alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Didominasi Ahli Hukum, Presiden Jokowi akan Tunjuk Dewan Pengawas KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc1a5c9f0bdb257a62c26dd/didominasi-ahli-hukum-presiden-jokowi-akan-tunjuk-dewan-pengawas-kpk

Didominasi Ahli Hukum, Presiden Jokowi akan Tunjuk Dewan Pengawas KPK

Didominasi Ahli Hukum, Presiden Jokowi akan Tunjuk Dewan Pengawas KPKSetelah UU KPK yang baru diketok, Presiden Jokowi akan menunjuk langsung tokoh yang akan mengisi jabatan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan bahwa Dewan Pengawas KPK itu nantinya didominasi ahli hukum. Selain itu, akan ada perwakilan dari tokoh yang selama ini fokus pada aspek sosial.

Sebelum menunjuk calon dewan pengawas, Presiden Jokowi terlebih dahulu akan meminta masukan berbagai pihak.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan akan menunjuk Dewan Pengawas KPK tanpa melibatkan panitia seleksi. Hal ini sesuai dengan Pasal 69 A ayat (1) UU Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK. M

Meski tak melalui Pansel, namun dapat dipastikan orang-orang yang dipilih sebagai Dewan Pengawas memiliki kredibilitas baik. Jadi, jangan berburuk sangka dulu.

Para pegiat antikorupsi dan Wadah Pegawai KPK meminta Presiden Jokowi berhati-hati menunjuk lima anggota Dewan Pengawas KPK. Salah satu kriteria yang dipesankan yakni berintegritas dan tidak terafiliasi dengan partai politik.

Dengan begitu, diharapkan mereka tidak tersandera oleh kepentingan elite dan berani menindak jika ada pimpinan KPK yang menyelewengkan wewenangnya.

Kita yakin Presiden Jokowi pasti akan memilih sosok yang memiliki rekam jejak baik dan berintegritas untuk mengisi Dewan Pengawas KPK. Mari kita pastikan seperti itu.
Diubah oleh fakeidm


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di