KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bebasnya Sofyan Basir dan Pelajaran Berharga untuk KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc3015c4601cf01f9676e80/bebasnya-sofyan-basir-dan-pelajaran-berharga-untuk-kpk

Bebasnya Sofyan Basir dan Pelajaran Berharga untuk KPK

Bebasnya Sofyan Basir dan Pelajaran Berharga untuk KPK

Baru-baru ini, Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir divonis bebas oleh pengadilan tipikor Jakarta Pusat. Ini membuktikan bahwa KPK perlu disorot atas penindakan kasus korupsi.

Kasus bebasnya Sofyan Basir ini tidak hanya mempermalukan penyidik di KPK, tapi juga sekaligus membuka aib lembaga anti rasuah itu yang selama ini "dicurigai" tidak profesional, penuh rekayasa, bermain politik, dan tidak taat asas alat bukti.

Demikian pandangan dikemukakan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

Ia menilai, vonis bebas Pengadilan Tipikor Jakarta untuk mantan Dirut PLN Sofyan Basir menambah bukti tentang pentingnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diawasi oleh dewan pengawas (Dewas).

Selain itu, keberadaan peraturan pemerintah (PP) sebagai penjabaran UU KPK hasil revisi semakin diperlukan. Tujuannya agar KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi benar-benar profesional dan independen.

Sejak awal IPW mendapat informasi bahwa perkara korupsi Sofyan Basir ini dilimpahkan ke pengadilan bukan karena alat bukti yang kuat, melainkan karena keputusan voting.

Padahal, dalam memutuskan sebuah perkara harus berdasarkan alat bukti dan bukan voting. Sehingga hasil kerja KPK benar-benar berdasarkan asas keadilan, dan bukan mempolitisasi, apalagi mengkriminalisasi lawan-lawan politik.

Kita patut mengapresiasi keberanian dan putusan majelis hakim Pengadilan TIpikor yang membebaskan Sofyan Basir karena tidak terbukti bersalah. Karena dengan begitu, bisa memberikan pelajaran yang berharga bagi KPK.

Ke depan, kita berharap Komisioner KPK maupun Dewan Pengawas KPK harus mampu membersihkan KPK dari manuver politik pihak-pihak tertentu.

Kasus Sofyan Basir ini harus menjadi pelajaran berharga dan baha instrospeksi bagi KPK maupun komisoner yang baru dan Dewan Pengawas KPK agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Untuk KPK, mari kita tegakkan keadilan, tanpa pandang bulu. Bukan mengkriminalisasi lawan politik atau berdasarkan kepentingan politik.
Emangnya ada yang bener benee koruptor divonis bebas ?
Baru 1 kasus
baru kali ini gw setuju sama fuckri hamjah
kpk ini banyak mafianya,dan juga tebang pilih, makanya kudu diawasin biar kerjanya ga cuman banyak nangkap tapi tidak menyelesaikan masalah dan bahkan tidak membuat jera pelaku / calon pelaku tipikor di indonesia

pandangan publik terlalu diarahkan ke opini kalau badan pengawas akan melemahkan kpk, padahal kalo kpk melakukan penangkapan tapi alat bukti / proses penangkapan / penyadapan tidak sesuai prosedur/ melawan hukum, maka kasusnya juga ga bakalan tuntas
Diubah oleh suramonly
ketangkep kpk itu mesti nya tinggal nunggu vonis pidana penjara, maw 6 bulan.. setahun ataw 15 taon.
lha ini kok vonis bebas emoticon-DP
goblok nya kelewatan, ngapain sofyan basir loe tangkep, loe proses klo ujung2 nya bebas ?
loe musti dituntut merugikan emoticon-Marah loe kudu paham skali proses hasil nya penjara, ataw tersangka bebas dari kantor kpk als bisa pulang.
Diubah oleh mibmobz
Terima kasih pak Budi Gunawan, pak jokowi, bu mega.
KPK tapiBHan memang harus dihancurkan!emoticon-Marah
Quote:

next tangkap anis baswedan kulem serbuuu...... emoticon-Marah
Kpk rasa taliban jenggot cingkrang memang harus dihabisi
Ternyata KPK kurang profesional dalam membuktikan kejahatan korupsi
Dg wewenang yg demikian besar, masih saja kalah di pengadilan Tipikor


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di