alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbee4a628c991601f438391/donat-jajanan-yang-legendaris-ini-resepnya-yang-perlu-dicoba

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

Hallo gansis semua, salam sejahtera untuk kita semua

Selamat datang di thread ane


--Welcome To My Thread--

🎶🎶 bulat-bulat bolong tengahnya.. tengahnya...
Namanya kue donat...🎶🎶


Nah, gansis pernah dengar potongan lagu itu? Lagu tentang bentuk donat yang legendaris, yaitu bulat bolong tengahnya. Namun sekarang ini, kue donat tidak hanya berbentuk bulat dan berlubang di tengah lho. Seiring perkembangan jaman, bentuk kue donat makin beragam bentuknya.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba
sumber gambar

Untuk membuat donat, banyak sekali resep yang oke. Mulai dari yang kelas hotel hingga kelas rumahan yang ekonomis tentunya.

Kali ini ane mau berbagi tentang resep donat ya gansis. Resep donat ekonomis dengan bahan-bahan yang ada dirumah kita.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

Bahan yang kita gunakan adalah sebagai berikut

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

1. Tepung terigu 250gr
2. Kentang 250gr
3. Gula pasir 2sdm
4. Kuning telur 1butir
5. Ragi instan 1/2bks
6. Mentega 1sdm
7. Garam sejumput
8. Air matang secukupnya

Cara membuatnya

1. Kentang dikupas, lalu dikukus sampai matang, kemudian dihaluskan. Sisihkan.
2. Kuning telur, gula pasir, ragi instan dicampur menggunakan kocokan manual atau sendok.
3. Masukkan terigu, lalu diaduk.
4. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan, kemudian diuleni.
5. Tambahkan garam, mentega dan air dari sedikit.
6. Uleni lagi sampai kalis. Jika kurang lembut bisa ditambahkan air.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

7. Jika adonan sudah kalis, dibiarkan dalam wadah dan ditutup kain basah hingga mengembang.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

8. Tunggu kira-kira 30 menit. Jika sudah mengembang sempurna ( 2 kali lipat dari ukuran semula). Lalu adonan dikempiskan dan dibagi kecil-kecil sesuai ukuran yang diinginkan. Bisa diberi isian jika nanti bentuk donat yang diinginkan tidak diberi lubang. Isian bisa berupa coklat, keju atau selai.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

9. Tunggu kira-kira 5 menit. Lalu adonan siap digoreng hingga coklat keemasan. Menggunakan api kecil ya gansis menggorengnya. Agar donat bisa matang merata dan tidak mudah gosong.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

10. Setelah acara menggoreng selesai, maka tinggal menunggu donat dingin. Dan siap diberi toping sesuai selera yang diinginkan.

Donat, Jajanan yang Legendaris. Ini Resepnya yang Perlu Dicoba

Inilah langkah-langkah membuat donat yang ekonomis. Bahannya juga mudah ditemukan. Cara membuatnya juga simpel kan.

Gansis bisa mencobanya dirumah, itung-itung membuat jajanan yang sehat untuk anak dirumah. Atau juga bisa untuk ladang bisnis bagi gansis yang biasa jualan makanan jadi.

Sekian dan terima kasih
Semoga bermanfaat

Sumber tulisan. Opini pribadi
Sumber gambar. Dokpri

Menerima kritik dan saran

Magelang, 3 November 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
purwanti29 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh betiatina
Halaman 1 dari 3
semoga bermanfaat
profile-picture
sangteratai memberi reputasi
pejwan
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Berapa kali nyoba, gagal teroooos
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Kasih kentang sis.... biar empuk
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Quote:


Salah dingadonin kalo punyaku, dikulkasin juga gak ngembang
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Ditutup pake kain basah aja sis... ngadonnya smpe kalis
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Quote:


Jadi kapok nyoba lagi
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Kalau rasa donat kyk jco, donatnya loh ya sis bukan toppingnya. Itu bahan2nya sama atau ngga?

Kangen masak nih udah lama ga masak semenjak pelihara kucing emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
betiatina memberi reputasi
donat telanjang.. ga pake toping nihh?
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Wah suka dengan 🍩, enak nih
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Resep yg ini klo ngadonnya sampe kalis juga enpuk bget.
profile-picture
amellady memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bisa pilih sendiri topingnya gan... itu carbutnya aja emoticon-Jempol
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Quote:


Hayuuukkk dicobain resepnya... mudah kok
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
enak donatnya
Quote:


Asiyap gan emoticon-terimakasih
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Siiiip nice Thread ya
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


emoticon-2 Jempol
Quote:


emoticon-Shakehand2
kesukaan ane ini mah 😍
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Nah oke kan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di