alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc60285af7e931374132260/nista-agama-karena-sangkal-25-desember-hari-lahir-yesus-ini-pledoi-warga-ntt

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT

Warga Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Lamboan Djahamao, divonis 6 bulan penjara karena menista Yesus di akun Facebooknya. Lamboan terbukti menista agama dengan mempertanyakan kelahiran Yesus pada 25 Desember.

Sebagaimana tertuang dalam putusan kasasi yang dilansir website Mahkamah Agung (MA), Jumat (8/11/2019), Lamboan mengajukan pledoi. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kalabahi, Lamboan mengajukan pembelaan diri. Yaitu:

Majelis adalah benteng terakhir kami pencari keadilan dan kebenaran dalam kasus saya ini. Kalau pun Tuhan yang saya sembah tidak melepaskan dan membebaskan saya melalui Majelis Hakim, saya tetap tidak menerima hari lahir Tuhan saya dengan tahun kelahiran dan tanggal kelahiran para dewa kekafiran.

Dan akhirnya saya mengucapkan terimakasih buat:

1. MUI yang berani memfatwakan untuk tanggal 25 karena itu budaya kafir;
2. Saudara Jaksa Penuntut Umum yang telah mendakwa saya;
3. Istri tercinta saya yang terus mendukung saya;
4. Semua saudari, sahabat sesama aktivis yang terus mendoakan saya;
5. Semua Saksi yang meringankan saya dan memberatkan saya;
6. Saudara-saudara yang melaporkan saya dipolisi;
7. Saksi Ahli yang memberatkan dan yang meringankan saya;

Apabila sepanjang persidangan ini ada hal-hal yang salah dari saya, saya mohon maaf baik kepada Majelis Hakim, jaksa penuntut umum dan semua peserta.

Setelah bermusyawarah, PN Kalabahi menyatakan Lamboan telah menista agama.

"Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan pidana penjara selama 6 (enam) bulan dan denda sejumlah Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan kurungan," kata ketua majelis I Wayan Yasa dengan anggota Yahya Wahyudi dan I Made Wiguna.

Pada 25 September 2018, Pengadilan Tinggi (PT) Kupang memperberat hukuman Lamboan menjadi 18 bulan penjara. Selain itu, diwajibkan membayar denda Rp 100 juta. Bila tidak maka diganti 6 bulan kurungan.

Lamboan tidak terima dan mengajukan kasasi. MA menerima kasasi itu dan mengurangi hukuman Laboan.

"Pidana penjara selama 6 (enam) bulan dan pidana denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan apabila pidana denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan," ujar ketua majelis Andi Samsan Nganro dengan anggota Eddy Army dan Margono.

Menurut majelis kasasi, hukuman 18 bulan penjara terlalu berat dan lebih tepat dengan hukuman sebagaimana yang dijatuhkan putusan PN Kalabahi.

"Terdakwa telah meminta maaf atas perbuatannya tersebut dan tidak ada niat untuk menyinggung umat Kristen atau Katholik karena tujuan Terdakwa ingin hal tersebut sebagai bahan diskusi saja," ujar majelis dengan suara bulat.

sumber

Fatwa MUI sudah ada kenapa masih dihukum?
emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk
Diubah oleh phenex.unicorn
Halaman 1 dari 4
Penistaan itu tdk baik
Ya udah hormati putusan hukum
Sebaiknya dibebasin, warga juga ngapain ngelaporin org meragukan 25 des, dimana2 masih ada perdebatan dan memang banyak juga cendekiawan kristen membenarkan tidak tepat 25 des

Inilah buruknya uu penistaan agama, bukan pendekatan benar salah lagi, ini udah senang gak senang, lihat pakistan ada tetangga beda agama gak senang lihat tetangga nya di bilanglah penistaan langsung di demo, minta hukuman mati,,,, ini uu jaman medieval, kayak pemburuan penyihir,,
Lihat 1 balasan
kalau anak bule christians itu anggap tanggal 25-december adalah hari kelahiran kakek santa claus
Lihat 1 balasan
rusak negara ini fatwa mui malah di jadikan landasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post jualpcyagan
Quote:


Yg nyebut MUI itu pledoi terdakwa Gan, bukan putusan hakim. Lagian terdakwa juga beragama Nasrani bukan Islam.
Coba baca baik-baik.
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
yg ngelaporin jg tolol nya minta ampun..hakim nya jg tolol..bukti bahwa minoritas mabuk delusi di indonesia sama aja kelakuannya kek mayo yg mabuk delusi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06

Ane yakin kalau si somad di NTT juga bakalan kena koq.

Menghina simbol agama orang lain sebagai tempat setan iblis, kurang apa lagi? emoticon-Wowcantik


Lihat 2 balasan
Gue juga ragu sih kalo yesus lahir tanggal 25.. Lah dia lahir kan di kandang domba, sendirian lagi..

Emangnya siapa yg ngitungin tanggal saat itu coba? Kok tiba2 tau tanggal 25nya dari mana? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh filusufkacang
Lihat 1 balasan
Lah lahir nya Yesus gak dicatat di Alkitab tanggal 25 Desember (maupun tanggal lainnya) . Orang Kristen yang waras sudah pada tahu. Kenapa masih diadili emoticon-Bingung.

Mestinya diberi penjelasan kenapa kita merayakan nya tanggal 25Desember. Kenapa harus diadili.

Untuk yang bertanya kenapa kita sebagai orang Kristen merayakan natal tanggal 25 ini penjelasan saya ditilik dari sudut pandang sejarah.

Ke kaisaran romawi mempunyai kebiasaan merayakan setiap perayaan keagamaan yang diakui oleh negara. Pada waktu itu ke Kristen an baru diakui sebagai agama yang sah dalam ke kaisaran romawi, dan natal di rayakan sekitar bulan maret-april.

Setelah berselang waktu berselang timbul masalah. Perayaan Natal beruntutan dengan perayaan lain yang besar dan menghabiskan banyak dana. Jika dilanjutkan terus maka kas romawi bisa kosong. Maka dari itu pemerintah romawi datang menemui bapa bapa gereja, meminta supaya bisa gak perayaan kelahiran Yesus di gabung sama perayaan lain. Biar kas negara gak jebol. Akhirnya bapak bapak gereja memaklumi dan perayaan Natal dipindah tanggal 25. Bersamaan dengan hari perayaan hari matahari yang tak terkalahkan.
Diubah oleh youga_88
Lihat 1 balasan
Balasan post filusufkacang
Quote:


ga ada source keagamaan kristen yg nyebut tanggal lahir yesus

terus knp 25 desember?




tanggal 25 desember tu dipilih demi asimilasi dan akulturasi utk menarik pengikut dewa mithra di romawi dan jg org di benua eropa yg mengenal perayaan winter solstice/yule/yuletide,yaitu kelahiran kembali dari kegelapan total(akhir desember cuaca sangat dingin dan gelap) hingga terbitnya matahari pertama di awal tahun





Catatan pertama peringatan hari Natal adalah tahun 336 Sesudah Masehi pada kalender Romawi kuno, yaitu pada tanggal 25 Desember. Perayaan ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh dua perayaan pagan romawi,yaitu saturnalia dan mithra.

saturnalia

saturnalia dirayakan pada 17-23 desember ,perayaan ini didedikasikan untuk dewa saturnus,saturnalia membawa tradisi menyanyi bersama dan tukar-menukar hadiah ,Kebiasaan-kebiasaan itu lama-kelamaan menjadi bagian dari perayaan Natal

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
dewa saturnus,dewa agrikultur romawi kuno

mithras

disisi lain,dewa mithra berasal dari persia yg dibawa ke romawi,dari agama zoroaster.penyembahan dewa mithra dipraktikkan di Kekaisaran Romawi dari sekitar abad ke-1 sampai 4 SM. Nama dewa Persia Mithra (proto-Indo-Iran Mitra), diadaptasi ke dalam bahasa Yunani sebagai Mithras.arkeolog dan ahli sejarah menyebutnya Mithraisme, atau kadang-kadang Mithraisme Romawi.penyembahan mithras populer di militer Romawi krn dianggap dewa perang sekaligus dewa matahari/sol.

meski agama mistis mithras diadopsi dr persia,namun justru konsep agama mithras lebih mirip dengan kekristenan,seperti mithras konon dilahirkan dari batu scr suci(virgin birth) dan dirayakan setiap 25 desember.

gereja awal kemungkinan menetapkan hari natal 25 desember utk lbh mudah merangkul dan kristenisasi pengikut pagan,seperti mereka menggeser hari untuk tuhan dari hari sabtu(sabat) menjadi hari minggu.

yule / yuletide

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT

sementara dibelahan dunia lain,eropa,pertengahan-akhir desember adalah saat dimana terjadi Winter Solstice, yaitu ketika matahari berada langsung di atas Tropic of Capricorn pada saat bersamaan. Dari titik itu, hari sangat gelap,sinar matahari sangat singkat,suhu sangat dingin,salju dan musim dingin badai, hewan hewan melakukan hibernasi. di kebudayaan Scandinavia, bangsa Norse (viking) merayakan hari raya pagan Yule/yuletide mulai 21 desember-awal januari.pada 12 hari kegelapan ini,setiap keluarga menyimpan stok kayu bakar dalam jmlh byk dan menyembelih persediaan hewan hewan ternak mereka utk makanan.pada akhirnya hari hari tergelap dalam 1 tahun ini ditutup dengan menyambut sinar matahari,sebagai kelahiran terang.

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT

raja haakon 1 dari norwegia berjasa mengasimilasi hari natal kepada budaya pagan yule,ia secara diam diam telah masuk kristen,kemudian raja haakon menggeser hari raya yule supaya bertepatan dengan hari raya natal dan hanya dirayakan dalam 3 malam saja.setelah dirasa waktunya tepat raja haakon mengumumkan bahwa ia telah memperoleh injil,rakyatnya mulai tertarik dan akhirnya raja haakon mulai mengundang byk pendeta dari inggris dan berangsur angsur menghapus sebagian tradisi pagan yule seperti pengorbanan massal binatang dan mengasimilasi sebagian tradisi pagan yule kedalam budaya natal eropa.

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT

jejak jejak tradisi yule pada hari perayaan natal masih nampak pada christmas ham(atau masih sering disebut yule ham) ,populer di swedia bahkan sampai australia.

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
christmas ham/yule ham swedia

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
kambing yule pada dekorasi pohon natal,msh populer sampai skrg diperayaan natal jerman dan skandinavia

Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
Nista Agama karena Sangkal 25 Desember Hari Lahir Yesus, Ini Pledoi Warga NTT
yule log,sampai abad pertengahan masih sering dijadikan perayaan rakyat menarik kayu beramai ramai saat natal,skrg menjadi dekorasi natal utk dibakar atau cm sekadar pajangan

yule ball,yule boar,yule singing,dan msh byk lg

dengan menjadikan natal sebagai perayaan yg berbarengan waktunya dengan tradisi populer yule diskandinavia dan jerman,membuka peluang semakin populernya kristen dianut oleh org eropa sehingga kristen menjadi agama plg populer di eropa sampai saat ini



profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post youga_88
Quote:


lah itu HAKIM dan katolik/kristen NTT yg laporinnya juga GOBLOK AKUT

minoritas beragama di indo ni sama aja byk yg mabok iman nya kek mayo
Balasan post qavir
Quote:


hukuman dengan salib itu sudah ada sebelum yesus ada tong... dan yg disalib adalah orang2 jahat.
Harusnya kristen malu menggunakan simbol salib, lahh menurut alkitab yg tergantung di kayu salib itu terkutuk koq.
dan dalam prakteknya bener, yesus disalib bersama 2 penjahat, perampok dan pembunuh. Jika orang yg ngerti sejarah akan berpikir salib adalah lambang kejahatan karena yg digantung disana adalah orang2 jahat.
Quote:


Aa please koreksi ane kl salah

Kl gk salah , 25 desember itu sbenarnya perayaan orang romawi yang dlu memuja dewa matahari ( sol invictus ) nama perayaannya natalis invictus

Kmudian kristen romawi mengakulturasikan kesana , dan dianggap sebagai hari kelahiran yesus

Dan itu diperingati sampai skrang.
Diubah oleh djinggo88
Lihat 3 balasan
Quote:


Konsep agama mithras kuno berbeda dengan mithras modern (romawi).

Dimana agama mithras romawi lebih banyak dipengaruhi ke kristen an. Bukan mithraisme memengaruhi ke kristen an, tetapi dipengaruhi.

Kalau lahir dari batu dianggap lahir dari perawan, saya bisa mengklaim sun go kong lahir dari perawan. Secara legenda nya dia lahir dari batu.
Lihat 1 balasan


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Masih bingung kenapa ? emoticon-Embarrassment
Coba ditelaah kisah 3 orang majus yang memberikan hadiah waktu si yesus lahir.
Mereka ikutin apaan dan kearah mana.emoticon-Big Grin
emoticon-Leh Uga
Quote:


Waduh, si ensiklopedia sejarah udah muncul.. Ane mingkem aja dah.. emoticon-Leh Uga
Balasan post djinggo88
Quote:


25 desember tu hari lahir DEWA PAGAN ROMAWI dan hari minggu tu HARI KEBAKTIAN nya


hari SABAT menurut ALKITAB tu hari sabtu bukan hari minggu dan di alkitab ga ada nulis tanggal pasti kelahiran yesus

kenapa akhirnya yg disamai dan digeser supaya sama ya demi menarik pengikut kafir saat itu,sejarahwan kristen manapun jg sdh sepakat dan mengakui kok

yg tolol itu ya umat2 mabok iman yg laporin itu


Quote:


salah emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di