alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc1309d0577a96ee708b1db/beres-beres-rumah-yuk-perhatikan-4-hal-ini-supaya-lebih-efektif

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif

Beberes rumah nggak semudah yang dibayangkan. Pertama, pasti butuh waktu lama cuma buat ngumpulin motivasi dan menghilangkan rasa mager untuk mulai beres-beres. Kita juga harus siap meluangkan waktu, bahkan hingga seharian buat membereskan seisi rumah. 

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif
Salah satu hal yang juga harus siap dilakukan saat berberes adalah membuang barang-barang yang nggak diperlukan. Menyisihkan barang-barang yang nggak dipakai ini juga tentunya bukan hal yang mudah. Bener nggak? Seringkali kita ngerasa barang-barang kita sayang kalo dibuang. Ujung-ujungnya, semua barang kita simpan lagi ke tempat semula dan kita jadi nggak merasa ada perubahan setelah beres-beres.

Nah, supaya ritual menyingkirkan barang nggak terpakai jadi lebih efektif, ini dia nih 4 tips yang bisa Gan Sis lakukan:
 
1. Selesaikan satu ruangan dulu

Saat kita beres-beres, seringkali kita suka nggak fokus dan berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Padahal, ruangan yang pertama kita beresin aja belum bersih total. Kebiasaan membersihkan secara lompat-lompat ini bisa membuat proses berberes kita jadi lebih lama.

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif

Apalagi kalau di ruangan-ruangan tersebut ada kabinet atau lemari yang harus dibongkar satu per satu.  Keadaan ini bisa bikin rumah kita makin keliatan kaya kapal pecah, karena semua sudut jadi kelihatan makin berantakan dengan barang-barang yang berceceran. Suasana beres-beres pun jadi makin nggak nyaman.

Jadii, lebih baik tuntaskan dulu memilah-milah barang di satu ruangan, sebelum berpindah ke ruangan lain.
 

2. Sediakan boks untuk mengkategorikan barang

Supaya kegiatan memilah barang lebih efisien, Gan Sis harus siapkan minimal empat boks untuk menyimpan kategori barang berbeda.

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif

Misalnya nih, boks pertama untuk barang-barang yang masih diperlukan tapi nggak akan dipakai sehari-hari, seperti pakaian hangat, perlengkapan traveling, atau lampu darurat saat mati listrik, misalnya. Nah, boks berisi barang-barang seperti ini bisa Gan Sis simpan di tempat terpisah untuk sementara waktu, sampai diperlukan, supaya nggak menuh-menuhin ruangan.

Boks kedua bisa diperuntukkan bagi barang-barang yang akan disumbangkan, dan boks ketiga untuk barang yang bisa dijual lagi. Barang-barang yang masuk dalam dua boks ini adalah pakaian yang kekecilan, atau outdated, atau barang-barang elektronik yang udah nggak dipakai lagi.

Nah, barang-barang yang rusak dan udah nggak layak dijual atau disumbangkan bisa ditaruh di boks  keempat untuk disingkirkan atau didaur ulang.
 

3. Bedakan barang yang memang dibutuhkan dengan barang yang hanya memorable

Kesulitan dalam membuang barang seringkali datang dari kenangan-kenangan yang melekat sama barang tersebut. Ikatan emosional kita dengan suatu barang seringkali bikin kita nggak rela membuangnya atau memberikannya ke orang lain.

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif

Tapi, kalau setiap barang di rumah diperlakukan kaya gini, rumah kita nggak akan bisa beres dan barang-barang kita bakal terus menggunung. Jadi, sebelum Gan Sis memutuskan menyimpan kembali suatu barang, pikirin dulu baik-baik apa barang tersebut emang dibutuhkan, atau cuma sekedar kenang-kenangan aja.
 

4. Jangan simpan barang dengan alasan “buat jaga-jaga”

Beres-Beres Rumah, Yuk! Perhatikan 4 Hal ini Supaya Lebih Efektif

Alasan lain yang bikin kita sulit buat membuang barang adalah ungkapan “buat jaga-jaga, siapa tau perlu”. Padahal kenyataannya barang tersebut nggak pernah kita pake sampe udah berdebu. Kalau Gan Sis punya barang-barang yang seperti ini, lebih baik disingkirkan deh, supaya area penyimpanan nggak jadi sempit. Area yang lowong bisa digunakan buat menyimpan barang-barang lain yang memang digunakan sehari-hari.
 
Itu dia Gan Sis, beberapa tips-tips jitu supaya Gan Sis bisa membereskan rumah dengan lebih efektif. Intinya sih, jangan sayang-sayang sama barang yang memang udah nggak dipake. Lebih baik dikasih ke orang lain yang mungkin lebih butuh dari kita.


SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
rumah kek kapal pecah neh emoticon-Hammer2
profile-picture
panci.gosong memberi reputasi
kadang barang yang memorable tu yang bikin numpuk di rumah. mau dibuang tapi sayang wkwk emoticon-Betty
barang buat jaga jaga itu sering banget numpuk, siapa tau butuh di kemudian hari tapi kaga pernah kepake juga hahahha
rumah ane juga lumayan berantakan kalo ada anginnya baru ane beres². rumah kakak ane gede tapi sayang agak jorok bau eek kucing diluar/didalam rumah. penuh sama tumpukan yg ane gak tau,tapi org yg punya rumah gak masalah kenapa ane mesti masalah.
Lihat 1 balasan
Setuju dgn thread ini gan emoticon-Ngakak
Sangat membantuuu, thankss


Quote:


Mungkin dari agan sendiri termasuk org yg bersihan gan emoticon-Toast


Quote:


Langsung terapin trik trik yg ada di thread gan emoticon-Toast
Nice thread banget. Menginspirasi ane yang suka nyimpen barang hahahahaha

Entah kenapa dari kecil ane suka banget nyimpen barang entah karena bagus (padahal tanpa fungsi) dan juga karena memorinya 😂
Quote:


Engga juga yg penting enak dinpandang aja,rumahnya kalo kaya kapal pecah sapa juga yg betah,ye kan...
nice thread gan
sangat membantu 👌
profile-picture
siloh memberi reputasi
jangan lupa minyak sama korek api emoticon-Angkat Beer


Quote:


Iya gan. Bener juga sih, berarti lebih ke condong ke arah nyaman ya emoticon-Toast
emoticon-Leh Uga nih di coba, yg paling sering diterapin sih bersihin 1 ruangan dlu emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
kalo barang yang sudah tak terpakai biasanye di buang
Thread yang sangat membantu.. Terima kasih
profile-picture
mingming memberi reputasi
ane biasanya beresin dulu meja komputer ane... emoticon-Big Grin
wah keren tipsnya 😍😍😍
Sebaiknya diberesin sendiri ya gan dan jangan diserahkan kepada orang lain. Pernah nih nyokap bersih-bersih barang perkakas ane, dan yang menurut dia nggak berguna langsung saja dibuang ke tempat sampah, padahal barang tersebut begitu berguna buat ane emoticon-Hammer2
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
menurut ane rumah yang berantakan bikin mood jadi turun wkwkwk
yang memorable keknya agak susah buat dibuang sih menurut ane hmm
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di