alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbed0c49a972e2fcf79cfaf/5-masalah-yang-sering-terjadi-pada-mobil-low-cost--cara-mengatasinya

5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya

5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya

LCGC (Low Cost Green Car) menjadi mobil pilihan masyarakat Indonesia karena harga yang terjangkau, ketersediaan suku cadang melimpah, dan mudahnya membeli kendaraan ini di dealer karena stok yang melimpah. LCGC meliputi Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Datsun Go, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Suzuki Karimun Wagon R, sangat sering kita lihat berlalu-lalang di jalanan. Namun pemilik jenis mobil ini gak jarang mengeluhkan beberapa masalah yang sering datang di LCGC. Apa saja masalahnya? Lalu bagaimana mengatasi masalah ini? Yuk, simak di bawah ini, ya.

1. AC mobil kurang dingin5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
Pemilik LCGC terkadang mengeluhkan AC mobil kurang dingin. Mereka harus menaikkan kecepatan kipas AC agar terasa lebih dingin. Untuk mobil penumpang seperti Daihatsu Sigra apalagi yang keluaran lama, hal ini wajar karena mobil tersebut menggunakan air circulator untuk penumpang belakang yang fungsinya hanya meneruskan udara dari AC utama, bukan merupakan AC yang berdiri sendiri. Hal ini dilakukan agar harga jual mobil ini bisa lebih murah dan bahan bakar lebih efisien.

Namun untuk city car seperti Hondra Brio atau Toyota Ayla, jika dirasa kurang dingin kamu bisa mengecek kembali apakah ada kebocoran freon, filter AC yang tersumbat, bagian AC yang kotor, atau bahkan extra fan yang kurang berputar dengan sempurna. Selain itu kamu bisa menghindari parkir di bawah terik matahari agar bisa mendinginkan kabin lebih cepat saat AC dihidupkan.

2. Suara mesin menjadi kasar5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
Mesin mobil yang berubah menjadi kasar suaranya atau biasa disebut 'ngelitik' sebenarnya gak hanya terjadi di mobil LCGC saja, namun semua mobil bisa mengalami hal ini. Penyebab utamanya adalah penggunaan bahan bakar dengan oktan di bawah standar yang ditentukan pabrik.

Sebaiknya kamu bisa buka kembali buku panduan kendaraan dan cek berapa oktan yang dianjurkan oleh pabrik untuk mobil kamu. Sebagai tambahan informasi, bilangan oktan Premium adalah 88, Pertalite 90, dan Pertamax 92. Sebaiknya kamu jangan menggunakan bahan bakar yang bilangan oktannya di bawah anjuran pabrik agar mesin gak 'ngelitik'.

3. Rem mobil berbunyi dan bergetar5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
Dalam jangka waktu yang lama, terkadang rem mobil kamu berbunyi dan bergetar saat diinjak, hal ini sering terjadi di mobil LCGC. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya periksakan ke bengkel tanpa ditunda-tunda karena bisa saja kampas rem sudah habis atau ada masalah pada cakram rem mobil kamu.

4. Suhu mesin overheat5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
Jika mobil kamu sering overheat tentu akan berbahaya bagi mesinnya karena biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki akan sangat mahal. Jika sudah pernah mengalami overheat, kamu harus cek apakah fan pendingin mesin berputar normal atau tidak, serta cek juga kondisi radiator apakah airnya masih penuh atau terjadi kebocoran.

Mengganti air radiator secara berkala juga bisa kamu lakukan untuk mencegah overheat, karena air radiator yang gak pernah diganti bisa menimbulkan kerak yang menghambat saluran radiator dan mesin menjadi panas.

5. Mobil terasa bergetar5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya
Jika kamu merasakan mobil LCGC terlalu bergetar saat dipacu dalam RPM tinggi maka itu adalah hal wajar karena kebanyak LCGC menggunakan mesin 3 silinder yang akan bekerja keras jika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain itu kamu juga bisa mengecek engine mounting mobil kamu jika sudah terasa getaran yang terlalu keras dan mengganggu. Kamu juga bisa memasang peredam tambahan di mobil untuk mengurangi efek rasa getaran dan berisik dari luar kabin yang masuk ke dalam.

Itulah lima masalah mobil LCGC dan cara mengatasinya. Memiliki mobil LCGC bukanlah suatu hal yang salah karena harga yang ditawarkan lebih murah dari mobil lain secara umum sehingga akan menghemat pengeluaran kamu, namun kamu tetap harus merawat dan menggunakannya dengan benar agar gak terjadi banyak masalah. 


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

Baca juga :

- 5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali Dingin

- 5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya 5 Mitos Pengisian Bahan Bakar yang Sering Ditemui, Masih Percaya?

- 5 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Low Cost & Cara Mengatasinya Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke Bengkel

Semoga makin oke
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
mobil low cost itu dibuat khusus untuk negara-negara yg sebetulnya penduduknya ydah banyak yg kagak sanggup beli mobil (baru) lagi. sehingga udah kagak perlu lagi ngikutin standar kualitas en standar keamanan global. yg penting jadi bisa kebeli en terliat / terasa normal.
Berharap regulasi yang jadi standard safety ditingkatkan lagi.
Berharap standard safety disamakan saja dengan luar negeri.
nama nya juga mobil murah ganss


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di