alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPS Dituduh Manipulasi, Sri Mulyani: Saya Anggap Sangat Serius
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4e9446df23156bf577fde/bps-dituduh-manipulasi-sri-mulyani-saya-anggap-sangat-serius

BPS Dituduh Manipulasi, Sri Mulyani: Saya Anggap Sangat Serius

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara menanggapi tudingan sejumlah pihak terhadap Badan Pusat Statistik (BPS) belakangan ini.

Hal ini dilakukan setelah beberapa pihak meragukan keabsahan penghitungan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dirilis lembaga pemerintah non-kementerian ini.

Sri Mulyani menegaskan BPS sebagai lembaga independen dan lembaga itu tak memanipulasi data pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah tidak pernah campur tangan dalam hal statistik. BPS independen dan bereputasi,” ujar Menkeu dalam sebuah wawancara telepon dari Dubai, seperti dilansir melalui Bloomberg, Kamis, 7 November 2019.

BPS sebelumnya pada Selasa lalu menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia per kuartal ketiga tahun 2019 berada pada angka 5,02 persen (yoy). Sementara itu, pertumbuhan ekonomi untuk dua kuartal berturut-turut sebelumnya tercatat 5,05 persen pada kuartal II/2019 dan 5,07 persen pada kuartal I/2019.

Namun, pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil di kisaran 5 persen dalam beberapa tahun terakhir mendorong keraguan mengenai keabsahannya dari sejumlah peneliti, termasuk Gareth Leather dari Capital Economics Ltd.

Leather mencurigai perihal stabilnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5 persen selama lima tahun terakhir. Dia pun mempertanyakan angka pertumbuhan pada kuartal ketiga tersebut.

Sri Mulyani memastikan adalah hal yang mustahil bagi Indonesia untuk berpikir tentang memalsukan data di era keterbukaan ini. Oleh karenanya, keraguan dari sejumlah analis terkait hal ini tidaklah masuk akal.

“Ini akan mengikis kepercayaan pertumbuhan ekonomi dan kebijakan-kebijakan kami. Saya menganggapnya sangat serius,” katanya.

Lebih jauh Sri Mulyani menjelaskan pertumbuhan telah bertahan di atas 5 persen dalam beberapa tahun terakhir karena konsumsi rumah tangga, yang berkontribusi 56 persen dari ekonomi, telah tumbuh lebih dari 5 persen.

“Dengan impor mengalami kontraksi tajam pada kuartal ketiga, ekspor netto berubah positif sehingga mendorong pertumbuhan secara keseluruhan,” katanya.

Sri Mulyani juga mendorong BPS untuk mengundang lembaga-lembaga global meninjau metodologi lembaga pemerintah ini.

“Kami sangat terbuka, kami sangat transparan tentang data, dan kami tidak pernah memiliki rekam jejak memalsukan data, baik dalam hal inflasi, PDB, ataupun tingkat pengangguran,” katanya. (R02)

https://bisnis.tempo.co/read/1269470...s/full?view=ok

negara kain fluktuatif pertumbuhan ekonominya...kita bertahun2 geser 1% pun jg nggak,padahal daya beli masyarakat terus melemah emoticon-Bingung (S)
Halaman 1 dari 2
Kasih contoh dong negara lain yg GDP growth per tahunnya fluktuatif di atas 1%
Lihat 3 balasan
ekspor di Q3 kita kan meningkat lumayan. impor justru turun. walaupun masih defisit. jadi memang wajar masih di angka segini
kl w sih fair aja,
indonesia gak cuma sumatera, bukan juga cuma jawa,
mungkin orang yang komen tinggal didaerah tertentu yang kelihatan pertumbuhan ekonominya gak kelihatan.
profile-picture
kadrun.stres memberi reputasi
gak ngerti ge yang begninan
Balasan post aleet
Quote:


ambil contoh di asean aja deh..negara lain zig zag,bahkan utk negara stabil seperti singapore

BPS Dituduh Manipulasi, Sri Mulyani: Saya Anggap Sangat Serius
daya beli melemah gimana sih ya? kok gua gak ngerti? perasaan gua selama ini sama aja, masih bisa makan 3x sehari, sebulan sekali juga masih bisa ngajak anak bini liburan biarpun cuma lokal aja.

emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
bps yak.. ini badan berapa jumlah orgnya yak
Balasan post dadatunabakar
Quote:


loe sdh cari duit lom?

dagang kek,apa jadi sales kek

kalau buzzer sih ya jelas denial
BPS masih pakai Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional)

wajar sih di Jakarta mungkin makan 6rb rupiah dapat nasi aja 1/2 paling..
tapi di daerah 6rb rupiah ada yang bisa dapat nasi tempe sayur sambal..
padahal harga cabe mahal juga..

jadi mungkin ada yang menganggap orang2 di kota bahwa pengeluaran sepersekian itu dianggap sedikit padahal di desa dianggap wah.
Karena demografis indonesia juga, ga bisa disamakan sama Singapore atau negara lain.

makanya byk yg bilang manipulasi, padahal emang itu datanya. masalah sudut pandang aja.
Quote:


Lu goblok, lu pikir semua yg hidupnya baik2 aja itu buzzer? Dasar tolol.

Makanya lu kerja, ngojek apa yg lain, bukan cuma jadi gembel penjaga warnet.
Diubah oleh dadatunabakar
Lihat 1 balasan
Balasan post aleet
@beritafilistin ok thanks, berarti tinggal cari bukti kalau data2 yg disajikan BPS adalah manipulasi.Gw sih ngga heran kalau ternyata data2 dari pemerintahan itu hasil manipulasi

Tapi ngga bisa juga kalau cuma pakai 'perasaan daya beli masyarakat melemah deh'

Data vs asumshit pasti menang data.

Diubah oleh aleet
gw selama tinggal di karawang....... gw tinggal di komplek baru... semua disini rumah masih pada standar... tipe 27 sampe tipe 45 masuk kedalam tipe RS lah....... 2013 yang lalu yg punya mobil bisa diitung ma jari cuy.......... skrg gw lebih gampang ngitung yg blm punya mobil di garasi.......... krn hampir semua rumah ada mobil
Bank dunia juga udah memprediksi ko

https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20191010/9/1157640/bank-dunia-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-terjaga-pada-level-5-persen

Lembaga keungan internasional juga udah prediksi ko
BPS itu independen.
Balasan post aleet
Quote:


bukan perasaan.wong semua pabrik suplier gw dan jg kenalan sales gw pada bilang kok daya beli melemah,apanya asumsi emoticon-Ngakak (S)

yg gw penasaran tu kalau daya beli maayarakat makin jeblok trus ngimbanginnya dari mana? ekspor?selain itu?
Balasan post dadatunabakar
Quote:


belajar cari duit dulu sono,baru ceramahin gw
Dalam 2-3 thn ini di komplek nambah yg punya mobil.. yg sebelumnya udh pnya mobil ada yg ganti baru..

Melemah Mgkn utk beberapa orang. Cm bisa Bersyukur gua ga masuk di dalamnya
Yg bilang baik baik saja mungkin kelas pekerja.

Yg dagang pasti tau lha gimana kondisi.
Lihat 1 balasan
anda ini meragukan BPS ( Bapak Prabowo Subianto)
Balasan post MIXMAXMUX
Quote:


itu dia gw bilang..aneh yg bilang ga ngerasain penurunan daya beli masyarakat

apalagi patokannya mobil,lah gw jg taon ini nambah armada,tp itu krn gw nambah produk dan relasi.kalau ngandalin jenis produk lama ya omset nurun
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di