CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inovasi Motor Yamaha Dari Tahun Ke Tahun Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc02cee337f937374504a52/inovasi-motor-yamaha-dari-tahun-ke-tahun-part-1

Inovasi Motor Yamaha Dari Tahun Ke Tahun Part 1

Quote:

Inovasi Motor Yamaha Dari Tahun Ke Tahun Part 1
Semakin berkembangnya zaman, manusia menciptakan beragam kendaraan untuk menunjang kualitas hidup untuk membantu aktivitas sehari-hari. Karena hal tersebut, industri otomotif bersaing dalam memproduksi kendaraan sesuai fungsi dan permintaan pasar. Sepeda motor merupakan sebuah alat transportasi yang digunakan di berbagai kalangan mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan menengah ke atas.

Maka dari itu perusahan pabrikan yang kini didominasi beberapa merek di Indonesia berusaha menginovasi produk mereka dari tahun ke tahun. Tidak terkecuali pabrikan ternama Yamaha.

emoticon-Imlek
Dan berikut mari kita lihat tentang inovasi motor Yamaha dari tahun ke tahunpart 1 dibawah ini.
emoticon-Request
Berarti ada part 2 juga nanti ya om...???
emoticon-Salaman
Pasti part 2 akan kita buatin juga....
emoticon-Kaskus Banget
Keren nih om.......hehehehehe.....

Inovasi Motor Yamaha Dari Tahun Ke Tahun Part 1

1. RX King
Quote:
Bagi remaja yang baru beranjak dalam usia 20 tahunan ke bawah, RX King mungkin tidak ada artinya. Tapi bagi remaja yang mengenal sepeda motor pada tahun kisaran antara tahun 1980 hingga tahun 2000, maka sosok kuda besi ini sudah pasti sangat melekat dalam ingatan. Suara knalpot yang garing dan berisik, akselerasi yang sekejap hingga kumpulan asap putih yang mengebul dari buritan merupakan ciri khas dari motor satu ini yang membuat para anak muda banyak berminat pada masanya.


2. Force-1
Quote:
Motor yang dijadikan sebagai alat balap ini pada iklannya, membuat banyak para anak muda menginginkannya pada zaman eranya dulu. Motor ini diakui kencang dan memiliki suara yang berisik juga.


3. F1Z/F1Z-R
Quote:
Yamaha F1Z adalah motor dari Yamaha yang memiliki sistem pendingin pertama dari Yamaha. Pada tahun 1997, Yamaha meluncurkan versi R dari motor ini yaitu F1Z-R. Motor dengan desain paling sporty pada zamannya ini masih banyak berkeliaran di jalanan Indonesia hingga saat ini.


4. Crypton
Quote:
Jika agan sista anak tahun 80 samapai 90-an, pasti agan sista tahu awal kemunculan Yamaha Crypton. Yamaha Crypton merupakan motor bebek pertama dari Yamaha Indonesia dengan spesifikasi mesin 4 tak. Meski nyaris tanpa kelemahan, sayangnya dia hanya bertahan selama 2-3 tahun saja di Indonesia. Salah satu titik kegagalan Yamaha Crypton dalam penjualan adalah karena masalah kepercayaan masyarakat terhadap Yamaha yang masih rendah dan masih yakin dengan merek Honda waktu itu.

Saat itu Yamaha mempunyai julukan sang ahli mesin 2 tak yang kencang tapi terkenal sangat boros. Julukan tersebut secara langsung menjadi sandungan bagi Yamaha dan membuat konsumen meragukan kualitas akan motor 4 tak produksi Yamaha ini. Jadi kegagalan penjualan Yamaha Crypton bukan karena mutu yang buruk ya gansis, tapi karena kepercayaan masyarakat yang belum terbangun saja saat itu.


5. Vega
Quote:
Dibekali dengan mesin 4 tak 102cc, Yamaha mengambil garis desain keturunan dari jagoan balap tanah air dahulunya yaitu Yamaha F1ZR. Namun sepertinya kehadirannya belum bisa berbuat banyak untuk mendongkrak penjualan Yamaha pada waktu itu yang masih bersaing ketat dengan Suzuki untuk memperebutkan posisi kedua di bawah Honda yang nyaris tidak terkejar.


6. Jupiter
Quote:
Pertama diluncurkan pada tahun 2001, Jupiter merupakan revolusi transformasi dari Yamaha Vega keluaran pertama. Di desain untuk menyalurkan hobi ngebut, Jupiter mampu bertanding dan mengalahkan motor-motor sekelas pada zamannya.


7.Scorpio
Quote:
Motor ini digadang-gadang menjadi generasi penerus RX King yang terbilang cukup diminati di tanah air. Penyesuaian bentuk dan tipe suspensi disesuaikan dengan media trek yang ada di Indonesia. Yamaha Scorpio disebut-sebut sengaja dibuat untuk menandingi keperkasaan Honda Tiger dan Suzuki Thunder di kelas port premium lokal pada saat itu.


8. Nouvo
Quote:
Pada perilisan awal sekitar tahun 2002, Yamaha membuat dobrakan besar di tanah air. Yamaha memperkenalkan Nouvo yaitu merupakan sepeda motor transmisi otomatis pertama yang hadir di Indonesia. Mengusung tema perpaduan antara matic dan skutik, Nouvo masih di nilai dan anti mainstream pada saat itu. Fenomena motor bebek masih sangat kental di masyarakat. Sehingga Yamaha Nouvo masih sepi peminat pada saat itu.


9. Jupiter Z
Quote:
Akhiran huruf Z pada generasi kedua Yamaha Jupiter ini dibarengi dengan beberapa inovasi di bagian mesin. Yamaha memasukkan sistem pendingin piston pada Jupiter Z generasi ini yang belum ada pada motor generasi sebelumnya. Tidak terlihat banyak perbedaan dari generasi sebelumnya pada tampilan fisik. Hanya pembaruan stripping dan penambahan huruf Z saja tentunya.


10. Vega R
Quote:
Nama Vega seolah-olah tenggelam ditelan oleh waktu. Barulah pada sekitar tahun 2003, nama Vega kembali terangkat dengan akhiran R menjadi Vega R yang ternyata merupakan inovasi dari Vega generasi sebelumnya. Imbasnya, banyak pengguna Vega lama yang mengeluh karena harga jualnya yang terjun bebas.


11. Mio
Quote:
Dirilis sekitar tahun 2003, Yamaha Mio memasang slogan mengerti wanita. Memiliki desain bodi yang ramping dan ringan membuat banyak wanita akhirnya berani mengaspal. Namun pada kenyatannya, banyak juga kaum lelaki yang tertarik menggunakannya karena transmisi otomatis yang dikenal lebih praktis. Pada tahun 2008 Yamaha Mio mengalami sedikit perubahan pada bagian lampu sein depan. Dengan penambahan lampu tengah diantara kedua lampu sein depan. Sehingga tampak seperti lekukan senyum. Yang akhirnya hingga saat ini orang menyebutnya dengan panggilan Mio smile.


12. Nouvo Z
Quote:
Tak ingin menyerah dan yakin akan prosfek perkembangan motor matic di tanah air, Yamaha merilis seri kedua dari Nouvo. Seperti biasa, lagi-lagi Yamaha menambahkan akhiran huruf Z pada merek produknya. Dan terbukti berbuah manis. Dengan desain yang lebih garang, Yamaha membelah lampu depan Nouvo generasi sebelumnya menjadi dua pada Nouvo Z. Serta mengubah bentuk lampu belakang dan stripping menjadi lebih tajam dan modern. Hingga membuat Nouvo Z akhirnya berhasil diterima di masyarakat.


13. Jupiter MX
Quote:
Yamaha Jupiter MX membawa standar baru sebuah motor bebek pada saat itu. Menggunakan mesin dengan kapasitas 135cc, kepala silinder 4 katup yang berpendingin cairan dan di dukung dengan suspensi belakang monoshock, Jupiter MX lahir sebagai bebek super. Kehadiran Jupiter MX sangatlah di tunggu-tunggu dan menua begitu banyak tanggapan positif. Lekukan bodi yang sporti dan tajam menjadikannya bintang pada zamannya. Berbagai standar baru diterapkan pada motor yang membawa semangat baru bagi Yamaha ini.


14. New Jupiter Z
Quote:
Melihat prospek yang cerah, Yamaha pun terus berupaya untuk melakukan berbagai inovasi untuk produknya. Yamaha New Jupiter Z kali ini di klaim lebih irit dan lebih bertenaga. Serta memiliki power yang panjang di trek lurus dari pada motor generasi sebelumnya. Jupiter Z dengan nama panggilan Jupiter Burhan alias Burung Hantu ini menjadi generasi penerus ketiga dari merek Jupiter. Banyak orang memanggilnya sebagai Burhan karena bentuk kaca lampu kepala atau utamanya yang mirip dengan tampilan mata Burung Hantu.


15. New Vega R
Quote:
Pada sekitar tahun 2006, Yamaha merilis New Vega R yang berbasis mesin Jupiter Z. Dengan desain yang lebih modern dari pada Vega R sebelumnya.


16. Scorpio Z
Quote:
Akhiran huruf Z pada produk-produk sepeda motor keluaran Yamaha ini nampaknya menjadi sebuah ritual penting bagi Yamaha dalam teknik memasarkan produk keluaran terbaru ataupun revolusi motor terbaru dari motor generasi sebelumnya. Ya Scorpio Z merupakan generasi kedua dari Yamaha Scorpio. Tidak hanya menambahkan huruf Z, namun Scorpio mengalami beberapa perubahan pada desain dan lampu depan. Walaupun tidak banyak perubahan yang dilakukan pada bagian mesin, penjualan Yamaha Scorpio Z meningkat 40% dari generasi sebelumnya.


17. Mio Soul
Quote:
Pada sekitar tahun 2007, Yamaha merilis tipe Mio yang lebih maco dari sebelumnya, yaitu Mio Soul. Memiliki desain bodi yang lebih besar serta memindahkan lampu depan kebagian kap, menjadikan merek Yamaha sebagai raja motor matic tanah air pada saat itu.


18. V-ixion
Quote:
Di awal kemunculannya, Yamaha V-ixion menjadi penantang serius di segmen sport 150cc yang saat itu di kuasai oleh Honda Megapro. Tidak hanya teknologi mesin, mesin Yamaha V-ixion juga menawarkan sebuah kebaruan di segmen sport 150cc. Dengan memadukan konsep klasik dan modern, V-ixion mampu menyabat Indonesian Best Brand Award atau disingkat IBBA seperti yang dibilang oleh gilamotor.


19. Vega ZR
Quote:
Meningkatkan kubikasi mesin dari sebelumnya 110 ke 115cc dan memboyong dua lampu sein ke kap depan, menjadikan Yamaha Vega ZR sebagai motor yang banjir peminat pada saat itu.

●●●○○○○●●●

Nah.. itu dia gansis inovasi motor Yamaha dari masa ke masa bagian pertama. Terimakasih dan jangan lupa mampir juga di thread inovasi motor Yamaha dari tahun ke tahun part 2ya gansis.

Spoiler for thread otomotif lainnya:

Inovasi Motor Yamaha Dari Tahun Ke Tahun Part 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Halaman 1 dari 2
profile-picture
apidrury memberi reputasi
Pertamax
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Yah, nggak ada Yatuma a.k.a. Yamana Tujuh Lima....
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
yamaha emang keren
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Quote:


Keren ya emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Ngacir
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Quote:


emoticon-Recommended Seller
Quote:


hahahha
Quote:


sekeren agan pablooemoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Kaskus Banget
Quote:


Quote:


Mari kita gasss emoticon-Ngacir
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Quote:


tarik mas.....
rx king good
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Tetep juliter z boy
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Yamaha buat ane 2 stroke manteb, 4 stroke kek ada yang hilang. Yamaha Alfa tetap dihati.
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Quote:


yoi mas....
Quote:


yoi boy
Quote:


alfa scorpiemoticon-Salaman
mantab bosku
request yg Suzuki dong, sempat merajalela dengan Shogun tapi knp sekarang di Indonesia dealernya pada tutup semua
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
MX sih yg kerasa banget gebrakan sama hype di masyarakatnya
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Quote:


hahahhaha... oke ganku siap. Jangan lupa follow kita
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di