alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gerindra Incar Jabatan Kepala BIN?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbfa27309b5ca1e853ac9be/gerindra-incar-jabatan-kepala-bin

Gerindra Incar Jabatan Kepala BIN?

Setelah jabatan menteri dan wakil menteri telah “terbagi” ke partai koalisi – termasuk Gerindra – kini perdebatan muncul terkait posisi Kepala BIN. Pasalnya, beberapa kelompok relawan Jokowi mulai menyodorkan nama yang menurut mereka layak untuk mengganti Budi Gunawan yang telah menjadi Kepala BIN sejak 2016 lalu itu. Nyatanya, posisi ini juga disebut-sebut diincar oleh Partai Gerindra. Beberapa politikus partai tersebut bahkan sudah mulai melempar nama yang dianggap layak untuk posisi tersebut.

Setelah perebutan kursi menteri menjadi tajuk utama pemberitaan beberapa waktu terakhir, kini isu yang mencuat adalah terkait perebutan kursi pimpinan lembaga Badan Intelijen Negara (BIN). Di beberapa media diberitakan muncul dorongan dari beberapa kelompok, misalnya dari relawan Jokowi untuk mendorong tokoh tertentu menjadi calon Kepala BIN yang baru.

Sebagai catatan, pada saat pergantian kabinet, posisi Kepala BIN yang kini dijabat oleh Budi Gunawan (BG) memang tidak diganggu gugat. Jabatan ini memang setara dengan menteri dan pergantiannya memang sering kali terjadi tidak bersamaan dengan penunjukan kabinet baru.
Adapun sosok yang disodorkan oleh para relawan Jokowi yang tergabung dalam Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) adalah Suhendra Hadikuntono. Pencalonanya juga sempat diwacanakan oleh beberapa pihak dan dianggap bisa menjadi cara Jokowi untuk mengurangi status “kesangaran” kabinet baru yang berisi banyak sosok militer.

Tentu saja nama ini cukup asing bagi publik. Satu di antara hanya sedikit pemberitaan tentangnya adalah ketika ia menjadi Ketua Komite Penyelamat Sepakbola Nasional (KSPN). Suhendra juga tak banyak muncul ke permukaan, katakanlah dalam konteks publisitas pemberitaan.

Namun, kiprahnya sempat disebut ketika beberapa hari lalu ia berangkat ke Aceh dan membawa misi “menenangkan” situasi di wilayah tersebut yang sempat memanas setelah muncul pemanggilan terhadap mantan Panglima GAM Muzakir Manaf oleh Komnas HAM.

Aksi “menenangkan” ini disebut menjadi kontribusi besar karena pemanggilan Muzakir Manaf sempat melahirkan ketegangan, di mana mantan anggota-anggota GAM sempat berniat untuk kembali angkat senjata.

Menariknya, selain kelompok relawan Jokowi, terbersit pula narasi bahwa Partai Gerindra – yang kini telah menjadi bagian dari pemerintahan Presiden Jokowi – juga mengincar posisi di pucuk BIN tersebut. Hal ini salah satunya disampaikan oleh politikus Partai Gerindra Iwan Sumule.

Ia bahkan menyebutkan nama Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon yang menurutnya layak untuk posisi tersebut. Sufmi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI disebutnya dekat dengan mantan Danjen Kopassus Muchdi PR dan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono.


Ia juga disebut punya wawasan, pengalaman dan pengetahuan di bidang intelijen yang dianggap akan sangat menunjang jika diberikan kursi untuk memimpin lembaga tersebut.

Pernyataan ini tentu menarik, mengingat posisi Kepala BIN adalah salah satu jabatan strategis dengan kewenangan yang besar pula. Kini jabatan tersebut dikuasai oleh BG – sosok yang disebut-sebut dekat dengan PDIP dan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Pertanyaannya adalah apakah jabatan itu rela untuk diberikan pada tokoh yang diusung oleh relawan Jokowi atau bahkan untuk Gerindra?


Selengkapnya dalam artikel "Gerindra Incar Jabatan Kepala BIN?" di pinterpolitik.com


Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik

Kalo Gerindra incar Kepala BIN, yang sekarang dikemanain? Dewan Pengawas KPK kah?
sudah deh , saut situmorang aja , mantan orang BIN juga , teruji di KPK


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di