alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc16a126df23162620f50d2/5-hikmah-dari-film-over-again-sederhana-namun-sarat-makna

5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna

5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna

Film besutan dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok ini mengusung genre adventure, friendship, youth, fantasy, serta turut pula menyelipkan unsur family dan romansa ala anak muda.

Tayang pada 2019, Over Again dibintangi dengan apik oleh Neo Hou sebagai Gao Si Lin, Peng Yu Chang sebagai Zhang Zi Yang, dan Gai Cass sebagai Guo Si Jia, yang merupakan sahabat karib dalam cerita tersebut.

Seiring waktu berlalu, konflik demi konflik mulai menyeruak dalam hubungan mereka, serta diiringi pula masalah keluarga, mimpi, dan asmara. Nah, walau terbilang sederhana, inilah beberapa hikmah yang dapat dipetik dari film tersebut.

1. Orangtua yang otoriter hanya akan membuat anak menjadi terbebani. Maka jadilah orangtua yang menghargai isi hati dan pikiran anak5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
Selama ini, Zhang Zi Yang yang dibesarkan sebagai seorang anak tunggal terus mendapat perlakuan otoriter dari ayahnya yang berwatak keras. Tekanan yang menumpuk tersebut mengakibatkan Zhang Zi Yang tumbuh menjadi sosok yang secara tak sengaja terdoktrin dalam jiwanya sebagai sosok yang 'lemah'. Dia kerap pula menjadi sasaran perundungan oleh teman-teman sekolahnya dan tak kuasa melawan ataupun mempertahankan diri.

Padahal, Zhang Zi Yang memiliki bakat yang bagus dalam olah vokal. Apabila bakat tersebut dibimbing dengan tepat, dia tentunya tak akan berubah drastis menjadi anak pembangkang di mata ayahnya.

Sejatinya, itu merupakan wujud ekspresi diri yang 'lelah' dengan beban yang diembannya selama ini. Dia bahkan memilih untuk bunuh diri.

2. Merasa sedih itu wajar. Namun jangan sampai berlarut-larut, bangkitlah, dan tata rencana kembali5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
Suatu ketika, Gao Si Lin yang tak mengetahui aksi perundungan terbaru terhadap Zhang Zi Yang, malah memantik emosi Zhang Zi Yang. Dia pun meluapkan emosinya pada Gao Si Lin yang merupakan salah satu sahabat terbaiknya itu. Sialnya, hal tersebut mengakibatkan cedera serius pada bagian kepala Gao Si Lin, yang bahkan membuatnya keluar dari sekolah sebab Reading disorder.

Sempat merasa tertekan dengan situasi itu, namun Gao Si Lin berusaha bangkit dan bekerja sebagai pramusaji di sebuah toko buku merangkap kafe. Kendati diolok-olok karena Reading disorder yang diidapnya, Gao Si Lin tetap berusaha menjalani hari dengan sebaik-baiknya dan malah menjadi penulis buku yang populer beberapa tahun kemudian.

3. Cerdaslah dalam bertutur kata, terutama pada sosok yang tengah berjuang lepas dari beban psikologis5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
Zhang Zi Yang yang tengah terpuruk secara psikologis sejatinya membutuhkan sahabat-sahabat terbaiknya, Gao Si Lin dan Guo Si Jia, untuk merangkul jiwanya yang tengah gamang. Sayangnya, walau tak disengaja, mereka justru membuat Zhang Zi Yang menjadi jatuh semakin dalam.

Tak hanya kehilangan sahabatnya, Gao Si Lin, namun Zhang Zi yang juga dicampakkan oleh Guo Si Jia yang disukainya sejak lama walau mereka berstatus sahabat karib sedari bocah. Dengan kata lain, sebagai sosok terdekat, hendaknya Gao Si Lin dan Guo Si Jia lebih bijak dalam bertutur kata dan bersikap lebih peka dengan mempertimbangkan situasi psikologis dari Zhang Zi Yang.

4. Waktu tak dapat diulang, maka manfaatkan dengan seoptimal mungkin5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
Kendati tiga sahabat dalam film ini dapat menyambangi waktu di masa lampau hingga masa depan melalui koin ajaib, namun faktanya waktu memang tak dapat diganggu gugat. Buktinya, Zhang Zi Yang tetap sudah meninggal tak peduli seberapa gigih Gao Si Lin dan Guo Si Jia berusaha mengubah sejarah dengan bolak-balik ke masa lalu.

Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu yang dimiliki dengan baik, ambillah keputusan dengan matang, dan bertindaklah dengan bijak. Sebab, penyesalan memang tiada guna ketika 'nasi sudah menjadi bubur'.

Misalnya, Zhang Zi Yang yang memutuskan untuk bunuh diri ketika merasa ayahnya memang tak lagi peduli pada dirinya secara psikologi. Padahal, masih ada kedua sahabatnya yang juga adalah sosok penting di hidupnya.

5. Bahagia itu sederhana, apabila kita piawai memaknainya5 Hikmah dari Film 'Over Again', Sederhana Namun Sarat Makna
Namun, pada akhirnya, Zhang Zi Yang pun menyadari bahwa kebahagiaan itu sederhana apabila bersedia melihat dari sudut pandang yang lebih majemuk. Walau merasa menyesal tak lagi dapat bersama dengan keluarga dan sahabatnya sebab dipisahkan oleh maut, Zhang Zi Yang tetap bersyukur pernah diberi kesempatan untuk mengukir momen indah bersama.

Bahkan, dia pun turut berlapang dada mengikhlaskan Guo Si Jia menjalin kasih dengan Guo Si Lin. Baginya, kebahagiaan sahabat-sahabatnya adalah kebahagiaan bagi dirinya pula. Dia pun sudah tak lagi mendendam pada ayahnya, sebab dia juga merasakan bahwa ayahnya turut terluka dan sebenarnya tak bermaksud buruk terhadap hidup putra semata wayangnya itu.

Menurut kamu, pelajaran apa lagi nih yang dapat kita petik dari film Over Again tersebut?


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---



×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di