alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Imbas UU direvisi, KPK disarankan diam dan tak usah bekerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc609432637723cdb5b829d/imbas-uu-direvisi-kpk-disarankan-diam-dan-tak-usah-bekerja

Imbas UU direvisi, KPK disarankan diam dan tak usah bekerja

Merespons berlakunya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), peneliti dari Indonesian Corruption Watch (ICW), Tama S Langkung memberi saran kepada lembaga antirasuah untuk diam dan tidak usah bekerja. Menurutnya, hal tersebut sebagai langkah yang tepat.

Tama menuturkan, dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK, sebagian besar pasal-pasal yang tercantum di dalamnya dianggap bias. Dikhawatirkan, ketika KPK melakukan pencegahan atau penindakan, bakal mendapat banyak perlawan dari koruptor-koruptor.

“Ketika KPK mengambil tindakan, masih punya tafsiran UU, KPK nanti mendapatkan perlawanan balik. Dengan kondisi UU yang normal saja, bunyi pasal-pasal yang tidak multitafsir saja, orang seperti Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah itu mendapat perlawanan balik,” kata Tama saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/11).

Karena itu, Tama menganggap keberadaan transisi KPK amat penting. Tujuannya, untuk meminimalisir dampak pasal multitafsir terhadap Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK.

BACA JUGA
Antasari Azhar justru anggap Dewan Pengawas perkuat KPK
Ke KPK, Jaksa Agung temui para jaksa yang bertugas
Jaksa Agung akan bubarkan TP4 di Kejaksaan
“Dengan kondisi sekarang maka kehati-hatian menjadi penting buat KPK. Maka dari itu perlu ada transisi. Pasal transisi ini menurut saya perlu dilakukan KPK, bicara soal pencegahan, dan sebagainya,” ucap dia.

Menurutnya, regulasi baru yang diusulkan DPR RI itu dianggap cacat secara formil, karena saat pembentukan UU tersebut terdapat banyak persoalan. Salah satunya tidak dimasukannya RUU KPK dalam Prolegnas 2019.

Selain formil, Tama juga menilai terdapat persoalan materil. Masalah tersebut terlihat dari sejumlah pasal yang multitafsir. "Kalau materil, yang bayangan saya itu banyak sekali (persoalan) soal Dewan Pengawas yang tadi," ujar Tama.

Adapun KPK sebelumnya menyisir RUU KPK dan menemukan setidaknya terdapat 26 poin bermasalah yang teridentifikasi oleh KPK. Bahkan, sejumlah aturan dalam RUU KPK itu tidak selaras antara pasal yang satu dengan yang lain. Akibatnya, dapat menimbulkan tafsir beragam yang akan menyulitkan KPK dalam menangani perkara korupsi ke depan.


https://www.alinea.id/nasional/kpk-d...erja-b1XpM9oSD
profile-picture
profile-picture
wolfvenom88 dan areszzjay memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
https://m.kumparan.com/kumparannews/4-kritik-tajam-untuk-jokowi-yang-tak-kunjung-terbitkan-perppu-kpk-1sBNIyA3saC

https://wow.tribunnews.com/2019/11/08/ibaratkan-kpk-bak-tubuh-yang-dimutilasi-pegiat-antikorupsi-tetap-berjalan-tapi-apa-faedahnya


https://katadata.co.id/berita/2019/11/08/tuding-novel-rekayasa-kasus-politikus-pdip-balik-dilaporkan


https://wow.tribunnews.com/2019/11/08/prediksikan-dewas-kpk-arteria-dahlan-malah-disebut-ahli-nujum-oleh-pakar-hukum-begini-reaksinya

https://m.tribunnews.com/nasional/2019/11/08/kritisi-kpk-arteria-dahlan-malah-diskakmat-peneliti-icw-hingga-dimintai-bukti-pembohongan-publik

https://www.pinterpolitik.com/ada-pdip-di-balik-pelaporan-novel/

Coba bikin satu saja skenario
Dampak buruk uu kpk yg baru
Satu contoh saja yg paling signifikan
Lihat 1 balasan
Ide bagus, gaji tetap diterima, anggaran operasional tetap ditetima, tapi diam tak bekerja. Memberikan jalan tol bagi pembubaran KPK. Udah nyedot APBN besar tapi tak ada hasil, DPR dan pemerintah pasti tidak ragu untuk bubarin KPK.

Otak ICW emang cerdas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azirma.ayrus dan 3 lainnya memberi reputasi
mau ikutin saran
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Quote:


Abu janda jadi dewas KPK.. Apalagi yang lebih buruk?? emoticon-Cool

Skrg gue tanya balik coba lu kasih satu aja skenario dampak terhebat dari RUU KPK.. Satu contoh aja yang paling signifikan.. emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Ada yang baper niih...
ya gimana ketuanya diduga dekat si banteng
udah gitu hartanya 18M lagi
pembuktian terbalik kata si ahok
emoticon-Ngakak
pasal pasalnya di tulis buat analisis plus sampling kasus dan impact nya apa...
kodisi saat ini vs kondisi setelah di revisi....make it simple jangan bikin pandangan liar, jadi masyarakat ikut menilai.....
emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
Balasan post filusufkacang
Soal prestasi itu butuh kerja keras
Jd dampak buruknya orang tak berkompeten digaji negara gitu? emoticon-Big Grin
Contoh riil saja
Misal kl ada dewan pengawas penyidik jd males emoticon-Big Grin
Kl pegawai malas maka prestasi kpk tak ada
Quote:


Bukan, kalo dewasnya abu janda.. Bakal banyak tangkapan politik di sana.. emoticon-Betty

Itukan cuman perumpamaan.. Aslinya ya ga mungkin juga abu janda.. Karena syaratnya di pemilihan pertama ini wajib org berpengalaman 15 tahun di penegakan hukum.. emoticon-Hammer2

Let say itu si BG.. Apa yang akan terjadi pada negara ini coba??

Oh baguslah kalo KPK tidak kerja.. Karena mmg KPK menghambat investasi.. Makin KPK ga kerja,makin banyak investasi masuk.. emoticon-Betty
Lihat 1 balasan
artinya makan gaji buta donk

sama seperti team tuyul 73 jkt makan gaji buta

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
kerupukaleng dan galuhsuda memberi reputasi
ngambek?

ya gpp deh, biar sekalian dibubarkan
Komisi pemberantasan korupsi tapi korupsi emoticon-Stick Out Tongue

Saran yg bagus emoticon-Wakaka
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post filusufkacang
Kalo sdh anti trust ya ane gk bs bantu

Lagipula darimana itu pemikiran maling tdk bs nangkep maling?
Quote:


Ya sudah kalo ente punya pemikiran kaya gitu.. Gue mau ngomong apa lagi?

Harusnya pemikiran ini ente pake dalam segala hal..

Semisal, Kata siapa pecatan mentri ga bisa jadi gubernur..?? emoticon-Wkwkwk
Lihat 1 balasan
Balasan post filusufkacang
Ente ngefans ma Anies? emoticon-Big Grin
mundur, malah mogok
profile-picture
spawnyk memberi reputasi
Quote:


Nope.. Gue cuman mau cari ribut aja ama kalian.. emoticon-Kiss
Lihat 1 balasan
Balasan post filusufkacang
Jujur aja udah
Ganteng lho
Senyumannya manis lagi emoticon-Big Grin
Balasan post anakucil
Quote:


sudah dibuat 26 point kajian nya oleh kpk, dan tim transisi juga sudah dibentuk krn mau gamau harus mengikuti UU baru.

emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di