alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah Suhendri, Kakek 78 Tahun Menolak Rp 10 Miliar Demi Jaga Hutan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf794b2525c3249a1955ae/kisah-suhendri-kakek-78-tahun-menolak-rp-10-miliar-demi-jaga-hutan

Kisah Suhendri, Kakek 78 Tahun Menolak Rp 10 Miliar Demi Jaga Hutan

Kisah Suhendri, Kakek 78 Tahun Menolak Rp 10 Miliar Demi Jaga Hutan

KOMPAS.com - Senyum lebar Suhendri menyapa Kompas.com saat pertama kali bertemu kakek 78 tahun ini, Kamis (31/10/2019). Ia langsung menyalami sambil mempersilakan kami untuk duduk di sebuah bangku kayu reot tepat di bawah pohon rindang. Senyumnya tak berhenti, memperlihatkan kakek satu ini memang begitu ramah terhadap siapapun yang ditemuinya. 

Suhendri, pria yang begitu berjasa membuat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, masih bisa menghirup udara segar. Di balik kesederhanaannya, siapa sangka suami dari Junarsa (80) ini telah menanam pohon yang kini menjadi hutan di tengah Kota Tenggarong, ibu kota Kabupaten Kukar. Hingga kini Suhendri tetap mempertahankan hutan buatannya.

 Suhendri mengaku pernah ditawari Rp 10 miliar oleh seorang pembeli agar menjual tanah 1,5 hektar itu. Namun, ia kukuh tak ingin menjualnya.  

 Komitmen itu tetap ia pegang hingga saat ini. Banyak investor menawar membeli lahan seluas 1.5 hektar untuk dijadikan perumahan.  “Banyak yang datang mau beli, tapi saya tidak mau. Apalagi mau bikin perumahan, saya tidak mau, lingkungan rusak," ungkap Suhendri saat berbincang dengan di kediamannya, Kompas.com, Kamis (31/10/2019). Lahan seluas 1,5 hektar itu ia beli dengan harga Rp 100.000 tahun 1979. Kala itu ia membeli untuk bertani.


Konsep pertanian yang diterapkan bernama agroforestri, menggabungkan pepohonan dengan tanaman pertanian. Kini pohon yang ia tanam pada 1986 silam sudah tinggi menjulang membentuk hutan dalam kota. Awalnya, ia menanami komoditas pertanian seperti lombok, sayuran juga buah-buahan.

 Tahun 1986 ia mulai tanam (pohon) kayu setelah mendapat bibit dari Bogor, Jawa Barat. Ada 1.000 bibit kayu damar, meranti, kapur, pinus, kayuputih, ulin, dan sengon. Kini hutan ini memberi udara segar bagi warga Kota Tenggarong. Kakek dua anak ini menginjak tanah Kalimantan Timur pertama kali pada 1971. Saat itu ia ikut membangun asrama milik perusahaan kayu. Saat itu juga sedang marak-maraknya bisnis kayu. Dia menyaksikan kayu ditebang, berhektar-hektar hutan gundul tanpa sisa. 

"Dari situ muncul motivasi. Saya akan merawat hutan. Saya kemudian beralih jadi petani tapi garap lahan orang lain," ujar dia. Diusir Suhendri mengatakan, pengalamannya sebagai petani saat itu pernah diusir pemilik lahan. Diminta tak lagi menggarap lahan karena kesuksesannya membangun pertanian. “Saya sempat diusir karena hasil tanaman saya banyak.

 Ibu menjual hasil pertanian di pasar,  saya dikeluh orang sekitar minta pemilik lahan usir. Zaman dulu banyak yang masih kebun berpindah-pindah, saya sendiri yang bertani tetap,” ujar Suhendri.

Akhirnya ia memilih membeli lahan sendiri. Itu pun membayar dengan menyicil hingga lunas. Setelah lunas ia kembali mencicil lahan seluas satu hektar terpisah, tapi lokasi berdekatan. Kini ia memiliki dua lahan. Dua-duanya dijadikan hutan. Penelitian mahasiswa Kini hutan tengah kota ini jadi tempat penelitian mahasiswa. 

Banyak dikunjungi orang, bahkan hutan tengah kota ini pernah menjadi lokasi penelitian skripsi mahasiswa asal Jepang. Suhendri juga sering mendapat penghargaan dari berbagai pihak karena hutannya. Kini Suhendri bersama  Junarsa bermukim di tepi hutan miliknya. Menjaga hutan yang telah ia pagari keliling menggunakan kayu. “Saya tidak jual. Saya harap ada orang yang bisa melanjutkan merawat hutan ini meski pun bukan keluarga saya,” harap Suhendri.

"Saya menyiapkan oksigen bagi masyarakat di kota ini," ujar Suhendri menambahkan.

https://regional.kompas.com/read/201...a-hutan?page=3

ditengah jaman materialistis dimana orang dimuliakan berdasarkan banyaknya jumlah rupiah atau dollar yang dimiliki, masih ada orang yang memilih hidup bersahaja demi alam, demi sesama dan demi masa depan anak cucu 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Kakek maunya 500M nak emoticon-Cool


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khloekarmike
Luar biasa Kakek Suhendri, demi kelestarian lingkungan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
sungguh mulia sekali

menyediakan oksigen bagi warga sekitar

tdk bisa dibayar dengan uang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Tunggu anaknya nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mantap tuk emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan h.ariel memberi reputasi
Balasan post SyncMaster753
Quote:


Ane kasih oksigen buatan ke cewek cakep plus ane kasih duit itu cewek... Berarti ane mulia juga dong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 3 lainnya memberi reputasi
Orang berkecukupan dan dah sepuh mana mau duit. Enak liatin pohon dah bikin hati adem. Dapet duit malah pikiran kagak tenang ntar berabe.

Terus nikmatin aja hasil luar biasa dari yang bapak lakukan selama ini.


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Woiii SF NL kelewatan beberapa pengkolan. Anak NL kudu make passport komen di mari.


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
liamichelia dan otonggelem memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kakek nya itu mungkin ingin minta 10 T

Sikap seperti ini nih yang harusnya dimiliki oleh para pejabat di indo. Tapi jangan ngarep lah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 4 lainnya memberi reputasi
Balasan post aquatrium
Quote:


passportnya spoiler gambar genit ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

betul buat beli lahan ratusan hektar dan dijadikan hutan lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kampakganesha dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga anaknya jadi org kaya,
shg gak perlu jual hutan bapaknya, nanti...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kampakganesha dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Diumur senja ya mending udh mulai mikirin akherat dpt 10 M terus tau tau stroke, kena kanker otak buat apa. Uangnya hasil zalimi banyak orang dimakan anak cucu jg tdk berkah.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nowbitool memberi reputasi
Saya menyiapkan oksigen bagi masyarakat di kota ini," ujar Suhendri menambahkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaizal dan 2 lainnya memberi reputasi
Salut, sehat selalu mbah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kojojotojo dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post SyncMaster753
@otonggelem
mulia vroh
apalagi ente menafkahi 4 wanita..
profile-picture
profile-picture
donatelo27 dan kakekane.cell memberi reputasi
Salut untuk kakek..
Mdh2an ntar ga dijual ya ma anak cucunya..emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post aquatrium
Harus pakai ayat kapling surga baru mau mungkin. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yumikaze007 dan 2 lainnya memberi reputasi
hasil kerja puluhan tahun cuma dinilai 10M??

itu kakek bisa mikir kok, disangka goblok sama pengembang emoticon-Big Grin

udah gitu luasnya juga lumayan 1,5 hektar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di