alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc1876d9a972e76b22bf6ef/brekecek-pathak-jahan-kuliner-khas-cilacap-nendang-rasanya

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!

Agan Sista tahu brekecek nggak? Brekecek adalah salah satu kuliner khas Cilacap. Kenapa kok namanya brekecek? Konon katanya, karena bumbu yang buat masak, ditumbuk atau diuleg jadi satu. Wah ... Agan Sista penasaran, kan seperti apa penampakan brekecek itu?

Bahan utama untuk membuat brekecek adalah ikan laut. Mau ikan air tawar juga bisa, sih. Tapi cita rasanya akan berbeda. Kali ini ane akan mencoba berbagi resep brekecek pathak jahan (kepala ikan jahan). Kenapa yang dimasak bukan daging, melainkan kepalanya? Karena kepala ikan jahan ini memiliki cita rasa yang berbeda daripada dagingnya, Gansis. Kalian bisa menyeruput tulang-tulang yang ada di kepala ikan jahan ini. Penasaran seperti apa cara memasaknya?

Pertama, siapkan 500 gram kepala ikan jahan yang udah dibelah jadi 2 dan dicuci bersih, Gansis. Gansis bisa beli di pasar, tapi ane lebih memilih ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) langsung, lebih segar karena baru 'mentas' dari laut.

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Setelah itu, siapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan, yaitu :

- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt merica
- 7 buah cabe rawit
- 4 buah cabe merah besar
- 5 siung bawang putih
- 7 butir bawang merah
- 5 cm kunyit
- 1 ruas jahe
- 4 butir kemiri
- 2 batang serai (digeprek)
- garam dan gula pasir secukupnya
- minyak goreng secukupnga untuk menumis bumbu
-daun kemangi secukupnya

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Setelah bumbu dihaluskan, panaskan minyak di atas wajan, lalu tumis semua bumbu hingga berbau harum. Kemudian, masukkan pathak jahan dan aduk sebentar supaya bumbu merata, lalu beri air hingga semua pathak jahan tenggelam. Biarkan hingga kurang lebih 20 menit. Koreksi rasa. Apabila sudah pas, masukkan daun kemangi. Tunggu satu menit, lalu angkat dan sajikan. Brekecek pathak jahan siap disantap bersama nasi hangat. Yummy.
Agan Sista boleh coba. Dijamin bakal ketagihan, deh.

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Sekian trit dari ane kali ini. Semoga bermanfaat untuk Agan dan Sista di mana pun berada. Yang udah mampir jangan lupa komen, kasih rate, dan cendol, ya. Terima kasih dan selamat beristirahat.


Penulis : anna1812
Sumber gambar : dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irummm dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anna1812
Halaman 1 dari 6
Pejwan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Brekecek
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Siapa yang mo coba?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Enak yumy
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Waduh baruk tau, gw taunyak cumak bruakakakak doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Taunya cumak makan ya, Gan?emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Iya. Dateng ke dapur adak makanan yak tinggal makan gausah mikir inik namanyak apak emoticon-Leh Uga
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Kaga nanya itu daging apa gitu?😅
Kalau disini dimasak kuah sambel tomat gitu.
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Itu juga berkuah, Sis. Ente tinggal di mana emang?
Sebelum masak jadi cekrek cekrek . Mantap
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
ngiler, deh. pengen emoticon-pencet
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Nyong gelem, Mak. Masakna yaemoticon-Leh Ugaemoticon-Cipok
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Haha. Iya, Sis. Udah niatan berbagi resep ini. Ayok cobain. Ikannya bisa diganti ama yang lain kok😁
Wih enak kayanya
profile-picture
anna1812 memberi reputasi


Quote:


Apa kie emoticon-Goyang emoticon-Goyang
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Aku paling suka ni segala jenis ikan emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Quote:


Ketemu OmPab lagi emoticon-Matabelo
Ikan Jahan di sini namanya ikan layang🤣
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
bisa dicoba ntar ...
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di