alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Menjaga Kesehatan Dengan Berlari Pagi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4afbea72768501f7e31b1/menjaga-kesehatan-dengan-berlari-pagi

Menjaga Kesehatan Dengan Berlari Pagi


Menjaga Kesehatan Dengan Berlari Pagi

Saat di pagi hari dimana kesejukan dan keramahan alam yang sayang untuk kita lewatkan yang hanya berdiam diri saja, sayangnya hanya ada sedikit orang yang menikmati kebaikan pagi dengan berolahraga seperti berolahraga di pagi hari. Banyak orang yang belum mengetahui dari manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh, dan belum banyak orang yang mengetahui. Tips sehat lari pagi, berikut adalah bagaimana melakukan lari pagi dengan baik dan benar.

Tips Sehat Lari Pagi

Supaya kita benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas lari pagi, maka lakukanlah dengan cara yang benar dan sehat. Jangan sampai lari pagi ini hanya semangat di awal-awal saja namun makin kesini makin males. Hal ini sering terjadi karna kita menjalankan rutinitas dengan dengan salah.

Berikut adalah tips & trik yang kita bisa terapkan saat akan melakukan aktivitas lari:

Bisakan bangun sebelum jam 6 pagi karena waktu terbaik untuk memulai lari adalah pukul 06.00 – 07.00 WIB dimana sinar matahari baru saja terbit yang sinarnya sangat baik untuk kesehatan, juga embun pagi belum kering dan jalanan masih sepi sehingga belum banyak polusi.
Minum 1-2 gelas air putih sebagai modal agar kita tidak dihidrasi selama berlari
Mulailah dengan jalan santay, cepat, lalu berlari secara bertahap
Biasakan berlari selama 30-45 menit
Usahakan untuk berlari selama 30-45 menit
Usahakan dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu
Carilah teman untuk berlari agar aktifitas ini tidak membuat anda jenuh
Selalu terapkan pola hidup sehat, jangan lupa sarapan, makan buah dan sayur, hindari asap rokok dan minuman keras.

Khasiat Berlari Pagi

Dalam melakukan aktifitas ini selalu banyak hambatan yang kita hadapi misalnya saja karena terburu-buru ingin berangkat ke kantor demi menghindari macet, menyelesaikan tugas yang akan segera dikumpulkan dan lain sebagainya. Namun harus kita ketahui banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh jika menjalani aktifitas ini. Berikut adalah berbagai macam manfaat yang kita bisa peroleh:

1. Otot tidak gampang sakit

Mungkin kita sering mengalami rasa sakit atau pegal di otot-otot kaki setelah melakukan aktifitas sehari-hari atau pengal di pinggang. Hal ini tidak akan terjadi pada orang yang memiliki otot yang kuat dan terlatih seperti penjelasan diatas.

Manfaat lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif dengan baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persedian tulang terlumasi dengan baik. Dalam kondisi seperti ini juga akan membuat aliran darah menjadi lancer sehingga nyeri pada otot bisa dihindari.

2. Mencegah rematik

Keluhan yang selalu dialami oleh setiap lansia atau usia lanjut adalah rematik atau pegal-pegal dibagian kaki. Kondisi ini terjadi ketika persediaan menjadi kaku, pengapuran, peradangan, otot-otot yang tegang. Tulang yang keropos dan lain sebagainya.

Lari pagi akan membuat kita aktif menggerakan kedua kaki, pinggul, dan tangan. Gerakan ini membuat otot menjadi lebih lentur dan dapat mengurangi ketegangan yang membuat persedian menjadi terlumasi dengan baik dan menguatkan tulang. Bahkan para ahli sepakat lari pagi bisa mengurangi nyeri rematik.

3. Membakar kalori

Tubuh kita ini memiliki candangan energi yang berupa glikogen di otot, hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan. Jika tidak digunakan energi berlebihan yang berasal dari makanan akan menjadi lemak, itulah alasannya mengapa seseorang menjadi gemuk.

Cara untuk mengurangi lemak yang terbaik adalah dengan memaksa tubuh bergerak agar jaringan lemak pecah menjadi alergi. Misalnya dengan lari pagi. Ketika tubuh belum mendapatkan asupan namun telah melakukan aktifitas berupa lari pagi maka tubuh akan menggunakan cadangan energi. Dengan demikian lemak akan dipecah dan tentu saja cara ini dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.


4. Mencegah diabetes

Sel yang ada dalam tubuh kita akan selalu membutuhkan insulin untuk memasukan glukosa ke dalamnya, namun aka nada masanya ketika sel-sel tidak peka lagi terhadap insulin karena sudah banyaknya cadangan energi, seperti jaringan lemak, seolah-olah tubuh sudah jenuh jika sudah demikian maka gula dari makanan akan banyak menumpuk di dalam darah melebihi kadar normal.

Salah satu cara untuk menghindari penyakit diabetes adalah rutin dengan berolahraga misalnya lari pagi karena olahraga ini memiliki manfaat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga akan menjaga kadar gula darah selalu dalam kadar yang normal. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kualitas Tidur, dan Stamina

Saat kita sedang berlari maka metabolisme tubuh akan meningkat dan kondisi ini juga akan memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel-sel imun tersebut sangat baik dalam membantu tubuh kita menangkal serangan-serangan mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri, parasite, jamur, dan sebaginya yang sering membuat seseorang mudah sakit. Oleh sebab itu dengan kebiasaan lari pagi ini tubuh menjadi semakin kuat dan tidak mudah sakit.

6. Mengatasi Hipertensi

Bahwa olahraga pagi seperti lari ini memiliki manfaat dalam melancarkan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang santai terbilang cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung, sehingga tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur.

Untuk penderita hipertensi memang tidak diperkenakan untuk menjalani olahraga berat yang dapat memicu kerja jantung. Namun para pakar kesehatan menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi dengan catatan tidak boleh cepat-cepat, hanya olahraga jalan santai saja.


7. Paru-paru sehat

Udara bersih yang mengandung oksigen tertinggi adalah saat pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkannya. Terlebih kita berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Tentu hal ini akan membuat paru-paru kita menjadi lebih sehat.

8. Pernafasan sehat

Dengan berlari di pagi hari pernafasan kita juga menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki masalah atau penyakit saluran nafas seperti asma, bronchitis, PPOK, dan lain sebagainya.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan seorang penderita asma yang rutin tiap minggu berlari pagi selama 3 bulan. Dengan hasil yang sangat positif, serangan asma jarang kambuh setelah rutin lari pagi bahkan mereka merasakan bernafas dengan lebih baik.

9. Jantung Sehat

Saat kita berlari tidak hanya otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi seluruh badan kita ikut bergerak termasuk jantung juga akan giat dalam memompa darah dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Jika lari pagi menjadi rutinitas, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga jantung akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Fakta membuktikan bahwa jika kita berlari sejauh 16 KM dalam seminggu akan menekan resiko penyakit atau gangguan tekanan darah hingga 39% dan juga masalah endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung bisa kurang hingga 34%.





besok mau lari pagi...
Larinya kuat, bangun paginya yang susah emoticon-Hammer


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di