alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Amankan Lingkungan Disekitar Anda Dari Bahaya Paling Mengerikan, API!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4f14465b24d7af00d3ded/amankan-lingkungan-disekitar-anda-dari-bahaya-paling-mengerikan-api

Amankan Lingkungan Disekitar Anda Dari Bahaya Paling Mengerikan, API!!

Amankan Lingkungan Disekitar Anda Dari Bahaya Paling Mengerikan, API!!

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan tentu sering dijumpai di berbagai tempat umum, seperti di pusat perbelanjaan hingga pom bensin. Alat pemadam api sangat diperlukan untuk berjaga-jaga apabila terjadi kebakaran sehingga api tidak berhasil meluas dan mengakibatkan banyak kerugian. Apar sering dijumpai di tempat-tempat umum yang berupa tabung berwarna merah dengan selang untuk menyemprot cairan. Apar juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil dan portable hingga ukuran besar. Memiliki apar sendiri di rumah bisa menjadi salah satu tindakan preventif pada saat terjadi kebakaran. 


Alat pemadam yang tersedia di pasaran tersedia dalam beberapa jenis. Alat pemadam api ringan ukuran medium merupakan jenis yang cukup mudah untuk dibawa dan dilengkapi dengan alat pengukur tekanan. Alat ini berfungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung gas sehingga dapat dengan mudah bagi pengguna untuk mengontrol kinerja tabung gas. Apar juga terdiri dari tiga jenis, yakni apar foam, apar chemical powder, dan apar CO2. Apar pada umumnya tersedia dalam ukuran yang beragam, mulai dari 2 hingga 9 kg.

Amankan Lingkungan Disekitar Anda Dari Bahaya Paling Mengerikan, API!!

Selain itu, ada juga jenis alat pemadam api prortable yang didesain untuk mudah dibawa kemana saja dan juga dioperasikan dengan praktis dan mudah. Ukurannya hanya sekitar 1 hingga 2 kg dan tidak dapat diisi ulang kembali sehingga hanya untuk sekali pemakaian dan biasanya untuk memadamkan kebakaran ringan dan kecil. Kemudian ada juga alat pemadam api thermatic yang merupakan alat pemadam otomatis. Pemadam api jenis ini akan berfungsi apabila ada asap dalam jumlah cukup besar yang terdeteksi atau adanya nyala api yang berhasil ditangkap oleh sensor pada alat.

Pada saat terjadi kebakaran, banyak orang yang langsung panik dan tidak mengerti bagaimana cara menggunakan apar yang sudah disediakan. Apar pada umumnya tersimpan menggantung pada dinding dalam kotak kaca pelindung. Dalam keadaan darurat, Anda dapat memecahkan kaca dengan benda keras di sekitar Anda. Setelah berhasil dipecahkan, segera periksa terlebih dahulu tekanan gas pada indikator yang ada pada alat pemadam. Apabila jarum masih tertunjuk pada area hijau, itu berarti tekanan apar masih baik dan dapat berfungsi dengan baik untuk memancarkan cairan pemadam api. Kocok terlebih dahulu beberapa kali. Hal ini diperlukan untuk menaikkan tekanan sedikit lebih tinggi barulah kemudian semprotkan cairan ke arah api dalam jangkauan jarak yang aman untuk Anda.





×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di