alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Biar Ngefek untuk Kesehatan, Ternyata Begini Lho 7 Cara Jalan Kaki yang Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbfa441f4d6954e4410fd6d/biar-ngefek-untuk-kesehatan-ternyata-begini-lho-7-cara-jalan-kaki-yang-benar

Biar Ngefek untuk Kesehatan, Ternyata Begini Lho 7 Cara Jalan Kaki yang Benar


Biar Ngefek untuk Kesehatan, Ternyata Begini Lho 7 Cara Jalan Kaki yang Benar

Ilustrasi (Foto: Wikihow)

MINEWS, JAKARTA – Sedari dulu banyak ahli atau pakar yang menyebutkan jika jalan kaki adalah salah satu latihan fisik yang bermanfaat besar bagi kesehatan.

Hal tersebut benar adanya lho gaes. Tak hanya kesehatan fisik, jalan kaki juga bermanfaat baik untuk kesehatan mental seseorang. Jalan kaki bisa memperbaiki suasana hati hingga membantu mengatasi depresi.


Bahkan sejumlah penelitian membuktikan bahwa tingkat obesitas di negara-negara yang penduduknya terbiasa berjalan kaki lebih renda daripada negara-negara yang penduduknya terbiasa mengandalkan sarana transportasi.


Nah, jadi dengan kata lain jalan kaki itu bisa membuat hidup jadi lebih sehat dan bahagia lho gaes. Tapi, supaya jalan kaki yang dilakukan benar-benar memberikan efek bagi kesehatan fisik dan mental, maka lakukanlah jalan kaki dengan cara yang baik dan benar. Seperti apa cara jalan kaki yang baik dan benar? Dikutip dari id.wikihow.com, berikut 7 caranya.


1. Biasakan berjalan dengan tubuh tegak


Biasakan jalan kaki dengan punggung tegak dan mengangkat dagu agar sejajar dengan lantai. Dengan menjaga postur ini selama berjalan, kamu bisa leluasa bernapas sebab tulang punggung tetap lurus sehingga tak menekan diafragma.


2. Gunakan otot betis, paha belakang, dan kuadrisep agar bisa berjalan dengan baik


Gerakan berjalan yang efektif itu melibatkan hampir semua otot tungkai, bukan hanya satu. Biasakan melangkah dengan gerakan menggulung telapak kaki, yaitu mengangkat telapak kaki dimulai dari tumit sampai ke jari-jari kaki dengan arah lurus ke depan. Cara ini akan mengaktifkan otot betis sehingga telapak kaki membentuk sudut yang tepat saat terangkat dari lantai setiap kali kamu melangkah.


3. Tariklah kedua bahu sedikit ke belakang, tetapi biarkan tetap rileks


Melakukan postur ini sambil menegakkan punggung dan mengangkat dagu akan mencegah ketegangan di punggung dan menghindari terjadinya cedera. Selain itu, cara ini membantu kamu membentuk kebiasaan berjalan yang baik sehingga tubuhmu tidak bungkuk yang cenderung menimbulkan nyeri dan ketegangan bahu.


4. Ayunkan lengan selama berjalan


Berjalan sambil mengayunkan lengan membantu kamu melangkah lebih lebar dengan energi metabolik yang sama besarnya seperti jika kamu tidak mengayunkan lengan. Penelitian membuktikan bahwa cara ini bisa meningkatkan efisiensi dari setiap langkah kaki.


5. Mulailah berjalan dengan melakukan pemanasan sambil mengatur kecepatan


Selama beberapa menit pertama, aturlah kecepatan berjalan yang nyaman sebagai pemanasan.


6. Setelah melakukan pemanasan, tingkatkan kecepatan berjalan sampai intensitas sedang


Setelah kamu merasa nyaman, tingkatkan lagi kecepatan sampai 70-80% dari kecepatan maksimal. Jagalah postur tubuhmu saat menambah kecepatan. Jika sudah semakin cepat, napas akan mulai terasa berat, tetapi jangan sampai terengah-engah ya.


7. Lakukan pendinginan setelah selesai berjalan


Sesi pendinginan setelah berjalan dengan intensitas tinggi adalah cara mengembalikan irama detak jantung secara bertahap (tidak mendadak) agar tubuhmu terasa lebih nyaman.


Sumber : 





×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di