alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc15dbb8012ae25c337043f/atap-gedung-sd-di-pasuruan-ambruk-guru-dan-murid-tewas

Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas

Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas
Bangunan sekolah yang ambruk di Sekolah Dasar (SD) Negeri Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019). Kepolisian Resor Pasuruan Kota, Jawa Timur, masih menyelidiki penyebab runtuhnya atap gedung SD Gentong di Jalan Kyai Sepuh, Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019) pagi. Akibat peristiwa ini dua orang tewas dan 11 lainnya terluka.

Korban tewas adalah Irza Almira (8) siswa Kelas 2B dan Sevina Arsy Wijaya (19), guru pengganti yang saat peristiwa terjadi berada di Kelas 5.

Sedangkan korban luka adalah Zidan (8), Wildalmul (11), Abdul Muktim (11), Hilda Salsa (11), Alisah (7), Kina (8), Zahra Salsabilla (9), Akbar (8), Siti Rohmania (8), Aisyah (8), dan Ahmad Gerhana (8). Semua korban merupakan warga Kelurahan Gentong.

Kepala Polres Pasuruan Kota Ajun Komisaris Besar, Agus Sudaryatno, mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk mengetahui penyebab pasti ambruknya atap bangunan itu.

Namun ia menduga, konstruksi atap bangunan SD yang tidak sesuai spesifikasi menjadi penyebab insiden tersebut. Pasalnya, kata dia bangunan SD itu baru sekitar dua tahun selesai dibangun.

"Kita melihat rangka bangunan tidak sesuai spesifikasi. Bangunan ini (atap) baru selesai 2017. Jadi baru dua tahun sudah ambruk," ujar Agus dikutip dari detikcom, Selasa (5/11/2019).

Agus mengatakan ada empat ruang kelas yang atapnya ambruk, yakni Kelas 2A, 2B, 5A, dan 5B. Peristiwa terjadi pukul 08.15 WIB. Saat itu tengah berlangsung kegiatan belajar di Kelas 2A dan 2B. Sedangkan siswa kelas 5A dan 5B tengah mengikuti kegiatan olahraga di luar ruang, namun ada siswa dan seorang guru pengganti yang berada di dalam kelas 5A karena alasan sakit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pasuruan Samsul Hadi, mengatakan, saat peristiwa terjadi kondisi cuaca cerah. “Tidak ada hujan maupun angin namun atap dengan rangka galvalum itu roboh,” ujarnya.

Kasus gedung ambruk ini telah diambil alih oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan Polda Jatim akan melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak terkait ambruknya SDN Gentong. Beberapa di antaranya, kontraktor hingga dinas pendidikan terkait.

Nantinya, untuk mendalami kasus ini pemanggilan para saksi itu akan dilakukan Polda Jatim bersama Polresta Pasuruan. Ia memastikan kasus ini mendapat atensi khusus, karena jatuh korban jiwa.

"Beberapa penanggung jawab [diperiksa], bukan hanya bertanggung jawab terhadap pemborong itu saja, atau kontraktor, tetapi juga yang merencanakannya di bagian administrasinya arahnya ke sana," kata dia.

Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas

Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...an-murid-tewas

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas Spot dengan kualitas udara terbaik dan terburuk (Selasa, 05/11/2019)

- Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas 38 emiten perkasa lambungkan LQ45 - Selasa (05/11/2019)

- Atap gedung SD di Pasuruan ambruk, guru dan murid tewas 24 emiten perkasa lambungkan JII - Selasa (05/11/2019)



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di