alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dana Miliaran Buat Konsultan RW, DPRD DKI: Keterlaluan, Membodohi dan Mengada-ada
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc55c64a7276865d770a22d/dana-miliaran-buat-konsultan-rw-dprd-dki-keterlaluan-membodohi-dan-mengada-ada

Dana Miliaran Buat Konsultan RW, DPRD DKI: Keterlaluan, Membodohi dan Mengada-ada

TRIBUNNEWS.COM - Rencana penggelontoran dana Rp 556 juta per RW untuk konsultan penataan wilayah kumuh di DKI Jakarta menuai kontroversi.

Dilansir Tribunnews.com dari tayangan KompasTV, Selasa (5/11/2019), anggaran itu masuk dalam kegiatan community action plan (CAP) 2020 yang ditujukan untuk memperbaiki sejumlah RW yang ada di lima wilayah DKI Jakarta.

Sejumlah pihak, seperti pengamat hingga DPRD DKI Jakarta menyebut, dana miliaran yang akan dikucurkan untuk membayar jasa konsultan itu sangat mengada-ada.

Mulanya, pembawa acara Aiman Witjaksono menanyakan soal logika anggaran yang dibuat.

"6 tenaga ahli di 1 RW yang merupakan konsultan, diberikan upah 556 juta rupiah?," kata Aiman.

Aiman pun menghitung jumlah orang tersebut dikalikan jumlah RW kumuh yang akan ditata.

"Ini proyek besar untuk sebuah perencana, arsitek misalnya atau planolog, ada 6 orang di 1 RW dapat hampir 100 juta rupiah kali 76 RW."

"Dari mana kemudian logika ini bisa masuk, kemudian bahwa ini adalah angka yang pas?," tanya Aiman.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Kelik Indriyanto pun memberikan tanggapan.

Kelik memaparkan bahwa komponen gaji Rp 556 juta itu tidak hanya tenaga ahli, tapi juga ada tenaga pendukung.

"Tidak hanya tenaga ahli, masih ada tenaga pendukung. Tapi memang yang utama itu tenaga ahli 6 orang tadi per 1 RW," ujar Kelik.

Kelik kemudian memberikan rincian keperluan dana.

Dalam lembaran yang ditunjukkan ke arah kamera, tampak gaji dan jabatan seperti berikut:

• Dilaporkan Gara-gara Ungkap APBD DKI 2020 Tak Wajar, Politisi PSI: Saya Siap Pertaruhkan Jabatan

1. Team leader/tenaga ahli planologi : Rp 19.350.000

2. Tenaga ahli arsitektur: Rp 15.150.000

3. Tenaga ahli sipil: Rp 15.150.000

4. Tenaga ahli teknik lingkungan: Rp 15.150.000

5. Tenaga ahli sosial: Rp 15.150.000

6. Tenaga ahli ekonomi manajemen: Rp 15.150.000

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah pun memberikan tanggapan atas rincian tersebut melalui sambungan telepon.

"Ini kemarin kita sudah mendapat penjelasan seperti itu," ujarnya.

"Bahwa tenaga ahli ini ada yang 3 bulan, 4 bulan, rata-rata begitu."

"Bahwa menyelesaikan 1 RW butuh konsentrasi 3-4 bulan ini tenaga ahli yang terlalu mahal menurut saya," sambungnya.

Ida kemudian mempertanyakan soal waktu berpikir tenaga ahli untuk menyelesaikan 1 RW.

"Apakah iya penyelesaian 1 RW butuh pemikiran tenaga ahli 3-4 bulan?," tanya Ida.

"Ini kan keterlaluan," sambungnya.

Aiman kemudian menanyakan soal angka belasan juta per bulan yang akan dipakai untuk menggaji mereka.

"Bukan bicara per bulannya, tapi ke kaliannya," ucap Aida.

"Kemarin paparannya 1 RW ini bisa diselesaikan oleh kajian selama 3-4 bulan."

Ida pun menyoroti gaji yang akan diberikan kepada tenaga ahli selama 4 bulan.

"Jadi 19 juta kali 4 bulan, bayangkan 1 RW butuh biaya untuk gaji 1 tenaga ahli (19x4)," ungkap Ida.

"Kalau memang dia kerjanya 4 bulan, bayangkan ini kan terlalu tinggi, dari jumlah yang diatur hanya 1 RW."

Ida lantas menyebut anggaran itu terlalu mengada-ada.

"Ini orang bodoh sekalipun berpikirnya sama, ini terlalu mengada-ada," ucapnya.

"Apakah orang tenaga ahli ini, mohon maaf, saya mesti luruskan, saya bukannya tidak menghargai keahlian orang."

"Tapi ini terlalu mengada-ada, eksekutif ini berbicara satu RW butuh konsentrasi tenaga ahli di angka 3 sampai 4 bulan, ini kan keterlaluan," tambahnya.

Ida menyebut bahwa DPRD mendukung wacana penataan wilayah kumuh.

Akan tetapi ia mengajak semua pihak yang terlibat agar menghitung lagi anggaran yang akan dikeluarkan.

"Apakah betul 1 RW membutuhkan 3-4 bulan? Ini kan tidak perlu," ujar Ida.

"Jangan disiasati, 'Oh ini kalau 2 RW tambahnya cuma 200 (juta)'."

Ida juga menyoroti soal pemilihan RW yang akan ditata.

Di mana sebagian ada kelurahan yang diambil 1 RW, 2 RW, atau beberapa RW saja.

Menurutnya, akan lebih efisien apabila penataan dilakukan di tiap kota.

Misal tahun ini Jakarta Utara, kemudian Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan seterusnya.

"Tidak membuang anggaran, saya berbicara ini uang rakyat, yang harus digunakan seefisien mungkin," ungkapnya.

• Politisi PSI Dilaporkan ke Badan Kehormatan karena Buka Kejanggalan APBD DKI, Sanksi Ini Menanti


https://wow.tribunnews.com/2019/11/0...ma-mengada-ada
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Smoga wanabud jd gubernur DKI selamanya, aminnnn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 2 lainnya memberi reputasi
semangat ade2 kampus kok ngga ada???
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Prediksi prabowo bisa bener tentang Indonesia bubar 2030 kalo misal si wan abud ini ikut nyapres 2024 dan menang emoticon-Ngacir
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tanpa mengurangi rasa hormat ke BPK tapi kalo kayak gini, kemaren" WTPnya udah bener belum auditnya ?... gw jadi ragu.
jaman ahok aja dapet WDP (Wajar Dengan Pengecualian)
profile-picture
simsol... memberi reputasi
bosen ah.. cm bisa nyinyirin doang.. lafor fulisi dong.. tangkep dong.. follow up gimana?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post yxgk
Quote:


asumsi periode ini Prabowo menang pemilu (2019-2024) lalu abis itu wan abud nyapres dan menang ? emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Dulu dprd dki dimaki maki sama nastak, eh sekarang karena sejalan sama ahok lalu dibela juga.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Dana Miliaran Buat Konsultan RW, DPRD DKI: Keterlaluan, Membodohi dan Mengada-ada

emoticon-Christmas
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post kadalgurun19
Emang menurut anggota DPRD...biaya konsultan berapa per bulan?
5 jt, 10 jt??
Lalu study untuk 1 RW butuh berapa lama?
2 minggu, 1 bulan?

Kalau dinilai kemahalan..lalu berapa harga yg pantas?

Soalnya gw pernah kerja jadi konsultan..
Tarif per jam yg di bebankan kantor gw ke klien..20 usd/jam ..itu sepuluh tahun yg lalu..sebagai engineer..kalau senior engineer malah di atas 30 usd

Kalau sekarang 19 jt perbulan ya harganya malah udah murah.
Dana Miliaran Buat Konsultan RW, DPRD DKI: Keterlaluan, Membodohi dan Mengada-ada

Buat kebaikan warga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post sunny.wijaya
Quote:


entahlah.... mungkin murah buat dki yang apbdnya gede, jadinya habis buat konsultan aja ya ga papa.

mungkin 2 tahun ini anggaran habis buat konsultan ini itu. eksekusinya entah kapan ?

tapi yang jelas prioritasnya kacau

Dana Miliaran Buat Konsultan RW, DPRD DKI: Keterlaluan, Membodohi dan Mengada-ada

emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumahapa.atuh dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kadalgurun19
dana ratusan juta per RW, giliran sampe kerumah pak RW cuma secangkir kopi dan sebungkus rokok sampoerna hijau doang, itu jg msh nombok pake duit pak RW katanya emoticon-Ngakak
Diubah oleh ceo.amigroup
Jelas rakyat dibodohi
Rakyat DKI jadi korban
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Hajar terus mak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post kadalgurun19
@kadalgurun19

Makanya gw nanya yg serius nih..
Anggaran yg pantas menurut elo itu berapa?

Misalnya elo mau renov rumah..lalu nyewa arsitek untuk desain..
Kan bayaran arsiteknya per m2 tuh..

Nah kalau di bawa ke lingkup penataan RW kumuh ini lebih mahal atau gimana?
Gasak Teruss Boss..
Hambur2 kan Saja Uang nya..emoticon-Traveller
Konsultan semacam ini mmg mahal, apalagi lokasi yg digarap kacau balau. Meski begitu bs sj cari cara lain agar murah, misalnya dgn disayembarakan.
klo habis di konsultasi kan trus warga RW d'suruh gerak sendiri dr dana sendiri ???!

emoticon-Betty
Quote:


Pernah ada isue ..bisa dibeli seharga 80jt

emoticon-Big Grin
salut gw DPRD era nganis, benar2 kritis. prestasi nganis nih

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh jhonlenon60
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di