alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc62073349d0f224c27274b/wisata-lokal-pesona-danau-sentarum-yang-menyimpan-beragam-spesies-langka

Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka

Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka

Spoiler for :


~Pantun Kapuas Hulu~

Ngilu gigiku mengigit tebu
Tebunya dari kawan lamaku
Hati rindu ingin bertemu
Ingin bertemu di Kapuas Hulu

Ikan Arwana duhai indahnya
Danau Sentarum sangat mempesona
Mari kita berkerjasama
Bangun daerah tanpa bedakan SARA

emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Angpau
––––––🍃🍃🍃––––––

Bicara tentang MLDSPOTKONTENHUNT, di pikiran saya terlintas beberapa ide untuk mengisi thread KASKUSXMLDSPOT. Salah satunya tentang keindahan alam di Kalimantan. Berkunjung ke ujung timur Kalimantan Barat tidak afdol jika belum berkunjung ke Kapuas Hulu. Sebuah kabupaten yang menyimpan tempat wisata eksotis, punya TASTELOCAL, menarik, dan membuat saya lebih mensyukuri pemberian Tuhan. Bagaimana tidak, di sinilah saya masih bisa merasakan hutan asri dengan beragam spesies, dan penyuplai paru-paru dunia.

Kapuas Hulu juga punya julukan khas yaitu Bumi Uncak Kapuas. Uncak dalam bahasa daerah berarti puncak. Bisa diartikan hulunya Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.

Beberapa tempat memang pernah saya kunjungi kalau sedang butuh hiburan atau sekadar mencari INSPIRING PLACE. Terkadang pekerjaan menuntut saya untuk berlomba dengan deadline. Bahkan hampir writter's block. Supaya tidak stress ya salah satunya hunting tempat wisata seperti Danau Sentarum yang menyimpan sejuta pesona.

Penasaran seperti apa? Berikut keindahan Danau Sentarum dan spesies langkanya.

Spoiler for Danau Sentarum saat siang:


Danau Sentarum (Dansen) sudah menjadi ikonik dari Kapuas Hulu dan ditetapkan pemerintah sebagai Taman Nasional. Danau ini bisa diakses melalui jalan darat sekitar 2-3 jam dari kota Putussibau menuju Lanjak, Kecamatan Batang Lupar. Jangan khawatir GanSis jalannya sudah beraspal dan mulus. Saya dan teman-teman biasanya menggunakan sepeda motor ke sana.

Untuk menikmati keindahan danau ini GanSis hanya perlu naik ke Bukit Tekenang dan bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil dari menara. Jika ingin menginap sudah disediakan resort.

Spoiler for Gazebo:


Spoiler for Menara Bukit Tekenang:


Belum puas hanya melihat panorama alam dari bukit, GanSis bisa berkeliling danau dengan speedboad atau sampan. Saya paling takut naik sampan. Khawatir kalau sampai karam.
emoticon-Cape d...

Spoiler for Berkeliling danau:

Beragam spesies langka masih lestari di antaranya Bekantan, Burung Enggang (Rangkong), Arwana, kantong semar, dll.

Spoiler for Jembatan Menuju Hutan:

Spoiler for Burung Enggang:


Bagi kami masyarakat Dayak, Burung Enggang (Rangkong) merupakan salah satu hewan keramat selain burung Ruai. Rata-rata rumah panjang (betang) menggunakan simbol dan gambar burung ini. Enggang mencerminkan sifat pemimpin, setia, dan bertanggungjawab.

Spoiler for Bekantan:


Primata berhidung panjang ini masih bisa kita temukan di Danau Sentarum.Terkadang mereka sesekali bertengger di dahan pohon.

Spoiler for Arwana Merah(Silok):


Ikan langka ini sudah terkenal namanya hingga ke negeri tetangga. Keindahan sisik merah berkilau dan sering dianggap membawa hoki oleh beberapa orang. Silok juga menjadi ciri khas batik Kapuas Hulu.

Spoiler for Kantong Semar:


Di danau ini seringkali diadakan Festival Danau sentarum sebagai salah satu promosi kepada wisatawan. Biasanya saat acara berlangsung akan diadakan ritual dari tiga suku, Dayak Iban, Melayu, dan Dayak Taman Embaloh. Tak hanya perahu hias saja yang memeriahkan kegiatan ini, beragam perlombaan juga diadakan seperti lomba gasing, motor cross, menyumpit, dll.

Spoiler for Festival Danau Sentarum (23-25 Oktober 2019):


Bagi saya, alam selalu mengajarkan untuk selalu bersyukur, menjaga kelestariannya, dan menjunjung adat istiadat di sana. Seperti pepatah mengatakan, 'Di mana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.'

Spoiler for Video Danau Sentarum:


Bagaimana GanSis? Seru, bukan? Bagi kalian penikmat petualangan di alam bebas, Danau Sentarum ini layak menjadi destinasi selanjutnya.

Sampai jumpa di thread selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan like dan komen jika GanSis suka dengan tulisan ini.

emoticon-Big Kiss

Referensi: Opini, Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum, dan Canopy Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yash15 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AdelineNordica
Halaman 1 dari 3
Alam selalu memberiku inspirasi
Diubah oleh AdelineNordica
Cintai wisata dan budaya Indonesia
Enjoy
Quote:


Aku suka berburu kantong semar buat bikin karupey ...enak bgt duh..jadi lapar
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Karupey? Nasi yang dimasak di dalam kantong semar?
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Iye kak pakai daging dan ikan asap..beh..mauuu...mamam...nyonya belanda suka bikinin dulu
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Enak. Kalau di sini kadang ketan. Pelengkapnya toman bakar, sambal, dan daun singkong. Ah, jadi laperr
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Ah elah bicara makanan bikin baper tau gak sih...apalagi yang kaga ada di mari... harus buat juga wkkwkw
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
semoga species langka tetap lestari
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Nah, itu. Soalnya aku demen makan. Kalau kemana-mesti hunting kuliner
Quote:


Aamiin .... Saling menjaga kelestarian alamemoticon-Shakehand2
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Kalau ane ke Danau Sentarum...makan nya Ikan Arwana di salai / asap emoticon-Ngakak
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Paling banter salai ikan lais. Cocolin cabe kecap. Yummy. Hehe.
Di sana juga ada Kerupuk basah...yg bahan nya di buat dari olahan ikan belida...di cocolin pake sambel kacang..emoticon-Jempol
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Yups. Main ke sini, Gan. Tar saya traktir kerupuk basah.emoticon-Recommended Seller
profile-picture
west1973 memberi reputasi
pgn kesana, tp ga tau gimana kesananya, n brp tuh estimasi ongkosnya dr jakarta..... emoticon-Bingung

btw foto2nya cakep gan. emoticon-Kiss udah kyk foto2 dr natgeo aja....

kalau kesana mesti siapin lensa tele 400mm lebih nih.... emoticon-Hammer2
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Diubah oleh anak manis
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Tiket Jakarta-Pontianak-Putussibau sekitar 1,4 juta (pergi aja). Kalau mahal bisa pakai bis. Jadi, pesawat Jkt-Pontianak 700rb-an terus sambung pakai bus ke Putussibau sekitar 12 jam.

Foto waktu ke sana udah gak ada lagi. Di almarhum hp lama. Ini foto2 dari Canopy Indonesia dan Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (TNBKDS)
Quote:


Nyok! Ngebolang ke sini, Ganemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
jokerI88I memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


lama bener ya kalau pakai bis. mending pesawat aja ya. tp di jalan di daerah sana relatif aman ga gan?di sekitaran danaunya ada penginapan yg cukup baik ga gan?
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di