alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tempe, Produk Asli Indonesia yang Menginspirasi (Versi Ane)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4b98c0577a95c6a1b8f58/tempe-produk-asli-indonesia-yang-menginspirasi-versi-ane

Tempe, Produk Asli Indonesia yang Menginspirasi (Versi Ane)

Tempe olahan kedelai

Tempe, Produk Asli Indonesia yang Menginspirasi (Versi Ane)

Olahan kedelai
Tempe
TASTETHELOCAL, INSPIRING PRODUCT, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT


Tempe, Produk Asli Indonesia yang Menginspirasi (Versi Ane)

Kali ini Ane mau bahas tentang produk yang merupakan asli buatan Indonesia (TASTETHELOCAL) tapi bisa kamu dapati di berbagai belahan dunia. Makanan sehat dan murah meriah ini, mungkin menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia.

Yups, Tempe siapa yang ga kenal makanan ini?
Bagi Ane produk lokal tempe ini memberikan sebuah INSPIRING PRODUCT yang lebih dari sekedar makanan bergizi dengan protein nabati tinggi. Karena bahan bakunya dari kacang-kacangan yaitu kacang kedelai.

Proses pengolahan kacang kedelai hingga menjadi produk tempedan akhirnya dimakan, banyak hal yang bisa ane pelajari dan menjadi inspirasi tentang nilai kehidupan.

Pertama, pemilihan kedelai


Kacang kedelai dipilih yang baik dan bagus.

Di sini ane belajar bahwa memang dalam hidup ini harus pintar-pintar untuk memilih dan memilah, mana yang baik dan mana yang buruk.

Manusia diberikan akal dan pikiran juga hati, untuk melihat yang mana baik dan yang buruk. Tentunya juga berdasarkan norma agama dan adat istiadat tempat kita menginjakkan kaki.

Kedua, merendam kacang kedelai


Perendaman tersebut dilakukan selama kurang lebih 13 sampai 18 jam dalam suhu ruang.

Proses ini menginspirasi ane untuk merenung kembali agar semua yang baik bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, merebus kembali biji kedelai


Merebus biji kedelai yang sudah lunak tadi hingga kelupas kulitnya.

Proses ini menginspirasi ane, bahwa dalam.melakukan sesuatu, sekalinya itu dianggap baik tetap harus sesuai dengan karakter kita sendiri.

Jangan sampai menghilangkan jati diri. Misalkan diam itu adalah emas, tapi kita tipe orang ekstrovert lebih senang berbicara. Maka itu harus menggodok kembali informasi untuk mengaplikasikannya yang sesuai dengan kepribadian.

Jangan sampai jadi berpura-pura tersenyum padahal sedih. menangis aja, nggak usah dipaksakan tersenyum.

Keempat, proses fermentasi


Pada proses ini, kacang kedelai yang sudah direbus tadi dimasukkan ke dalam plastik atau daun pisang. Kemudian diberikan ragi dan ditunggu kurang lebih 2 hari pada suhu kamar.

Inspirasi yang ane bisa diambil dari proses ini adalah bahwa memang manusia itu adalah makhluk sosial. Butuh orang lain untuk bisa menjadi matang, ane butuh orang lain untuk bisa jadi dewasa.

Butuh orang yang buruk untuk bisa melihat apa yang baik, butuh orang yang baik untuk bisa bercermin.
Seperti itu kedelai itu butuh pendukung lain untuk bisa menjadi sebuah produk tempe yang sangat bermanfaat dan enak untuk manusia.

Yang terakhir paling penting inspirasi dari tempe ini adalah walaupun produk itu sudah mendunia dan sudah terkenal di dunia internasional tapi dia tetap banyak ditemukan di tempat asalnya Indonesia.

Dengan manfaat yang sangat besar harganya nggak mahal.


Quote:


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat. Dan semoga menginspirasi MLDSPOTKONTENHUNT KASKUSXMLDSPOT




Salam hangat,
RetnoQren (RetnoQr3n)

referensi dan sumber gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh RetnoQr3n
Halaman 1 dari 2
kamu suka tempe?
menu sehari hari niih
berapa harga tempe di tempat mu?

di ane masih ada yang 1000.

cukup untuk sekali makan berempat
kalo di luar negeri dihargai mahal, krna mengandung protein tinggi
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Beda ya ka kedelainya? Apa gimana?
Kirain krn kurs dolarnya aja yg tinggi jd mahal.
Lihat 1 balasan
Aku suka banget ma tempe.
emoticon-Genitemoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Samaaaa.
Menu harian.. apalagi kl.akhir bulanemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post RetnoQr3n
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
profile-picture
kuasputih memberi reputasi
bener banget nihh, ayo kita majukan tempe sampe go internasionall!
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
jangan kalah nih sama makanan makanan luar negeri, makin maju kuliner Indonesia!
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
Kangen orekan tempe emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Setiap hari ma tempe dan tahu.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
11 12 bre,,, tahu lan tempe,,,
enak rasane,,,
emoticon-2 Jempol
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
paling suka tempe di olah jadi tempe bacem
tempe mendoan juga suka sih tapi lebih suka tepung mendoan nya emoticon-Big Grin
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
salah satu makanan wajib favorit saya nih gan, emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 2 lainnya memberi reputasi
kaya protein emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan RetnoQr3n memberi reputasi
oreg tempe, botok tempe, balado tempe... emoticon-Genit
doyanan gw semua...

tp kalo sarapan pagi, cukup digoreng aja tempenya...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
SinagaUruk dan RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Go go goemoticon-I Love Indonesia
Quote:


Bener bangeet
Quote:


Sama, tos dl aaah
Quote:


Uenaaak tenaan
Quote:


Ane suka mendoaaaan.
Quote:


Mantaap. Ane juga
Quote:


Yups.. protein nabati
Quote:


Nah bener. Bangeeet tuuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indahmami dan 2 lainnya memberi reputasi
emang banyak variasi kuliner berbahan tempe...

selain jd lauk, bisa jg jadi cemilan...
..misalnya keripik tempe khas bandung tuh...
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di