alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc38a8de83c7250d032847e/motor-matic-honda-generasi-125cc-terbaru-akhirnya-sudah-pakai-4-klep-tenaga-jengat

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat

Honda baru mengupgrade mesin motor matic kelas entry mereka dengan konfigurasi mesin 4 klep. Mesin ini baru diterapkan di skutik 125cc dan 150cc dengan nama resmi Honda New ESP+.

Teknolgi mesin 4 klep ini diklaim dapat meningkatkan top speed, tapi sayang meskipun sudah pakai 4 klep tapi belum mengusung teknologi VTEC atau jika di Yamaha mereka bilang dengan sebutan VVA.

Dengan tambahan 2 klep, otomatis bentuk silinder head mesin ini akan berbeda dengan versi yang masih pakai dua klep. Tapi layoutnya masih sama, dengan formasi busi di bagian kiri dan keteng bagian kanan.

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat

Konfigurasi 2 klep sebelumnya yakni 1 in 1 out, sekarang menjadi 2 in 2 out. Artinya asupan udara yang masuk pun jauh lebih besar, dan dapat menghasilkan akselerasi lebih cepat, topspeed meningkat jadi lebih tinggi, dan mesin 4 klep lebih irit ketimbang versi 2 klep.

Honda membuktikan datanya langsung dari hasil pengetesan SH125i, dari mesin 2 klep sebelumnya motor ini memiliki tenaga sebesar 11,935hp pada putaran 8.500rpm dan setelah menggunakan mesin 4 klep tenaganya jadi naik 12,337hp pada 8.250rpm.
Tapi torsinya jadi turun, semula ketika menggunakan 2 klep bisa tembus 11,5Nm sekarang setelah diupgrade menjadi 4 klep turun 11,4Nm.

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat

Teknologi 4 klep ini mereka berani ngeklaim jauh lebih irit…padahal dimana-mana jika klepnya lebih banyak maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, tapi kenapa lebih irit?

Berdasarkan data dari Honda dengan mode WMTC, tanpa Idling stop Honda SH125i mampu menempuh jarak hingga 44,6 KM per liter BBM di versi 4V sementara pada versi 2V cuma 43,3 Km per liter.

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat

Motor Matic Honda Generasi 125cc Terbaru Akhirnya Sudah Pakai 4 Klep, Tenaga Jengat


Mesin baru ini tentunya juga sudah lolos emisi Euro 5. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya mesin ini bakal diaplikasikan ke motor skutik Honda yang dijual di Indoensia, mengingat basis mesin SH Series hampir sama dengan mesin motor matic yang ada di sini.

Tapi sepertinya akan jauh lebih mahal ketimbang mesin dengan 2 klep…ya wajar saja, komponennya nambah harganya pun nambah.

Referensi : pertamax7.com(5/11/2019).
Makin oke aja
Quote:


Semoga vario 125 bakal pake 4 klep hehe
Quote:


Iya gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
Honda bagus, saya suka Honda.
kalo dikampung ane mah: ape dolan adoh numpak Onda ; mau main jauh naik Onda
gak dibilang naik motor emoticon-Ngakak

tapi ya itu, _ngerém_ harganya kelamaan, berbanding lurus dengan ngeluarin inovasinya yang kelamaan, ketinggalan dari si biru yang katanya _selalu di depan_
emoticon-Nohope
Quote:


Bener, semua motor disebut honda, biar mau ducati pun honda kali yaemoticon-Ngakak
perbedaannya gabanyak2 banget sih, menurut ane cuma strategi buat menarik konsumen aja wkwkwk


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di