alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf5e9a9a972e301921ef3f/menag-fachrul-razi-serukan-berdoa-pakai-bahasa-indonesia-di-masjid

Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid

Jakarta - MENTERI Agama (Menag) Fachrul Razi menyerukan imam-imam di masjid untuk memanjatkan doa menggunakan Bahasa Indonesia. Sebab menurutnya tidak semua umat Islam bisa bahasa Arab.

“Dalam berdoa gunakan juga bahasa Indonesia agar umat dan masyarakat mengerti, karena tidak semua umat, warga bangsa ini mengerti bahasa Arab,” ujar Fachrul Razi.

Hal itu ia sampaikan ketika membuka Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid, di suatu hotel di Manggadua, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag pada Kamis (31/10/2019).

Fachrul Razi mengatakan doa memakai bahasa Arab tetap dipertahankan namun doa menggunakan Bahasa Indonesia bisa disisipkan saat memberi khutbah.

Lebih lanjut Kemenag dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan untuk menambah pengalaman, keilmuan dan wawasan para imam masjid di Indonesia, agar terus dapat memberikan syiar dan dakwah rahmatan lil alamin kepada masyarakat.

“Para imam juga harus ditanamkan nilai-nilai Pancasila yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu tentunya penguasaan keislaman,” ucap Fachrul Razi.

“Dalam waktu dekat kita akan membuat pelatihan-pelatihan para imam masjid, yang bekerjasama dengan ormas-ormas seperti Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah dan ormas lainnya,” katanya.

https://muslim.okezone.com/amp/2019/...-masjid?page=2

Bahasa indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Jujur saja.....doa pake bahasa Arab seisi masjid yg tau beberapa orang saja ? Bahkan yg memimpin doa bisa jadi ngga tahu artinya, hanya menghafal saja.

Doa menggunakan bahasa yg kami pahami membuat kami memahami apa yg kami minta kepada Tuhan nya.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Muzmuz
Lihat 2 balasan
jgnkan yg awam, jubirnya hti yusanto itu jg gak tau emoticon-Big Grin makanya dia pake kitab hti terjemahan sampe dibully gun romli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Hahaha, si pa ustadznya juga gak ngerti apa yg dibaca pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
menag makin goblok yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
barrabadi dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


gak sekalian lu sholat pake bhs indoemoticon-Ngakak
Lihat 20 balasan
Ntar kalo yg disana gk ngerti gimana???
Pak menteri mau tanggung jawab???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
makin ngaco ni orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coolboyz10 dan 5 lainnya memberi reputasi
pantesan aja selama ini kadrun berdoa sampe berbusa ternyata kehidupannya tidak membaik, mungkin yang berdoa gak tau apa yang diminta dan yang dengerin gak ngerti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post cocktail1987
Quote:


Salat wajib dalam bahasa Arab.
Berdoa boleh pake bahasa apa aja.

profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
coba kalo taper yang ngomong, berapa silit demonya ? emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Loe minta, tapi ga tau apa yang diminta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
indonesiaisasi emoticon-Leh Uga
nanti di arab klo yg banyak org indo, ditranslate semwa jg. jadi mekah indonesah, biar sana yg jadi kadal indonesah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan wongtukul memberi reputasi
Ada benarnya jg.... Tp gak penting di jadikan berita.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan raafirastania26 memberi reputasi
Buat apa sih doa pake bahasa indo.
Toh orang2 doa juga cuma mentok suaranya aja, hatinya enggak.

Semakin jauh hati, semakin mantap pindah agama
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Balasan post cabares.cream
Quote:


Bedanya salat sama berdoa itu apa?
Kan sama2 'berbicara' dengan Tuhan.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Balasan post cocktail1987
Quote:


Ide bagus !
daripada lu spelling mantra kaya Harry Potter tapi ga ada efek apa apa..emoticon-Big Grin
ngarti aja kagak emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


jaka sembung bawa golokemoticon-Bingung
Malaikat nya suruh kursus bahasa indonesia dulu
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Himbauan baik, ambil positifnya.. Bukankah lebih baik begitu, daripada oleh orang-orang gak faham bahasa Arab sekedar jadi mantra?
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di