alexa-tracking
Kategori
Kategori
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc51fc27e3a7244b34019cc/inspiring-leader

Inspiring Leader

Inspiring Leader

Sebelumnya ane mau ngucapin terimakasih untuk MLDSPOT dan Kaskus Kreator yang telah mengadakan event Content Hunt Season 3 yang mengusung tema TASTETHELOKAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY sehingga ane bisa turut berpartisipasi membagikan sosok inspiring people  versi ane. Ga muluk-muluk, sosok yang menginspirasi ane adalah beliau yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kehidupan ane, kehidupan karir ane tepatnya. Beliau mulai membuka sudut pandang ane yang dulu nya sangat sempit. Perubahan memang selalu bermula dari diri sendiri, namun pasti ada faktor pendorong mengapa kita mau dan bisa berubah. Nah Pak Sam adalah faktor pendorong yang membangun ane menjadi sosok yang memiliki etika dalam berkarir. 

Untuk beberapa kaskuser yang mengikuti thread ane sebelumnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok ini, siapa lagi kalau bukan Pak Sam manager ane. Beliau bukanlah seorang motivator, bukan pula public figure atau orang sukses yang terkenal dan berpengaruh pada banyak orang. Sekali lagi bukan!  Beliau hanyalah seorang manager hotel dengan segudang ilmu dan pengalaman yang tidak pernah memandang rendah bawahanya, justru beliau selalu membagikan semua hal positif yang ada dalam dirinya. Beliau berprinsip, dengan berbagi tidak akan ada yang hilang justru kita sedang menanam benih yang suatu saat akan tumbuh dan berkembang menjadi kebaikan bagi banyak orang nantinya.

Beliau sudah berkarir di dunia perhotelan selama 16 tahun, sudah tidak terhitung berapa hotel yang telah di jajahi, karena beliau bukanlah tipe pekerja yang stay pada zona nyaman, beliau selalu berusaha mengembangkan karirnya. Umur beliau sekarang 38 tahun. Sejak lulus D3 beliau mulai berkarir di hotel sebagai Front Officer (FO) lalu naik menjadi Front Office Manager (FOM), Room Division Manager (FDM) sampai akhirnya bisa manjadi Manager.

Yang paling ane inget, ketika ane datang ke hotel sebagai accounting baru yang sama sekali tidak mempunyai basic Hotelier sebelumnya. Beliau tanpa ragu membantu ane beradaptasi dengan segudang ilmu baru. Ada disatu kesempatan dimana waktu itu ane baru bekerja 1 bulan, ane masih belum mengetahui perbedaan antara guest voucher dengan hotel voucher  hampir saja ane ngelakuin kesalahan fatal. Sewaktu ada promo dari salah satu Online Travel Agent  (T**k*t.com)  yaitu "welcome drink". Dimana setiap tamu hotel yang booking kamar via T**k*t.com pada periode tertentu akan mendapatkan keuntungan welcome drink dari hotel tanpa ada tambahan biaya. Dan setiap vocuher pada periode tersebut bisa diclaim untuk pencairan uangnya. S&K (Syarat dan Ketentuan) berlaku tentunya, salah satunya untuk pihak hotel harus mengumpulkan guest voucher.  Dan kesalahan ane disini, yang ane kumpulkan bukanlah guest voucher melainkan hotel voucher karena seperti yang sudah ane jelaskan diatas, ane belum mengetahui perbedaan dari kedua voucher tersebut. 

Ketika periode event berakhir, dan tanggung jawab ane adalah melakukan claim ke pemberi event, jelas claim ane ditolak karena persyaratan yang tidak sesuai. Ane pusing banget waktu itu karena total claim berjuta-juta, sedangkan ane karyawan baru. Resiko ane karena sudah merugikan perusahaan tentu harus mengganti senominal claim tersebut, atau mungkin saja ane di putus kontrak kerjanya karena dianggap tidak piawai dalam bekerja.

Namun Pak Sam dengan bijaknya membantu ane, memberikan solusi terbaik. Tidak seperti kebanyakan pimpinan lainnya. Ketika karyawanya melakukan kesalahan, hal pertama yang dilakukan adalah memarahinya. Betul?? Lain hal dengan Pak Sam beliau memberikan pemahaman serta step-step untuk menjalankan solusi yang telah diberikan, dan terbukti dengan ide briliant nya ane bisa mengumpulkan guest voucher  dari tamu yang sudah checkout berbulan-bulan lalu, akhirnya ane pun bisa melakukan claim ke pemberi event tanpa kesulitan.

Bukan hanya itu saja yang membuat ane terkesan dengan sosok Pak Sam, beliau adalah tipe pimpinan yang sangat mengayomi tim, yang mau membangun tim untuk sama-sama meraih kemajuan. Cara beliau menghadapi masalah, cara beliau mendidik timnya, beliau mempunyai cara sendiri yang pasti efektif. Beliau adalah sosok pimpinan terbaik yang pernah ane temui. Satu petuah dari beliau yang sampai saat ini masih ane pegang.

"Ketika kamu ingin meraih sesuatu, jangan hanya fokus pada sesuatu yang ingin kamu raih, sesekali lihatlah sekelilingmu supaya kamu tidak jatuh


#MLDSPOTKONTENHUNT
#KASKUSXMLDSPOT

Inspiring Leader


Inspiring Leader

sumber gb : dok.pribadi
note : difoto pertama, Pak Sam memakai kemeja biru tua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putranto1718 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
untuk yang penasaran sama sosok Pak Sam bisa baca di thread ane juga yang ini.

Kehidupan Hotelier
ternyata pak sam dibawa sampe sini ya sis emoticon-Matabelo
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Mantap mbak..walo mungkin masih banyak teladan dari pak Sam yg ga sempat mbak tulis di trit, tapi saya yakin pak Sam adalah sosok yg luar biasa..jadi tambah penasaran gimana kelanjutan cerita mbak di kehidupan hotelier
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di