alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Penglihatan Mulai Bermasalah? Kenali 4 Jenis Herbal untuk Kesehatan Mata Anda!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6216d10d29511fc0e3f40/penglihatan-mulai-bermasalah-kenali-4-jenis-herbal-untuk-kesehatan-mata-anda

Penglihatan Mulai Bermasalah? Kenali 4 Jenis Herbal untuk Kesehatan Mata Anda!

Penglihatan Mulai Bermasalah? Kenali 4 Jenis Herbal untuk Kesehatan Mata Anda!

Mata merupakan salah satu indera paling istimewa dan berharga bagi kehidupan kita sehari-hari. Kita melihat, memandang, menatap, juga membaca, menggunakan mata. Karena pentingnya mata dan fungsinya bagi kehidupan kita, sudah selayaknya kita merawat kesehatan mata dengan baik.

Diantaranya dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin, mengonsumsi nutrisi bergizi yang baik untuk mata, termasuk mengonsumi beberapa jenis herbal untuk kesehatan mata. Dan tentu saja jangan lupakan untuk menghindari mata dari gangguan yang akan menyebabkan berkurangnya fungsi bahkan kerusakan organ mata secara keseluruhan.
Terkait dengan perawatan mata dan fungsinya, agar senantiasa dalam kondisi sehat, sebenarnya ada beberapa jenis tanaman herbal untuk kesehatan mata. Beberapa tanaman herbal yang sudah familiar bagi Anda berikut ini, bisa membantu meningkatkan serta merawat kesehatan mata. Simak penjelasan masing-masing herbal tersebut dan manfaatnya untuk kesehatan mata.

1. Kunyit (Curcuma longa) dan Saffron (Crocus sativis)
Jenis herbal untuk kesehatan mata yang mudah dicari adalah Kunyit. Studi menunjukkan bahwa Kunyit mampu meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengurangi oksidasi pada lensa mata. Oksidasi lensa mata merupakan salah satu penyebab utama dari banyak sekali gangguan mata.
Kunyit juga mengandung Kurkumin yang telah dikenal memiliki sifat anti inflamasi. Studi tentang Kurkumin juga melaporkan bahwa Kunyit secara efektif dapat mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kondisi mata kering.
Sedangkan Saffron (Kuma-kuma atau Bunga Pacar) dalam beberapa studi dapat mencegah kondisi kehilangan penglihatan pada mata orang yang sudah lanjut usia. Selain itu, Saffron juga berperan dalam meningkatkan sensitifitas retina dalam meresponse obyek gerak cepat yang masuk ke dalam mata.

2. Ginko Biloba
Tanaman herbal untuk kesehatan mata berikutnya yang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah Ginko Biloba. Ginko Biloba merupakan salah satu dari banyak herbal di dunia yang selama berabad-abad dimanfaatkan untuk memperbaiki mata dan masalah sistem saraf pusat. Ginko Biloba berperan dalam meningkatkan sirkulasi dan aliran darah di belakang mata.
Secara khusus, Ginko Biloba seringkali dikaitkan dengan peningkatan kemampuan penglihatan pada kasus degenerasi makula (bagian tengah retina yang paling sensitif dan bertanggung jawab dalam penglihatan secara jelas), serta gangguan pembuluh darah seperti glaukoma.
Pada tahun 2012, para ilmuwan dari Korea melakukan studi ilmiah mengenai efek ekstrak Ginko Biloba terhadap fungsi penglihatan dari 332 pasien yang menderita glaukoma. Setelah dilakukan therapy ekstrak Ginko Biloba selama beberapa periode, hasil studi menunjukkan bahwa pasien tersebut mengalami peningkatan ketajaman penglihatan. Hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa gangguan pembuluh darah seperti glaukoma dapat terbantu oleh Ginko Biloba.

3. Teh Hijau (Camelia sinensis)
Tanaman herbal untuk kesehatan mata yang gampang dicari selanjutnya adalah Teh Hijau. Teh Hijau memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam membersihkan tubuh dari zat-zat radikal bebas yang merupakan sumber awal kerusakan pada tubuh yang bersifat oksidatif. Kerusakan tersebut mendasari timbulnya berbagai penyakit kronis pada mata termasuk glaukoma, degenerasi makula serta katarak.
Selain mengandung antioksidan, Teh Hijau juga mengandung Tannin, Kafein, Lutein, Zeaxanthin, Vitamin C dan E. Tannin dalam Teh Hijau berperan dalam mengurangi pelebaran kapiler dan pembuluh darah di bawah mata, sehingga lingkaran hitam yang terbentuk di bawah mata akibat kelelahan atau ketegangan mata dapat teratasi. Sedangkan Kafein dalam Teh Hijau berperan untuk membantu mengecilkan pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata.
Studi ilmiah melaporkan bahwa kandungan Lutein, Zeaxanthin, Vitamin C dan E dalam Teh Hijau efektif melindungi mata dari beberapa gangguan penglihatan. Selain itu, mereka juga ikut berperan dalam meningkatkan kesehatan organ jantung dan hati.

4. Billberry
Di Indonesia memang berry satu ini masih cukup asing, berbeda dengan jenis berry lain seperti strawberry atau blueberry. Tetapi berry yang biasa dijumpai di kawasan dataran tinggi ini memiliki kandungan unik rhodopsin, sejenis bioflavonoid yang membantu menjaga pembentukan pigmen ungu pada mata yang membantu meningkatkan ketajaman penglihatan.
Konon billberry diyakini akan membantu memperbaiki penglihatan yang rusak karena paparan sinar matahari. Sehingga sangat baik mencegah keluhan katarak dan kerusakan retina. Sayangnya untuk jenis ini memang tidak mudah didapatkan kecuali dalam bentuk ekstrak atau minuman herbal.



Herbal-herbal di atas memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mata dan juga membantu mengurangi beberapa masalah penglihatan pada mata. Namun perlu Anda ingat juga bahwa penggunaannya pun harus cermat dan tepat guna. Terlebih jika Anda meramu herbal tersebut sendiri di rumah. 

By :
- Herbal Semarang
- Toko Herbal Semarang
- Toko Obat Herbal Semarang
- Obat Herbal Semarang
- Pusat Herbal Semarang

Diubah oleh galeryherbalsto


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di