alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc5723a65b24d17be0518a1/5-alasan-untuk-segera-berhenti-bergunjing-jangan-ditunda

5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!

5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!

Sebagai makhluk sosial, sudah pasti manusia tidak akan bisa hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain. Hampir di segala lini kehidupan, ada campur tangan orang lain, baik secara langsung maupun tidak.

Namun, sayangnya, tak jarang proses bersosialisasi ini menimbulkan gesekan yang tak diinginkan. Alhasil, sering kali kita terjebak dalam sebuah kenikmatan semu bernama bergunjing, terlebih saat ada orang lain yang memiliki keluhan sama dengan kita mengenai seseorang. Jangan sampai terjerumus, ini lima alasan untuk segera menghentikannya!

1. Sadarilah bahwa manusia tidak ada yang sempurna5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
Poin ini tentunya adalah yang paling mendasar. Saat ada kesempatan bergosip, pasti mereka yang terlibat di dalamnya akan mengupas habis kekurangan seseorang yang tidak disukai hingga ke akar-akarnya. Hal ini sangatlah tidak patut karena bisa saja mereka yang menggunjing sebetulnya tidak lebih baik dari yang digunjing.

Dibandingkan sibuk mengurusi kekurangan orang lain, akan jauh lebih bijak jika kita mengoreksi kekurangan diri sendiri dan berusaha memperbaikinya. Sebab, sudah menjadi kodrat bahwa tak ada sifat manusia yang sempurna.

2. Bergunjing tidak akan menyelesaikan masalah5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
Setelah menggunjing, mungkin sebagian orang akan merasa lega karena bisa melampiaskan kekesalannya terhadap seseorang. Apalagi, jika di kanan kirinya adalah "kompor" yang selalu menyulut hasrat untuk bergosip dan siap membumbui dengan hal-hal yang sudah jauh dari konteks awal saat memulai gunjingan.

Sadarkah bahwa hal ini sama sekali gak akan mengantar pada penyelesaian masalah Daripada sibuk membicarakan seseorang di belakang, mengapa tidak kita coba untuk mengutarakan langsung hal yang kurang berkenan di hati kepada orang tersebut, tentunya dengan cara baik-baik, ya.

Ini jelas lebih solutif karena "si target" akan menyadari kekurangannya secara langsung dan bisa berbenah. Itu lebih baik dibandingkan ia mendengar dari orang lain yang justru berpotensi membuat suasana menjadi keruh.

3. Hobi bergunjing hanya akan memperburuk citra kita di hadapan orang lain5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
Selain dari penampilan, orang lain juga menilai kita dari sifat, tutur kata, dan cara kita memperlakukan orang lain. Hal ini mutlak berlaku ketika kita berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita, tak terkecuali dengan topik yang kita bahas dalam obrolan.

Kebiasaan membicarakan orang lain bisa saja membuat orang di sekitar kita jengah dan jengkel. Pada akhirnya, mereka akan menjauh perlahan-lahan. Tentu saja, hal ini mengakibatkan citra kita kurang baik di hadapan banyak orang. Kita tidak ingin, 'kan, mendapat predikat buruk sebagai orang yang gemar bergibah?

4. Rekan bergunjing bisa saja berbalik menggunjing saat kita tidak ada5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
Disadari atau tidak, orang yang gemar bergunjing biasanya memiliki sifat "kutu loncat". Ya, ketika bersama dengan si A, ia akan menggosipkan si B. Sebaliknya, ketika dengan si B ia gak akan segan-segan menggunjing balik si A.

Jika ada seseorang yang seperti itu dalam lingkup pergaulan, tak menutup kemungkinan kitalah yang akan menjadi objeknya saat kita tidak ada. Maka dari itu, stop kebiasaan bergunjing. Itu karena saat bergunjing, bisa saja kita larut dalam keseruan dan gak sadar telah menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan privasi.

5. Untuk yang beriman, tidak takutkah akan pertanggungjawaban yang harus dihadapi kelak?5 Alasan untuk Segera Berhenti Bergunjing, Jangan Ditunda!
Bagi orang beriman, pasti meyakini bahwa apa pun yang kita perbuat di dunia ini akan mendapat balasan sepadan di kehidupan yang akan datang. Semua yang kita lakukan melalui pancaindra yang sudah Tuhan percayakan semasa hidup akan dimintai pertanggungjawaban, tidak terkecuali segala kata-kata yang keluar dari mulut kita.

Jadi, sudah sangat cukup alasan untuk mengakhiri segala kegiatan bergunjing dan mengganti dengan perkataan yang lebih bermanfaat, bahkan lebih baik diam jika dirasa obrolan sudah menjurus ke arah yang tidak sehat.

Menguasai diri sendiri untuk menghindar dari bergunjing memang bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Yuk, mulai perbaiki diri dari hal-hal kecil, salah satunya berhenti bergosip.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/relati...mpaign=network

---



×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di