alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf99858d94d07b4509bbf3/aneka-gorengan-legendaris-di-purwokerto

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ketupat sampai ampas tahu bisa jadi gorengan nikmat

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Jumpa lagi gansis, cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis.

Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.

1. Mendoan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ini sudah jadi trademarknya Purwokerto dan kota seBanyumas. Tempe tipis yang digoreng dengan campuran tepung terigu, bumbu dan daun bawang.
Semua yang pernah tinggal di Purwokerto pasti deh pernah makan gorengan satu ini. Bahkan anak rantau yang tinggal di Purwokerto banyak yang menyukai dan terkesan gorengan ini.


2. Getuk goreng

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Getuk merupakan olahan dari singkong yang diberi gula jawa/gula merah sehingga terasa manis. Sebenarnya konon asal mula getuk goreng dari Sokaraja, sebuah kota di sebelah Purwokerto. Namun banyak pula ditemui di Purwokerto.varian dari Getuk goreng ini sekarang sudah bermacam-macam. Selain rasa original adapula rasa lain seperti, durian, coklat, nangka, nanas dan rasa lainnya.


3. Jalabia

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dari bentuknya jalabia mirip dengan donat. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang dibuat bulat dengan lubang di tengah. Seperti donat untuk memasaknya digoreng sampai mengambang yang menandakan jalabia tersebut sudah matang. Rasanya gurih cocok untuk teman minum kopi atau teh.


4. Tomplo

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasa disebut juga templek, dibuat dari sisa pembuatan tahu (ranjem). Ranjem dibulat-bulat dicampur bumbu pedas lalu digoreng dengan tepung. Mungkin gansis ngga yakin dengan bahannya tapi soal rasa, enak dan gurih apalagi dimakan saat hangat.


5. Combro

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Makanan ini dibuat dari singkong yg diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Dibentuk bulat lonjong dan diisi dengan sambal oncom pedas lalu digoreng garing.


6. Dage

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Pembuatan dage mirip dengan mendoan hanya bahan dasarnya adalah bungkil kelapa, beda dengan tempe bongkrek ya. warnanya juga hitam. Tidak segurih mendoan tapi banyak penggemar dage, termasuk ane


8. Penjorangan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasanya ketupat dijadikan campuran opor atau soto sebagai pengganti nasi. Namun disini kupat jadi camilan yang disukai. Ketupat diiris-iris lalu dicelupkan tepung terigu dan digoreng. Tepungnya kasih bumbu dulu biar rasanya gurih ya.


9. Kampel

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dalam bahasa jawa kampel mempunyai arti pelukan. Kenapa pelukan? Ternyata kampel adalah perpaduan ketupat dan dage atau tempe yang ditempel jadi satu dengan sambal di bagian tengah, lalu dibalur tepung dan digoreng.
Buat ane ini makanan terpraktis dan enak, ada gorengan dan ketupat dalam satu tangkupan. Satu biji aja udah kenyang gansis.

Demikian beberapa gorengan yang bisa gansis temui di daerah Purwokerto sekitarnya.
Adalah beberapa dari gorengan tersebut yang jadi favorite gansis?

Untuk yang belum pernah mencoba bisa dicicipi saat datang kemari, ane traktir deh. 😊

Terimaksih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Link foto : header
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
Halaman 1 dari 2
makan gorengan harus dibarengi banyak air putih.
cendol dan bintang 5 untukmu
penjorangan banget kiye.. nyong rung tau njajal

emoticon-Ngakak


Ranjem pedes-manis-asin wis suwe ra maem,

kampel nyong nembe ngerti rung suwe pas dolan cilongok, pas weruh tek ileng2, nembe weruh, nng nggonku g ada, tp kta suamiku pas jaman kecilnya kl sd jajannya kampel
emoticon-Ngakak ,

Kl bungkil yg digoreng warnane coklat-item, bentuke bunder pipih kayak kemplang, rasane pedes-asin-manis jenenge apa ndri?
Diubah oleh tinwin.f7
enak semuanya
Quote:


Lope-lope lah 😘

Quote:


Mantep maem kampel praktis. Burger van java, wkwkwk
Embuh kue angger bungkil. Ra paham aku

Quote:


Wah ... orang mana inih gan? Udah semua, jangan2 kite sekampung?
emoticon-Ngakak
Diubah oleh Indriaandrian
mendoan mantab niih. jadi kangen mendoan atep dijual deket sekolah ane duluu.
Quote:


Apalagi musin ujan gini makan mendoan anget pas banget ya gan.
Btw jaman sekolah pernah bayar 2 ambil 3 engga tuh?😁
Quote:


Wah iyaaa manteb banget gannn sambil nyore di teras makannya mendoan wkw
Alhamdulillah gapernah gan, gaberani ane buat boong gitu hehehe
Quote:


Quote:


Cakepp ... alhamdulillah mendoannya dimakan berkah 😄👍
kangen gethuk goreng & kampel 😋
Jadi getuk gorengnya gak bener bener digoreng? cumq namanya aja getuk goreng gitu?
Lihat 1 balasan
Getuk Sokaraja aku suka, 🤭🤭🤭🤭
Pas kerja di Purwokerto dulu sering bawa oleh2 itu 🤭🤭🤭🤭
Quote:


Kesini dunk, kita makan bareng 😊

Quote:


Beneran di goreng sis. Getuknya di goreng jadi lebih tahan lama

Quote:


Rasanya enak khan bang? Sy suka yg ori
profile-picture
adnanami memberi reputasi
mendoan purwokerto setengah mateng juarakkk sihh!!! ane suka bangeeet. duh jadi ngiler kan aneee
Balasan post adnanami
kayanya bener digoreng yahh gaan? CMIIW..
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Aslinya emg yg masih klemer gitu, ngga sampai kering gorengnya.
Maknyuss yow 😄

Quote:


Beneran digoreng kok 😁
Lihat 1 balasan
Quote:


smuanya suka kecuali getuk goreng emoticon-Cape d...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Mendoannya Legend, katanya ...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Balasan post Indriaandrian
iyaaa gan yang klemar klemer enduuul, tapi harus langsung dimakan kalo ga letoyyy taar
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
mendoan dong emoticon-Genit

#timmendoan
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di