakukan berbagai atraksi yang memukau, hingga mengerjai calon pembeli mereka.

Dondurma merupakan es krim khas Turki yang mempunyai tekstur liat dan lengket seperti permen karet. Bahan dasar Dondurma terdiri dari susu, gula, salep (bahan pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda), dan mastic (bahan pengenyal yang terbuat dari getah tumbuhan).

5. Kadaif

Quote:


Kadaif merupakan makanan khas Turki yang terbuat dari adonan pastri (kadayif) yang ditumpuk dan diberi isian keju/kacang, disiram dengan sirup/madu, dan sering ditaburi kacang pistachio giling sebagai garnish.

6. Dolma

Quote:


Dolma merupakan makanan khas yang berupa sayuran isi. Biasanya makanan ini dibungkus menggunakan daun anggur. Sayuran yang biasa digunakan yaitu paprika, tomat, terong, dan zucchini (sejenis labu).

Di Turki sendiri Dolma ada dua varian, yaitu Dolma yang isinya daging dan Dolma yang isinya bukan daging. Dolma yang berisi daging biasanya cocok dimakan saat suhu udara panas. Sementara Dolma yang berisi bukan daging lebih cocok dimakan saat suhu udara dingin.

7. Simit

Quote:


Simit merupakan roti berbentuk melingkar seperti cincin atau gelang yang permukaannya ditaburi biji wijen. Sekilas hampir mirip donat. Namun, tekstur Simit kering dan renyah seperti roti Bagel. Biasanya Simit dinikmati sebagai camilan atau teman minum Teh Turki.

Itulah ketujuh makanan khas yang ada di Turki. Beberapa di antaranya tak asing lagi untuk kita bukan? Di Turki, makanan-makanan tersebut biasanya bisa kita jumpai di gerai-gerai makanan yang ada di sana. Jika berkunjung ke negara ini, jangan lupa mencicipi makanan khas tersebut ya, Gansis.

Sekian dulu dari ane. Semoga bermanfaat. Kurang dan lebihnya mohon maaf.


7 Makanan Khas Turki yang Recommended Abis


Penulis : Haz
Referensi : Di sini
Reserved
Gansis udah pernah nyicipin yang mana nih?
Pejwan dulu


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di