alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
Maulid Nabi dibilang Bid’ah? Simak dulu penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc52ebf0577a979722cffa0/maulid-nabi-dibilang-bidah-simak-dulu-penjelasannya

Maulid Nabi dibilang Bid’ah? Simak dulu penjelasannya

Besok, 12 Rabiul Awwal 1441 H yang bertepatan dengan 9 November 2019, umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia akan memperingati hari kelahiran manusia agung yaitu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Maulid (kelahiran) Nabi telah menjadi tradisi istimewa di kalangan umat Islam Indonesia, dan sekarang telah dijadikan hari libur nasional.


Namun, Apakah Maulid Nabi termasuk dalam kategori bid’ah? Jawabannya adalah TIDAK.

Perlu dimengerti, peringatan Maulid Nabi memang tidak ada di zaman Rasulullah SAW sehingga sebagian orang menganggapnya bid'ah. Namun, bukan berarti semua bid'ah itu munkar atau bid’ah itu sesat. Bid’ah itu ada 2 macam, yaitu Bid’ah Hasanah (baik) dan Bid’ah Sayyi’ah (buruk).

Maulid Nabi ini termasuk bid’ah hasanah (sesuatu yang baik). Sebab, ia termasuk di dalam dalil-dalil syara' dan kaedah kulliyyah (bersifat global). Salah satu imam besar kita yaitu Imam Syafi’I mengatakan, bahwa suatu kebaikan yang baru namun tidak bertentangan dengan Alqur’an dan Sunnah atau sumber lain yang dijadikan pegangan adalah sesuatu yang terpuji, tidak diharamkan.

Jika haram, niscaya haramlah pembukuan Alqur'an yang dilakukan pada masa Khalifah Utsman bin Affan karena khawatir atas hilangnya mushaf dengan wafatnya para sahabat penghafal Alqur'an. Apakah haram ketika Sayyidina Umar bin Khattab mengumpulkan orang untuk mengikuti seorang imam ketika melakukan Shalat Tarawih, sedangkan beliau mengatakan, "Sebaik-baik bid'ah adalah ini."

Nah, seperti yang kita ketahui bersama dalam memperingati Maulid Nabi, kegiatannya adalah : Ceramah agama, pembacaan Sirah Nabi atau sejarah Nabi, Shalawatan, tempat silaturrahmi umat muslim dengan muslim lainnya, berzikir, bersedekah, makan bersama, dan segala hal positif yang berkaitan dengan pengagungan Nabi Muhammad SAW. Tentunya, semua ini adalah hal yang terpuji dan tidak bertentangan dengan hukum syar'i.

Tapi satu hal yang harus kalian ingat saat mendatangi acara maulid nanti, yaitu Niat baik hanya karena Allah SWT, ingin nambah ilmu agama misalnya, jangan sampai kalian datang Maulid tapi ghibah, datang Maulid tapi selfi terus atau terlalu banyak pamer di sosmed, datang Maulid tapi tidak dengerin ceramah malah ngobrol atau tidur, atau datang maulid karena pengen lihat akhwat cantik/ikhwan ganteng misalnya, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mari kita luruskan niat, perbaiki akhlak, karena jika kita cinta Nabi, tahu segala hal tentang Nabi, jadi makin cinta sama Islam dan bangga menjadi muslim/ah, semoga kelak kita dikumpulkan bersama Baginda Rasulullah SAW di Surga-Nya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Selamat Merayakan MaulidNabi Muhammad SAW 1441 H.

 

Diubah oleh TekTokaja


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di