KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf5e9a9a972e301921ef3f/menag-fachrul-razi-serukan-berdoa-pakai-bahasa-indonesia-di-masjid

Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

Jakarta - MENTERI Agama (Menag) Fachrul Razi menyerukan imam-imam di masjid untuk memanjatkan doa menggunakan Bahasa Indonesia. Sebab menurutnya tidak semua umat Islam bisa bahasa Arab.

“Dalam berdoa gunakan juga bahasa Indonesia agar umat dan masyarakat mengerti, karena tidak semua umat, warga bangsa ini mengerti bahasa Arab,” ujar Fachrul Razi.

Hal itu ia sampaikan ketika membuka Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid, di suatu hotel di Manggadua, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag pada Kamis (31/10/2019).

Fachrul Razi mengatakan doa memakai bahasa Arab tetap dipertahankan namun doa menggunakan Bahasa Indonesia bisa disisipkan saat memberi khutbah.

Lebih lanjut Kemenag dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan untuk menambah pengalaman, keilmuan dan wawasan para imam masjid di Indonesia, agar terus dapat memberikan syiar dan dakwah rahmatan lil alamin kepada masyarakat.

“Para imam juga harus ditanamkan nilai-nilai Pancasila yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu tentunya penguasaan keislaman,” ucap Fachrul Razi.

“Dalam waktu dekat kita akan membuat pelatihan-pelatihan para imam masjid, yang bekerjasama dengan ormas-ormas seperti Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah dan ormas lainnya,” katanya.

https://muslim.okezone.com/amp/2019/...-masjid?page=2

Bahasa indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Quote:


Cebong cuma lulusan sd ngaku cerdas. emoticon-Big Grin
Wong ditipu pencitraan murahan masuk gorong2 aja manggut2 sudi jadi umat jokowiemoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Quote:


Iya aja deh, buang2 energi aja berdebat sama manusia ber iq standar pasien rsj yg pengetahuannya cuma dari kitab usang sama buku dan sistus cocokmologi.
Orang yg cerdas pasti bisa menilai betapa konyolnya argumen lu diatas.
Gak ada yg perlu di counter lagi.
Diubah oleh xrx1
Balasan post djoekondelongop
Quote:


Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

siapa pret ehhh ... presiden. emoticon-Christmas
Quote:


Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

Mewek yang kenceng bong. emoticon-Big Grin
Banci modelan kalian silahkan garang di kaskus aja. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post djoekondelongop
Quote:



Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid



nah betul kan .

kalah otak, oto bertindak.

dasar kaum bar bar. emoticon-Belgia
Diubah oleh kadalgurun19
Quote:


Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

Percuma ngeladenin cebong dungu sekolam pakai otak. emoticon-Big Grin
Buat sadarin kedunguan cebong harus ditampol pala kosongnya biar bisa berfikir waras seperti orang normal lainnya. emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post djoekondelongop
Quote:



kalah otak, otot bertindak.

ciri khas kaum bar bar. emoticon-Belgia
Quote:

kowe aja kali . . . ngarang tanpa bukti tanpa logika . . .
kayak isi postingan kowe . . . fiktif . . .
lebih bersifat halusinasi . . . kebenarannya nggak bisa dibuktikan . . . baik dengan logika ilmiah . . .
maupun dengan fakta . . .
defenisi teori aja kagak ngerti . . . gimana mau berlogika dengan benar . . .

kalo masalah bukti sejarah . . . peninggalan . . .
yang mau kowe jadiin bukti keberadaan sesuatu . . .
maka bisa disimpulkan kowe adalah turunan setan . . .
karena tidak ada bukti apa pun tentang keberadaan buyut kowe . . .

nggak ada bukti . . . bukan berarti nggak ada . . .
selagi masih bisa diterima logika yang terstruktur . . .
maka keberadaannya bisa diakui . . .

contoh . . .
Agama parmalim di Sumatra Utara . . . tidak memakan babi

Quote:

lah kan udah jelas . . . pakaian tradisonal mereka . . . seperti menutup aurat . . .

kalo alasan kowe karena pengaruh dingin . . .
tentunya mereka juga punya pakaian tradisonal yang membuka aurat . . .
sesuai kondisi cuaca . . .

Quote:

Jangan salah . . di Old Testament juga . . . ada yang disebut pilgrim . . .

denial kowe terlalu memaksakan logika absurd . . .
bahwa harus ada kesamaan kalo bersumber dari satu sumber . . .
benar benar logika buta dan tolol . . .
padahal kehidupan manusia mengalami perkembangan . . .
sesuai dengan perubahan yang terjadi pada lingkungan hidup manusia . . .

Islam sendiri sudah menyebutkan . . .
tiap tiap kaum diutus nabi dari kalangan mereka sendiri . . .
bahkan para nabipun memiliki aturan (syariat) yang berbeda beda . . .

Quote:

gua nggak bela . . . nggak ada yang perlu gua bela . . .
gua cuma jelasin ke kowe . . . sebuah kebenaran yang dapat diterima logika waras . .

Quote:

apa bukti menjiplak . . ?
apakah udah pasti . . . sesuatu yang sama . . . pasti jiplak . . . ?

kowe jawab itu . . . ?

Quote:

terlalu dangkal pemahaman kowe tentang ketuhanan . . .
kowe berfilsafat . . . tapi sebenernya . . . kowe tak lebih dari berhalusinasi . . .

sang PENCIPTA . . . menciptakan alam semesta ini dalam sebuah keteraturan . . . dalam suatu ukuran . . . dalam satu ketergantungan yang menjadi sebab akibat . . . itulah yang dipahami sebagai qadaruLLAH.

gimana mungkin . . .
kowe menuntut pembuktian suatu ajaran tuhan tetap lestari hingga sampai akhir . . .
lestari dari manusia awal . . . hingga manusia akhir . . .
sedangkan sang PENCIPTA telah menciptakan hukum alam yang membuat segala sesuatu akan saling keterkaitan menjadi sebab akibat . . .

gimana mungkin . . . kowe menuntut sebuah peninggalan . . .
sementara sang PENCIPTA menciptakan hukum alam . . .
ada bencana alam . . .
ada sifat alami yang membuat setiap benda di bumi tak akan bertahan lama . . .
misalnya sifat korosif dalam setiap benda . . .

kesesatan kowe . . . karena kowe merasa berfikir . . . tapi sebenernya kowe lagi berhalusinasi . . .
gua katakan kowe berhalusinasi . . .
karena kowe berfikir tanpa berpijak pada dunia realita alam semesta . . .


kesesatan kowe . . . karena pikiran kowe terperangkap dalam terminologi “tuhan”
terminologi “tuhan” memaksa kowe berfikir tentang keberadaan tuhan . . .
gimana mungkin . . . otak kowe yang sangat kecil . . .
mampu membuktikan keberadaan tuhan melalui bukti material . . .


Quote:

postingan kowe ini . . .
semakin menunjukkan betapa dangkalnya pemahaman kowe tentang agama dan ibadah . . .

dalam arti luas . . .
ibadah juga dapat dipahami . . . hidup sesuai dengan perintah tuhan

masa’ kowe mau samain . . . ibadah binatang dengan ibadah manusia . . .
goblok bener kowe . . .

ibadah binatang . . . hidup sesuai dengan hukum alam gimana ia diciptakan . . .
misal . . . sapi . . . ibadahnya . . . hidup untuk menjadi makanan manusia . . .

fixed . . . kowe pantes disebut binatang . . .
karena menurut pemikiran goblok kowe . . .
ibadah binatang harus sama dengan ibadah manusia . . .

makanya . . . kowe beribadah kayak binatang . . .
binatan, anjing, babi, ibadah tanpa tahu balasan,

kowe juga begitu . . . ibadah . . . tanpa memikirkan balasan . . .
kayak binatang

Quote:

premis yang kowe buat itu . . . itu adalah premis tolol kowe . . .
yang salah mengerti isi postingan gua . . .
menggeneralisasi secara membabi buta . . .

jadi . . . beda kowe versus binatang . . .
kowe betato . . . binatang nggak . . .
padahal ada kemungkinan . . . binatang ditatoin ,
padahal ada kemungkinan . . . manusia nggak betato

jadi . . . beda kowe versus binatang . . .
kowe bisa maen gitar . . . binatang nggak . . .
padahal ada kemungkinan . . . binatang bisa diajarkan maen gitar ,
padahal ada kemungkinan . . . manusia nggak bisa maen gitar

jadi . . . beda kowe versus binatang . . .
kowe ngisep ganja . . . binatang nggak . . .
padahal ada kemungkinan . . . binatang diganjain
padahal ada kemungkinan . . . manusia nggak ngisep ganja

makin lama . . . makin kowe nunjukin kebodohan luar biasa . . .
demi denial kebenaran . . . demi nutupi kesesatan kowe . . .


lucu kowe . . . dongok banget . . .


tanya nih . . .
kowe udah ngisep ganja belum . . .
kalo kowe nggak ngisep ganja . . .
berarti kowe adalah anjing . . . karena anjing juga nggak ngisep ganja . . .


isep ganja kowe . . . biar kowe nggak sama dengan anjing . . .

Quote:


Quote:


Quote:


Jelas dong.
Macem babisuki.
Langsung masukan bui.
Biar taper2 yang lain gak banyak tingkah.
emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post antonyus578
Quote:


Lah kata kowe binatang nggak sadar dan nggak percaya adanya kehidupan dan balasan setelah kematian? kok mereka beribadah?
kontradiksi dong emoticon-Ngakak (S)
btw gimana ibadahnya atuh? emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Nulis panjang2 sok pinter hanya bermodalkan premis : "bila kau tidak melakukan hal yg sama dgn ku berarti apa bedanya kau dengan binatang?"
emoticon-Ngakak (S)

Ente bertato? kalau nggak berarti apa bedanya ente dengan binatang?
Ente bisa main gitar? kalau nggak berarti apa bedanya ente dengan binatang?
Ente ngisap ganja? kalau nggak berarti apa bedanya ente dengan binatang?
dll. dll..

Logika tolol.
Diubah oleh xrx1
Balasan post antonyus578
Quote:


Yaiyalah ngarang nggak ada buktinya,
agama polytheist, animisme, dinamisme yg bukan dari langit (samawi) aja ada peninggalan sejarahnya di Indonesia, Eropa, Amerika,
kok agama yg bener dari Tuhan nggak ada?
Seenggaknya kayak model2 dead sea scroll-nya yahudi lah, eh ini nggak ada sama sekali.

Quote:


Karena lebih efisien buat summer dan makanan mereka sekarang lebih bergizi bisa 3x sehari jadi ketahanan thdp cuaca dingin juga meningkat, kalau autumn apalagi winter ya perlahan2 baju yg dipake lebih tebel dan nutup karena cuaca makin dingin, begitu juga anjing atau beruang yg native disana waktu musim dingin juga bulunya melebat tapi waktu musim panas mereka menggugurkan sendiri dan menggantinya dgn bulu summer.
Dan ini justru mematahkan klaim kowe sebelumnya kalau mereka berbaju tertutup karena ajaran dari Allah..
Sekarang mereka pamer aurat? memangnya kapan mereka menutup keseluruhan aurat (yg termasuk rambut & muka) itu?
Ngaco bin idiot.

Quote:


Kalau sumbernya sama ya di yahudi dan nasrani juga ada tuh perintah tawwaf kenapa nemu yg serupa cuma di hindu yg menyembah shiwa?
Ya karena jiplak.
Dan kenapa mesti kowe belain mati2an kayak begini? karena cuma agama bikinan manusia.

Quote:


Jiplak menunjukkan islam benar? iya aja deh.

Quote:


Kalau begitupun berarti Tuhanmu nggak mampu menjaga keaslian ajarannya. yg berarti Tuhanmu nggak maha kuasa, karena kalau Tuhan maha kuasa, dia pasti dapat menjaga keaslian agamanya dimanapun itu dari utak atik manusia.
Diubah oleh xrx1
overlap kali ini, pemahaman dalam bahasa indonesia selalu ada dikajian dan ceramah. ngga usah sampai kesanalah terlalu jauh.
Balasan post cocktail1987
Quote:

kalo entuh menteri ngomong kayak gitu, ane yakin bakal langsung di reshuffle emoticon-Big Grin
Balasan post Muzmuz
kalo para imam, asatidz yg berdoa pakai bahasa arab insya Allah mereka mengerti dan tau apa artinya dan maksudnya.
kita yg mendengarkan cukup aminkan saja.
kalau mau lebih faham ya belajar gan.
Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid
Balasan post xrx1
Quote:

pastilah . . .
binatang aja ibadah kepada ALLAH . .. kowe manusia .. . . kok nggak . . . ?
itu artinya kowe lebih rendah dari pada binatang . . .

Quote:

kowe nyembah Lia Eden juga kah . . . ?nggak toh . . .
berarti . . kowe juga sama dengan binatang . . .

dan yang membedakan gua . . . versus kowe, anjing, babi atau binatang . . .

gua percaya dan sadar . . . ada kehidupan dan balasan setelah kematian . . .

sedangkan kowe . . .

sama persis dengan anjing, babi, atau binatang . . .

sama sama nggak nyembah Lia Eden . . .
sama sama nggak percaya kehidupan dan balasan setelah kematian . . .
meskipun dari perspektif yang berbeda . . .
dan perbedaan perspektif . . . antara kowe dengan anjing, babi dan binatang . . .
menempatkan kowe lebih rendah dari anjing, babi, dan binatang . . .

perbedaan perspektifnya . . .
kowe dikasih akal yang melampaui anjing babi binatang . . .
tapi berfikir dan merasa . . .
tidak ada kehidupan dan balasan setelah kematian . . .

anjing, babi, dan binatang . . .
tidak memiliki tanggung jawab apapun dalam kehidupannya di dunia . . .
akalnya jauh di bawah manusia . . .
sehingga mereka . . .
tidak mengalami kehidupan dan balasan setelah kematian . . .

lihat dua kalimat yang tebel merah . . .
dua kondisis yang nggak mungkin sama . . .
tapi pada hakikatnya tidak berbeda sama sekali . . .
Dah dari dulu om. Kalo doanya umum2 ya..make bahasa arab karema ngambil dari quran dan hadits. Rata2 jemaah paham aja maksud doanya. Kalo sudah khususan, make bahasa indonesia ato malah daerah
Balasan post xrx1
Quote:

itu bukan ngarang . . . itu bisa diterima oleh akal sehat secara umum . . .

sama seperti teori . . . nggak ada barangnya . . . tapi bisa diterima keberadaannya . . .
keberadaannya bisa diterima oleh akal waras setiap orang. . .

Quote:

alasan kowe selalu pamer kedunguan . . .
kalo alasan kowe begitu . . .
terus sekarang kenapa mereka pake baju seksi yang pamer aurat . . . ?

Quote:

apa hubungannya . . .
ini kan lagi bicara berbagai kesamaan . . .

Quote:

nah kan . . . pamer kedunguan lagi . . .
apakah sesuatu yang sama . . . sudah dipastikan nyontek . . . ?

kesamaan yang ada . . . bisa terjadi karena bersumber dari sumber yang sama . . .
kemudian karena pengaruh berjalannya waktu . . . perbedaan tempat . . . perbedaan manusia . . .
akhirya terjadi penyimpangan dan perbedaan . . .

Islam menerangkan . . . semua nabi . . . dari Adam a.s hingga Nabi Terakhir . . . adalah muslim . . .
tapi dengan syariat yang berbeda beda . . .

Quote:

Bahkan bentuk bingkai hajar aswad yg seperti vagina itu sendiri persis seperti shiva linga, dan dapat ditemukan di bbrp kuil hindu lainnya.

Spoiler for sebelah kiri:

Bentuk tulisan Allah pun juga persis tulisan om nya hindu ॐ, [/QUOTE]
Ini menunjukkan Islam itu benar . . .
merupakan ajaran akhir zaman . . .
sekali lagi . . . sesuatu yang sama . . . bukan berarti nyontek . . .
bisa jadi karena awalnya memang berasal dari sumber yang sama . . .

kesimpulannya . . .
bisa jadi . . .
seluruh agama yang ada di dunia ini . . .
berasal dari para Nabi yang diutus ALLAH pada setiap kaum . . .
membawa risalah yang sama . . .
tapi karena perjalanan waktu pengalami perubahan dan penyimpangan . . .
sehingga terakhir turunlah Islam untuk . . .
menutup, meluruskan dan menyempurnakan . . .
semua yang sudah diturunkan terlebih dahulu sebelumnya . . .

semua bukti bukti yang kowe postingin . . .
semakin membuktikan kebenaran Islam . . .
kebenaran informasi dari Alquran dan Hadits . . .
bahwa di dunia ini banyak nabi dan rasul . . .
dan setiap kaum diturunkan nabi dari kalangan mereka sendiri.
ini bener... emoticon-Angkat Beer jangan membodohi diri sendiri dan orang lain, gw tau lu bodoh tapi jangan keterlaluan lah emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di