KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Menyapih Anak memang Gampang-gampang Susah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc38b17c9518b312a3c887c/menyapih-anak-memang-gampang-gampang-susah

Menyapih Anak memang Gampang-gampang Susah

“Bingung nih, anakku sudah umur 2 tahun, belum mau juga disapih. Aku sudah coba segala cara, tetap mentok. Kata orang, bisa dengan mengoleskan jamu di payudara, tapi takut anakku trauma. Gimana, ya?” keluh Dewi (32 tahun).

Menyapih anak memang gampang-gampang susah. Karena sudah terlalu lekat pada sang ibu, tak jarang anak menolak saat disapih. Secara kedokteran dan agama, mestinya anak memang sudah harus disapih saat berumur 2 tahun. Itu karena, lebih dari 2 tahun, ASI sudah tak terlalu baik untuk anak. Karena dia kan tumbuh gigi. Itu artinya, waktunya anak untuk dikenalkan kepada makanan padat.

Menyapih Anak memang Gampang-gampang Susah

Seringkali, alasan menyapih juga dikarenakan kendala ibu bekerja untuk menyusui. Umumnya cuti melahirkan bagi ibu bekerja hanya 3 bulan. Itu pun tidak fleksibel. Yang jadi persoaian, banyak di antara orangtua yang tak tega menyapih bayinya, meski sudah tiba waktunya.

Memang, anak sudah punya naluri dasar untuk dekat dengan ibunya. Dengan menyusu, ia akan merasa hangat dan aman. Saat rasa aman itu dilepas, tak jarang terganti oleh kompensasi yang aneh-aneh. Anak tidak percaya diri, atau ngenyut jempolnya atau ngempeng.

Meski demikian, orangtua tetap harus menyikapinya dengan bijak. Jadilah ibu yang konsisten. Akan lebih bijak jika anak diajak ngomong, misalnya 'kan Kakak sekarang sudah besar, sudah 2 tahun, masa masih nyusu seperti adek bayi'. Atau “Kan Abang udah gede sekarang. Mimi—nya Mamajuga sudah mau habis, jadi nanti kita ke supermarket, pilih susu buat Abang ya."

Agar lebih efektif, dalam memberikan susu pengganti ASI sebaiknya bukan Ibu yang memberikan langsung. Ada baiknya, untuk sementara, meminta tolong anggota keluarga lain atau pengasuhnya. Cara ini akan menghindarkan anak dari kebingungan. Kalau Ibu yang memberikan, anak mungkin akan berpikir mengapa bentuk, rasa dan cara pemberian susu berbeda dari biasanya?

Bagaimana dengan cara-cara menyapih tradisional? Misalnya mengoleskan jamu atau sesuatu yang pahit di payudara, cara yang diyakini menjadi cara yang cespleng melepaskan anak dari kenyamanan menyusui ASI. Dengan cara itu diharapkan, si anak tak mau lagi menyentuh payudara sang ibu.

Disarankan sebaiknya cara itu dihindari, sebab itu berarti membohongi anak. Cara cara seperti itu akan membawa dampak psikis yang buruk. Pastilah anak akan merasa takut. Apalagijika yang dibubuhkan bukan dari jenis makanan akan berbahaya jika tertelan oleh anak ketika si anak memaksa menyusu.

Membubuhkan sesuatu pada payudara ibu juga akan menerbitkan rasa kuatir pada anak. Anak akan mengira ibunya sedang sakit karena tampilan payudara ibu yang biasanya polos jadi berubah warna, menjadi merah misalnya. Bukannya menjauhi perilaku menyusui, si kecil malah akan setia menunggu payudara ibunya kembali berpenampilan normal.

Menyapih Anak memang Gampang-gampang Susah

Tetap berikan rasa nyaman pada anak, tanpa harus menyusuinya. Misalnya dengan dibeiai, dipeluk, atau dicium. Saat anak menangis, jangan buru—buru disusui. Tanyakan duiu,a1asannya menangis, dan pikirkan solusi lain untuk menyamankannya selain dengan menyusui.

Pelan—pelan kenalkan makanan pendamping pada anak. Berikanlah makanan pendamping (padat) padajam makan, kemudian tutup dengan meminum susu formula. Hendaknya, makanan padat itu diberikan pada jam yang sama setiap harinya.


Spoiler for Referensi:


profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
baru tau anee ternyata ada juga yakk yg ketergantungan sama asi?? nice infoo
ane dulu nyapih anak umur 2,5+ hmpir 3 tahun malah.... gak pake oles oles payudara... yg menurut ane ampuh buat anak ane tuh sounding...jd bisikin di telinga anak supaya bisa masuk ke alam bawah sadarnya...ane dulu pas 5 menit pertma saat dia tidur... smpe sekarang alhamdulillah kyk nempel bgt di anak
semangat para bu ibu... nice.. informasi yang bagus nih buat dibacaaa... nice bangettt... threadnyaaa kerennn... boleh nih sering2 bagi2 thread kaya gini... keren abissss... ditunggu yes gan thread2 lainnya...
tiap anak tuh punya waktu dan cara masing masing untuk bisa disapih. jadi jangan suka bandingin sama orang lain, nanti malah jadi stress sendiri
ane pernah ngikutin certia menyapihnya banyak anak anak selebgram sih, dan yaa intinya tiap anak itu punya waktunya masing masing. jadi jangan disamakan
wah dulu ane termasuk susah ngga ya disapihnya wkwkwk, jadi penasaran


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di