alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc260f5337f935abc4184c0/sungai-ini-dulunya-tercemar-berat-tetapi-sekarang-menjadi-rumah-anjing-laut-keren

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

Pernahkah agan melihat sungai-sungai yang sudah tercemar berat. Pasti sulit ya membayangkannya bagaimana sungai tersebut bisa dipulihkan kembali. Sebab bila kita berbicara tentang pembersihan sungai, banyak hal yang terlibat didalamnya. Karena pembersihan sungai bukan hanya memungut sampah dan membersihkannya. Tetapi perlu tindakan pencegahan juga dari masyarakat yang berada disekitarnya. Artinya, usaha pembersihan sungai merupakan suatu kegiatan kompleks yang perlu koordinasi dari berbagai macam pihak.

Namun sesulit-sulitnya usaha pembersihan sungai bila dilakukan dengan ketekunan dan penuh keyakinan, maka usaha tersebut bisa berhasil seperti yang dilakukan oleh negara berikut. Di sana ada sungai terkenal yang menjadi ikon kota di sana. Namun karena pertumbuhan penduduk dan pengelolaan limbah yang kurang baik, sungai tersebut lama kelamaan terdegradasi hingga akhirnya masuk ke tahap tercemar berat dimana tidak ada satupun organisme yang mampu bertahan di sungai tersebut.

Karena kejadian itulah masyarakat di kota tersebut akhirnya menyadari bahwa sungai ikonik yang mereka agung-agungkan kini sudah hilang. Hal inilah yang menjadi latarbelakang timbulnya kegigihan untuk membersihkan sungai tersebut dan melakukan bioremediasi secara serentak untuk mengembalikan kondisi sungai kembali seperti semula. Penasaran bagaimana kondisi sungai tersebut setelah dilakukan kegigihan dalam pembersihan dan pencegahan sampah masuk ke dalamnya, yuk check thread berikut!


Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

Sungai ini dinamakan The Thames River. Terletak di Inggris dimana sungai ini membagi kota London menjadi dua bagian. Sejak dahulu kala sungai ini menjadi destinasi wisata bagi para turis mancanegara karena keasrian alamnya. Oleh sebab itu banyak masyarakat mulai bermukim di pinggiran atau di sekitar sungai Thames.

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

Para pelukis, musisi, dan penulis di Inggris sejak dahulu kala juga banyak mengambil inspirasi dari sungai ini untuk membuat karya seni. Namun sejak tahun 1950 dimana ada fenomena bocornya saluran pembuangan dan meningkatnya jumlah limbah dari industri di pinggiran sungai membuat sungai ini dinyatakan secara biologis mati — atau dengan kata lain sudah tidak ada lagi organisme yang mampu bertahan di sana.

Spoiler for tercemar karena limbah domestik:

Spoiler for tercemar karena industri:

Thames River Pernah Tercemar Berat

Yippie! Kini sungai yang tercemar berat tersebut sudah pulih kembali. Ya hal ini tak lain karena totalitas yang dilakukan Inggris dalam membersihkan sungainya sekitar 60 tahun terakhir mulai dari penetapan regulasi terbaru, perbaikan sistem pembuangan limbah yang lebih tertata, dan realisasi proyek memperkaya kualitas habitat organisme. Kini sungai tersebut kembali lagi menjadi rumah tetap bagi ratusan organisme.

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!
Kini Anjing Laut Kembali Menetap Di Sungai Thames, setelah hilang pada tahun 1950

Populasi anjing laut diketahui hilang semenjak tahun 1950 dimana pada tahun tersebut merupakan kasus maraknya pencemaran yang mengakibatkan sungai Thames dikategorikan sebagai perairan tercemar berat. Populasi yang hilang tersebut terjadi karena anjing laut bermigrasi ke perairan yang lebih bersih dibanding Sungai Thames yang ikannya sudah habis karena mati keracunan.

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

Setelah upaya besar-besaran yang dilakukan Inggris, baik dari pemerintah maupun masyarakatnya. ZSL (Zoological Society of London) kini mencatat ada 3500 anjing laut yang menetap di Muara Sungai Thames yang terdiri dari 1104 anjing laut pelabuhan & 2406 anjing laut abu-abu. Yang paling menggembirakan, ZSL berhasil mendata ada 138 bayi anjing laut yang berhasil dilahirkan. Artinya kondisi sungai Thames sangat memungkinkan untuk Breeding Ground bagi anjing laut.

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!
Anjing laut kini menikmati muara sungai Thames yang sudah pulih kembali

Selain menjadi habitat untuk anjing laut, Sungai Thames juga dijadikan habitat bagi 100 jenis spesies ikan termasuk dua jenis Hiu muara, Kuda laut, dan belut eropa yang terancam punah. Lumba-lumba pun sesekali mampir karena tertarik dengan kondisi ekosistem Thames River yang semakin membaik. Tak jarang juga ditemui paus melintas untuk melihat-lihat keramaian biota laut di muara Thames.

Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!
Kini kuda laut beregenerasi kembali di muara sungai Thames setelah dinyatakan hilang pada 1950

Wah keren ya totalitas Inggris dalam membersihkan sungai. Padahal sungai tersebut sudah dinyatakan secara biologis mati pada tahun 1950, namun dengan waktu 60 tahun lebih ini mereka mampu mengembalikan kondisi sungai kembali seperti semula hingga akhirnya berbagai macam hewan kembali bernaung dan menetap di sana! Mantap deh! Semoga kali Ciliwung kelak bisa mengikuti sejarah sungai Thames.


Sumber : Disini
Sumber Gambar : Google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 5
R3served
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuasputih dan 2 lainnya memberi reputasi
Caranya ga disebutin bre? Coba nanti tambahin apa aja yang mereka lakukan.
profile-picture
profile-picture
cipta.nugraha dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post aquatrium
Quote:

itu bree ada 3, udah ane underline tuh biar keliatan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan eja2112 memberi reputasi
Kalau dibari cukup diberi waring item aja emoticon-Embarrassment
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Maksudnya lebih detail om.

emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post aquatrium
Quote:


Yaudah nanti ane tambahin infografis aja yee biar gampang memahaminya emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan eja2112 memberi reputasi
Sejak revolusi industri di inggris memang banyak sungai yg beralih menjadi tempat pembuangan limbah2 industri di sana khususnya di london namun ketatnya peraturan dan kesadaran sosial disana soal sungai sebagai tempat prmbuangan limbah industri maupun sampah berangsur2 membaik dan tertata rapi ramah buat biota hewan sungai untuk bermukim disana, lain halnya di korea selatan yg merevolusi besar2an kebersihan sungai2 di soul dan mempertegas peraturan hukuman bagi warganya dan pendatang maupun turis asing mengenai pencemaran lingkungan di sungainya yg awalnya sangat tercemar menjadi asri hingga saat ini,...... Jakarta kapan yak? 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sungai ii dulunya bersih, sekarang tercemar berat
indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post santaikalus
Quote:


Ahahaha jakarta tunggu tenggelam dulu deh kayaknya gan
emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan santaikalus memberi reputasi
Sungai air laut ya? Kok hiu, lumba2 bisa hidup di sana? Apa gak ngeri tuh dekat pemukiman warga?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anjing yg lucu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Asiyap gan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Kok binatang laut bisa hidup di sungai
Berarti air sungainya air asin dong ya?

Tercemarnya dulu efek revolusi industri juga yg bikin inggris maju
Skg kalo liat china, banyak kota2 gedenya tiap hari berkabut gr2 asap industri
Kalo mau maju emang bakal ngelewatin fase 'merusak alam' sih
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post crockoaches
Quote:


Muara sungai gan emoticon-Amazed
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post mat.piere
Quote:


Muara sungai gan emoticon-Amazed
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Jadi anjing sungai dong.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Ogut seneng banget baca trit-trit seperti ini... emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
Quote:


yang boneng ente gan..emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
thames river ini emang aliran darahnya inggris

kalau kotor, seibukota London jg kotor
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Masa iya kagak emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di