alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc0fd2a4601cf624700794f/10-game-android-paling-populer-di-indonesia-dalam-satu-dekade-terakhir

10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir

Nampaknya perkembangan industri mobile gaming semakin pesat, hal ini karena semakin majunya teknologi ponsel pintar yang dapat menjalankan berbagai game dengan grafis setara konsol. Hal ini tak terlepas dari munculnya teknologi ponsel pintar yang pertama kali muncul pada 2007 oleh Apple lewat iPhone dan kemudian disusul oleh Android. Sejak awal kemunculannya, Android dan iOS mampu menaikan level gaming di perangkat mobile. Di Indonesia sendiri dalam satu dekade terakhir telah banyak game mobile yang datang silih berganti dan menjadi hype di kalangan para pecinta game. Nah gan, dari sekian banyak game mobile yang bermunculan berikut ini adalah 10 di antaranya yang paling populer di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

1. Angry Birds
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Inilah game mobile yang sangat populer di masa awal-awal munculnya ponsel pintar Android dan iOS. Angry Birds dirilis pertama kali pada 2009 untuk iOS dan 2010 untuk Android. Game ini mampu membuat orang menjadi adiktif untuk terus memainkannya hingga level terakhir. Mekanis gameplaynya masih sederhana, pemain hanya tinggal melemparkan burung-burung untuk menyelamatkan telurnya dari kawanan babi. Kesuksesan Angry Birds membuat Rovio Entertainment selaku developer merilis berbagai spin off dan sekuel. Di Indonesia Angr Birds sangat booming di awal 2010an.

2. Temple Run10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Merupakan pelopor game bergenre endless runner di perangkat mobile. Dirilis pada 2011, Temple Run mempunyai grafik yang cukup bagus saat itu dan hanya perangkat berspesifikasi tertentu yang mampu menjalankan game ini (kalau sekarang mah, Android murah juga bisa mainin emoticon-Big Grin). Temple Run yang dikembangkan oleh Imangi Studios ini mempunyai gameplay yang simpel. Para pemain harus berlari sejauh mungkin dari kejaran monyet iblis di kuil dan mencetak skor setinggi mungkin. Sekuelnya berjudul Temple Run 2 juga sangat populer saat itu.

3. Candy Crush Saga
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Nah, game ini juga sempat populer di awal-awal munculnya Android termasuk di Indonesia. Banyak orang memainkan Candy Crush Saga karena gameplaynya yang lumayan adiktif. Candy Crush Saga tergolong ke dalam permainan jenis "match three". Setiap level memiliki tampilan permainan yang dipenuhi oleh permen beraneka warna dengan berbagai rintangan. Langkah dasar permainan ini adalah menukar atau membalikkan posisi permen yang berdekatan secara vertikal atau horizontal untuk menciptakan barisan permen dengan tiga atau lebih warna yang sama.

4. Subway Surfer
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Sama seperti Temple Run, Subway Surfer juga bergenre endless runner alias lari tanpa henti untuk mencetak skor setinggi mungkin. Game ini dulu menjadi game yang "wajib" diinstal di setiap perangkat mobile. Gameplaynya sendiri hanya berlari di rel kereta api saat dikejar-kejar oleh petugas karena ketahuan mencoret-coret tembok dengan graffity. Permainan akan terhenti jika karakter tertabrak kereta atau menabrak rintangan lainnya.

5. Clash of Clans
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Boomingnya Clash of Clans alias CoC menandai perkembangan game mobile yang sudah bisa online dan berinteraksi dengan pemain lain. Game garapan Supercell ini sangat populer di dunia termasuk di Indonesia yang masa puncak ketenarannya terjadi pada 2013 hingga 2015. Pada saat itu perangkat Android sudah semakin terjangkau harganya sehingga banyak orang yang memainkan CoC bahkan di kampung-kampung sekalipun.

6. Lets get Rich
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Game ini sempat hype di Indonesia pada 2014-2015 sampai sempat ada iklannya di televisi. Ya kira-kira game ini seperti game monopoli tapi versi online dengan segala variasi dan modifikasi yang ditambahkan. Namun, popularitas Lets get Rich tidak berlangsung lama karena digantikan oleh yang lain.

7. Pokemon Go
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Inilah game yang hype tingkat tinggi pada 2016 yang lalu dan sempat membuat geger seluruh dunia. Pokemon Go sendiri sudah sangat ditunggu kehadirannya pada saat itu karena memungkinkan pemainnya untuk berburu Pokemon di dunia nyata berbekal teknologi di dalam smartphone. Pada saat pertama kali dirilis, banyak orang yang ramai-ramai keluar dari rumah untuk menangkap Pokemon, mengunjungi Pokestop dan bertanding untuk berebut Gym di berbagai lokasi tertentu. Namun Pokemon Go popularitasnya juga tidak berlangsung lama.

8. Mobile Legends
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Memuncaknya popularitas Mobile Legends di Indonesia bersamaan dengan semakin murahnya perangkat Android. Hype game ini pun semakin merajalela dan memperkenalkan genre MOBA ke masyarakat awam. Di sinilah bermunculan istilah aneh seperti mobalog. Mobile Legends mendapatkan saingan, Arena of Valor yang sebenarnya punya grafik yang lebih baik namun kalah dalam urusan jumlah pemain.

9. PUBG Mobile
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
PUBG versi PC sangat sukses dan populer ketika dirilis pada 2017 karena menawarkan sensasi bermain battle royale. Pada 2018 versi mobilenya pun dirilis oleh Tencent Games dan langsung mendapatkan sambutan yang luar biasa termasuk di Indonesia. PUBG Mobile memang memberikan pengalaman bermain yang khas apalagi jika mabar dengan teman-teman.

10. COD Mobile
10 Game Android Paling Populer di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir
Sebenarnya game FPS multiplayer di Android/iOS sudah ada sejak lama dan cukup banyak judulnya. Namun, ketika Call of Duty versi mobile dirilis, game FPS online langsung mendadak populer lagi. Tidak hanya menghadirian Team Death Match klasik, COD Mobile juga menawarkan mode battle royale sebagaimana tren game sekarang dengan ditambahkan berbagai fitur tersendiri. Saat ini popularitas COD Mobile di Indonesia tengah menyaingi PUBG Mobile dan Free Fire.

Satu lagi game yang hype di Indonesia dalam satu dekade terakhir, yaitu Free Fire emoticon-Big Grin. Ada yang mau nambahin gan? emoticon-Shakehand2

Quote:
profile-picture
profile-picture
krisnasp dan maskii22 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mad skills motocross 2
emoticon-Big Grin
game pencet pencet tai gan emoticon-Betty

Pou emoticon-Ultah
Line get rich masih main hingga sekarang , tapi suka bikin naik darah kalau main .. apalagi pas ikut event emoticon-Najis
aov gan
Maskulin berhenti main game semenjak maskulin tidak terkalahkan, Maskulin orangnya berjiwa kompetitif emoticon-Cool





Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut
game mobel skarang nuntut kita punya hp gg .. emoticon-Ngakak
kangen pokemon
Apa cuma ane yang ga pernah maen game di hp androidemoticon-Ngakak




Pernah sih 2-3 kali... Tapi cuma tahan sehari2, dah itu langsung hapus lagi.
ampe skarang masi setia maen coc
Legacy Of Discord gan banyak yg ngabisin sampe ratusan juta sekali event emoticon-Nohope
tua tapi candy crush bsa bikin ketagihan emoticon-Wink
Ludo King gan.. popular apalagi di bulan puasa 😁😁😁
apa daya hp ane gak ada game nya emoticon-Hammer2
Dan seiring dengan game2 di atas semakin populer, orang2 mulai berpaling dari game PC ke game mobile
Various games of chess
emoticon-Jempol


Quote:


Haha iya nih, kok ga dimasukin daftar emoticon-Ngakak


Quote:


Iya gan. Sepertinya terkesan lebih praktis kalo mobile


Quote:


Hahaha iya gan, seiring munculnya update2 baru emoticon-Toast


Quote:


Gapapa gan, yg penting tu ada pket internetnya emoticon-Ngakak
Mau pubg, atau cod menyerang.. ane tetap hago.. (^_^)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di