alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc50325facb95648e3382d7/5-cara-agar-tidak-toxic-positivity-saat-menghibur-teman-yang-sedih

5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih

5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih

Mungkin belum banyak yang tahu dengan istilah toxic positivity ini tetapi mungkin hal ini seringkali terjadi di sekitar kita namun tidak mengetahui istilahnya.

Toxic Positivity adalah istilah yang mengacu kepada situasi seseorang secara terus menerus mendorong teman atau kenalannya yang sedang menghadapi masalah untuk melihat sisi baik dari kehidupan tanpa mempertimbangkan pengalaman yang dirasakan dari orang yang sedang menghadapi masalah tersebut.

Lalu, bagaimana cara kita agar tetap bisa memberi dukungan namun tidak menjadi toxic positivity? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Yakinkan mereka jika merasa sedih itu tidak apa-apa5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
Orang-orang kadang tidak bisa berpikir dengan jernih jika sedang dirundung masalah ataupun sedang banyak sekali yang dipikirkan. Oleh karena itu, berilah mereka waktu untuk mengeluarkan energi-energi negatif tersebut sehingga mereka merasa lebih nyaman untuk kembali berpikir jernih.

2. Kuatkan mereka dengan tidak "memaksa kuat"5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
Saat sedih mungkin mereka tidak dapat memikirkan hal lain selain apa yang sedang dipermasalahkan. Padahal, beberapa dari mereka yang sedang sedih tidak semuanya sadar jika mereka mempunyai potensi untuk kuat menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi mereka.

3. Refleksikan perasaan mereka5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
Mereka yang sedang sedih menghadapi permasalahan seringkali merasa bingung dengan perasaan mereka sendiri. Sedangkan salah satu cara yang efektif untuk meredakan perasaan tersebut adalah dengan mengakui perasaan negatif tersebut.

Dengan mengakui perasaan negatif yang sedang dihadapinya, perilaku tersebut dapat memberikan sugesti untuk perlahan membuat penyembuhan terhadap diri mereka sendiri.

4. Biarkan mereka meluapkan apa yang mereka pendam5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
Salah satu cara untuk melepaskan sedikit beban dari mereka yang sedang sedih menghadapi permasalahan adalah membiarkan mereka meluapkan apa yang mereka sedang rasakan. Ini akan membuat mereka tidak akan terlalu tertekan dengan masalah yang sedang mereka hadapi dan merasa mereka mendapat dukungan secara tidak langsung jika ada yang mau mendegarkan apa yang sedan mereka risaukan.

5. Berhati-hati saat menyampaikan nasihat5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih
Bersikap positif untuk membantu teman yang sedang menghadapi masalah boleh saja. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita memperhatikan kalimat apa yang akan kita sampaikan.

Karena saat mendengarkan orang yang bercerita, kita tidak hanya menyiapkan telinga untuk mendengarkan, namun kita juga harus bisa merasakan, berempati dan memberi nasihat kepada mereka yang sedang menghadapi kesulitan.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/relati...mpaign=network

---



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di