alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc51ae89a972e5b5c2c7a01/6-faktor-eksternal-penyumbang-kebahagiaan-seseorang-apa-saja

6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?

6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?

Ada berbagai cara yang diyakini setiap orang untuk memperoleh kebahagiaannya. Sebagian orang meyakini bahwa penentu kebahagiaan terbesar itu datang dari faktor internal, yakni dari dalam diri sendiri. Misal, ketika kamu sudah bisa membawa hati dan pikiranmu ke arah yang lebih positif. 

Namun siapa sangka bila faktor eksternal sebenarnya juga memiliki andil besar dalam penyumbang kebahagiaan seseorang. Nah, lalu apa saja faktor-faktor tersebut? Simak enam ulasan di bawah ini.

1. Memiliki hubungan berkualitas dengan orang-orang terdekat6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Salah satu kebutuhan dasar penyumbang kebahagiaan manusia adalah hubungan yang berkualitas dengan keluarga, pasangan dan teman-teman terdekat. Memiliki hubungan yang hangat dengan orang-orang terdekat dapat menjauhkan kita dari rasa stres, kesepian dan tidak bahagia. 

Bahkan sebuah penelitian dari Harvard Study of Adult Developments mengatakan bahwa memiliki hubungan yang berkualitas dengan orang sekitar dapat melindungi kita dari penyakit mental, kronik dan penurunan memori otak.

2. Kehadiran yang diterima oleh orang sekitar6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Sudah menjadi sifat dasar manusia bila kehadirannya ingin dapat diterima oleh semua orang. Perasaan diterima oleh orang sekitar dapat membuat keberadaan seseorang merasa berharga dan diinginkan. Gak dipungkiri bila penerimaan dari orang sekitar juga merupakan salah satu faktor eksternal yang turut menjadi penyumbang kebahagiaan seseorang.

3. Tindakan yang direspon hangat oleh orang lain6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Pada dasarnya semua orang ingin di hargai oleh orang lain, begitu juga dengan diri kita pasti ingin dihargai. Bahkan saat apa yang telah kita lakukan mendapat apresiasi positif dari orang sekitar, akan ada perasaan di mana keberadaanmu begitu dihargai oleh orang-orang di sekitarmu. Dan hal ini juga merupakan momen yang bisa membuatmu merasa berarti sekaligus bahagia.

4. Lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan bersahabat6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Lingkungan tempat tinggal yang nyaman juga merupakan faktor luar penentu kebahagiaan seseorang. Gak dipungkiri bahwa semua orang pasti mendambakan memiliki hunian di sebuah lingkungan dengan orang-orang yang ramah dan bersahabat. Karena hal ini juga merupakan salah satu suplai energi untuk mendapatkan rasa tenang dan tentram di diri seseorang.

5. Rasa aman dan terlindungi6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Umumnya setiap orang akan merasa bahagia bila keberadaan orang tersebut tidak ada di kondisi sedang menerima tekanan, bully dan ancaman yang datang dari orang sekitar ataupun dari pihak luar. Jaminan rasa aman dan terlindungi ini merupakan faktor yang juga mendukung bagi terciptanya kenyamanan dan kebahagiaan yang ada di diri setiap orang.

6. Memiliki waktu luang yang berkualitas6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?
Dan yang terakhir, memiliki waktu luang yang berkualitas juga penentu kebahagiaan seseorang. Padatnya kegiatan dan kesibukan di dunia pekerjaan seringkali membuat seseorang jadi kehilangan banyak waktu luangnya untuk berkumpul dengan orang-orang terdekatnya. Alhasil hal ini dapat memangkas kebahagiaan seseorang.

Ini tadi enam faktor eksternal penyumbang kebahagiaan seseorang. Faktanya, sumber kebahagiaan itu gak hanya ditentukan oleh faktor internal saja. Tapi faktor eksternal pun juga memiliki peran penting dalam penyumbang kebahagiaan seseorang.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---



×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di