alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mendagri Minta Pengelolaan Parkir Jangan Dilakukan Preman Berkedok Ormas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc23edf65b24d1d0032da90/mendagri-minta-pengelolaan-parkir-jangan-dilakukan-preman-berkedok-ormas

Mendagri Minta Pengelolaan Parkir Jangan Dilakukan Preman Berkedok Ormas

Mendagri Minta Pengelolaan Parkir Jangan Dilakukan Preman Berkedok Ormas

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan pengelolaan parkir jangan sampai merugikan masyarakat. Tito tak ingin pengelolaan parkir dilakukan preman berkedok ormas.

"Pungutan retribusi parkir ini nilai uangnya sangat besar, terutama di perkotaan dan menjadi salah satu sumber pungutan liar, akibatnya Pemda tidak mendapat pemasukan yang signifikan. Tata kelola parkir yang buruk jelas sangat merugikan masyarakat, apalagi jika dipungut oleh preman atau berkedok Ormas, kemungkinan besar terjadi pungli," ujar Kapuspen Kemendagri Bahtiar dalam keterangannya, Rabu (6/11/2019).

Tito menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya investasi untuk membuka lapangan pekerjaan. TIto ingin para kepala daerah mendukung visi misi Jokowi ini, salah satunya dengan melakukan penertiban tadi.

Untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, pemerintah daerah diminta Tito untuk mengambil tindakan tegas dalam melindungi masyarakat dari aksi premanisme.

"Saber pungli parkir dan tim pemberantasan preman harus dilakukan untuk melindungi masyarakat serta menindak oknum aparat yang melindungi pengelolaan parkir liar. Sehingga perlu dukungan aparat penegak hukum dan aparat keamanan untuk penegakan Saber Pungli dan penindakan premanisme, baik perorangan atau kelompok masyarakat termasuk preman yang dibungkus ormas," ucap Bahtiar.

Diberitakan sebelumnya, beredar video ormas yang meminta 'jatah preman' kepada minimarket. Dalam video tersebut, tampak Kepala Bapenda Kota Bekasi Aan Suhanda didampingi polisi dan sejumlah ormas. Dalam video itu, Aan meminta agar minimarket di Kota Bekasi bekerja sama dengan ormas dalam hal penarikan retribusi parkir.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membenarkan adanya 'surat tugas' kepada ormas untuk mengelola parkir minimarket. Surat tugas yang dikeluarkan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bekasi itu dievaluasi setiap bulan. Rahmat mengatakan, anggota ormas dibekali surat tugas tersebut agar dapat mengkoordinir parkir minimarket.

"Kalau penugasan dari Bapenda itu biasanya paling lama sebulan. Sebulan dievaluasi sebulan dievaluasi, kalau ternyata masih memegang sudah tidak berlaku artinya sudah tidak berlaku lagi," kata Rahmat kepada wartawan di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Selasa (5/11).

Pembekalan surat tugas jaga parkir minimarket oleh ormas di Kota Bekasi itu menimbulkan kekisruhan. Bapenda Kota Bekasi pun akhirnya tak lagi menerbitkan surat tugas tersebut.

"Sudah tidak ada lagi, sudah habis. Kita nggak terbitkan lagi," ujar Kepala Bapenda Bekasi Aan Suhanda di kantor Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan Kota Bekasi, Selasa (5/11).

https://m.detik.com/news/berita/d-47...s/2#detailfoto




Cuma di negara indon parkir liar merajalela, fotokopi ktp 500 perak eh bayar parkir 2000-5000
Malah ada ruko yg pemiliknya sendiri mesti bayar bulanan/tahunan ke ormas

Di negara2 lain parkir adanya resmi di mal2 & pinggir jalan padat khusus dikelola pemerintah pakai mesin khusus parkir dan uangnya kembali masuk negara, kalau di indon masuk kantong pribadi ormas


profile-picture
profile-picture
profile-picture
revolutionary dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 10
ane aja kalo ada kang parkir ogah ke indo/alfa. untung d mojokerto minimarket gratis parkir kebanyakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan 8 lainnya memberi reputasi
Dimana ada lahan disitu ada ormas. emoticon-Ngakak
Sebenarnya solusinya gampang aja kok, itu untuk pengelola tempat dagang, tempat hiburan, ruko dan sumber2 keramaian lainnya agar salah satu syarat dia bisa melakukan kegiatan masukkan retribusi wajib parkir. Misalnya nih, di SIUP nya, dibebankan juga retribusi parkir dan sebegitu keluar itu SIUP kasihkan juga itu poster resmi yang bertuliskan "WAJIB RETRIBUSI PARKIR BAYAR TAHUNAN" atau apalah teknisnya org dishub lebih paham. Dan selain itu rutin lakukan patroli diwilayah yg ramai dan potensial, tapi masa gitu aja harus diajarin sih. Bisa jadi berlarut-larut ginikan lantaran banyak oknum yang diuntungkan dari keberadaan kang parkir ilegal ini. emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Lysergide
Lihat 6 balasan
Berantas aja pak tito
Ormas ormas macem tokai ini emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bayar parkir pake e money atau apalah biar ketauan pemasukan buat pemda / pemko berapa.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Pemberdayaan preman pengemis recehan pak...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post Lysergide
Quote:


gak bisa kek gitu mosok ngutip duit dari aset yang bukan punyanya pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
lah yg bikin ormas itu ada sape

ya jangan ngeluh lah klo bgitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
nggak cuma indo/alfa, ngambil uang di ATM saja juga ada tukang parkirnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 7 lainnya memberi reputasi
Kalau parkir liar sehari tempat sepi hingga ramai 50-500rb, anggap saja dirata2 100rb/hari

jumlah parkiran liar seindonesia anggap 10jt lahan. (mungkin lebih, karena penduduk indo 250-300jt)

Sehari parkir liar seindo bisa dapat 1 Trilyun
Setahun parkir liar seindo 365 Trilyun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh therminust
Sepakat dengan Mendagri.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kaiharis memberi reputasi
Balasan post Lysergide
@namdokmai Gw pernah baca dimana gitu, row jalan ditempat terbuka, tempat2 keramaian, mau itu ruko, mall, atau pasar itu dikenakan retribusi pemerintah. Tapi lagi2, ini cuman saran, gw rela kok bayar tinggi utk parkir, asal jelas itu utk daerah, bukan dikutip ama kang parkir yg seragamnya dikopi paste se kelurahan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Tiap kali hal seperti ini harus sampai di rusuhin dulu di viralkan dulu supaya mendapat prioritas penertiban oleh pihak pemerintah

Sungguh terlalu

Dewan perwakilan rakyat yang seharusnya menyalurkan aspirasi rakyat sungguh tidak ada yang berfungsi dengan layak dan sesuai dengan gaji dan tunjangan nya yang maha besar

Sungguh perwakilan yang cuma bisa bikin malu aja

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan 9 lainnya memberi reputasi
Preman parkir ini lah yg bisa bikin mini mart sepi, karena pelanggan nya ogah bayar parkir. Sampe bangkrut malah. Udah ada contoh kasusnya tempat ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane sering ngasih ke tukang parkir, terutama parkir atm...






Dobel jari tengahemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
lebih setuju bila ormas preman di musnahkan saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Masalahnya rakyat kere alias nasbung di nkri ini banyakemoticon-Embarrassment

Kalo di menleng zaman old,dikelola kaipang

Kalo disini zaman now,dikelola ormasemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Wkwkwkwkwk.. langsung diskakmat Mendagri. Bagus, pak. Memang sebaiknya jangan melibakan ormas. Selain peraturan yang belum jelas, kapabilitas dari ormas sangat dipertanyakan mengingat kebanyakan ormas itu anggotanya berisi orang-orang tidak berskill.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post Lysergide
Quote:


klo jalan wajar soalnya punyanya pemerintah tapi klo milik privat ya konyol wong retribusi aslinya adalah biaya yang dikenakan untuk pemakaian aset pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak (S)
blunder konyol itu wilayah
Tp bagus lah karena semua wilayah udah kena pasti

profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan rizaradri memberi reputasi
retribusi ke akamsi gan emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di