KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbdeb7dfacb95172f5a0b71/denda-hingga-30-juta-bakal-menanti-bagi-penunggak-bpjs

Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS

Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS

Kesehatan adalah nikmat termahal yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Hal ini dikarenakan biaya perawatan kesehatan yang harganya semakin tahun semakin tinggi.

Untuk menyiasati tingginya biaya kesehatan, pemerintah Republik Indonesia mempunyai progran perlindungan kesehatan yang bernama Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS).

Program BPJS ini mulai diberlakukan pada tahun 2014. Sistimnya adalah dengan menarik iuran dari para pesertanya dengan jumlah tertentu sesuai dengan kelas yang diikutinya.

Total ada  tiga kelas/golongan dalam program BPJS ini, yaitu golongan satu hingga golongan tiga.

Dengan adanya program perlindungan kesehatan ini, diharapkan masyarakat dapat bergabung secara aktif didalamnya.

Sayangnya sampai hari ini, cakupan kepesertaan BPJS belum mencapai 100%.

Beberapa alasan yang membuat masyarakat enggan bergabung dalam kepesertaan BPJS adalah antrian pelayanan yang lama, pelayanan kurang ramah serta beberapa oabat-obatan yang tidak dicover oleh BPJS.

Di tambah lagi, hingga saat ini BPJS masih mempunyai tunggakan pembayaran yang cukup besar kepada beberapa rumah sakit.

Tunggakan pembayaran/klaim yang cukup besar dirumah sakit inilah yang akhirnya membuat pemerintah berkeinginan untuk menaikkan iuran kepesertaan BPJS.

Di tambah lagi karena kondisi keuangan BPJS kesehatan saat ini juga sedang defisit . Apabila tidak dinaikkan maka defisit ini akan semakin membesar.

Nah, beberapa hari setelah pelantikan, Presiden Jokowi langsung meneken surat keputusan untuk menaikkan iuran kepesertaan BPJS.

Kenaikan iuran ini akan mulai berlaku secara serempak pada tanggal 1 Januari 2020 mendatang. Kenaikan ini dipandang sangat mendesak bagi proses keberlangsungan BPJS itu sendiri.

Setelah ketentuan kenaikan BPJS ini disetujui maka pada awal tahun depan nanti, iuran BPJS akan mengalami kenaikan sebesar 100%.

Kenaikan iuran kepesertaan BPJS ini telah tertuang dalam peraturan presiden (Perpres) Nomor 75 tahun 2019, yang mengubah perpres nomor 82 tahun 2018.

Pasal 34 dari Perpres tersebut menyatakan kenaikan iuran BPJS Kelas tiga menjadi Rp42.500, Kelas dua menjadi Rp110.000 dan Kelasa stu akan naik menjadi Rp160.000 per-peserta.

Selain berita tentang kenaikan iuran kepesertaan BPJS yang mencapai 100%, beberapa hari ini juga muncul informasi mengenai denda sebesar Tiga Puluh Juta Rupiah bagi peserta BPJS yang menunggak iurannya.

Hal ini tentunya akan sangat menakutkan bagi mereka yang tidak mendapatkan informasi yang jelas mengenai besaran denda Rp 30.000.000 tersebut.

Setelah Kabar Surabaya melakukan penelusuran lebih lanjut, perihal mengenai denda tersebut sebenarnya telah tertuang dalam Perpres 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.

Sesuai dengan Perpres tersebut, peserta BPJS yang menunggak pembayaran iuran, akan dinon-aktifkan sementara.

Peserta bisa aktif kembali apabila telah melakukan pembayaran iuran BPJS. namun, meskipun telah menunggak, peserta tidak akan dikenakan denda.

Denda bagi peserta BPJS akan diberlakukan apabila peserta BPJS langsung mendapatkan tindakan rawat inap dalam kurun waktu 45 hari semenjak peserta melakukan pembayaran iuran yang tertunggak.

Besaran dari denda ini adalah 2,5% dari total biaya perawatan rumah sakit peserta BPJS yang dilakukan. Inilah yang kemudian dinamakan denda pelayanan. Besaran denda ini maksimal Rp30.000.000 per-peserta.

Namun, denda pelayanan Rp30.000.000 ini tidak berlaku apabila dalam kurun waktu 45 hari semenjak keanggotaan BPJS aktif kembali, peserta tidak mendapatkan perlakukan rawat inap atau hanya mendapatkan pelayanan rawat jalan.

Jadi, agar anda tidak terkena denda maksimal tiga puluh juta rupiah, segera bayar kembali iuran anda  dan aktifkan kembali kepesertaan BPJS anda.

SUMBER

profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Leh Uga

Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS

emoticon-Belgia
Lihat 1 balasan
30 jt ditabung aja sendiri emoticon-Big Grin
Balasan post pdt.henderson
Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS
emoticon-Leh Uga geblex
gw himbaw yg tidak menerina ump 4,2jt ataw yg tidak ada kenaikan income untuk tidak ikud bpjs emoticon-Stick Out Tongue
klean adalah budak negara yg tidak ada hubungan nya dengan pembangunan
emoticon-Cool gw himbaw untuk seluruh rakjat indonesah




emoticon-Leh Uga
Diubah oleh mibmobz
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Belgia

Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS
Diubah oleh pdt.henderson
kohwi tukang palak emoticon-Imlek
Ane bantu rangkum untuk kaum2 yg baca judul doang.


Denda 2,5 x jumlh bln menunggak x besar biaya ketika dipakai opname ketika blm lewat 45 hr sejak pelunasan tunggakan<= 30jt

Ane kasihan ma yg gal sanggup bayar iuran klo januari naik.
Tp lbh kasihan ma yg asal makan judul.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homeless.cat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Smp kapan kutanggung derita krn rezim ini.

Pdhl kl pelayanan buruk, mana mau didenda balij
Denda 2,5% dr biaya perawatan max 30jt, dibilang denda 30jt

Bgst emang media sekarang kalo nulis berita malah bikin orang salah paham
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan unwell memberi reputasi
rejim korup bin dongok, gak becus kelola negara sejahterakan rakyat
lebih goblog lagi yg masih dukung puja puji rejim, udah dibikin makin sengsara semua harga naik, masih jilatin bool rejim emoticon-fuck
Quote:


Khan seperti biasa, mbak nya yg jaga kasir jg tau nanti ada 2 jenis manusia, yg ngerti denda 2,5% dan yg hanya ngerti denda 30jt. Semwa halal, yg gk memperhatikan sudah pasti 30jt.
Seperti biasa, kek bru tau aj emoticon-Leh Uga
Quote:

Dek..ente baca berita dulu sampai tuntas...masa depan ente masih panjang


Agar gak kek kadrun bawah ini.....
Quote:
Dendanya cuman menanti atau sampai ke kita?
Supir bego disuruh bawa bus penumpang banyak
Lihat 1 balasan
Quote:


Klo itu sih org goblox yg udah jadi setengah kampret emoticon-Ngakak

Gw2 masih berjaya emoticon-Cool, oleh sebab itu gw2 berani menghimbau bagi mereka yg masih jaya untuk menentang yg tidak beres.
Seperti ada nya kenaikan gaji ASN di saat bpjs, listrik, dst..
Mereka bisa lari dari tanggungjawab, yg semesti nya mereka wajib merasakan dampak dari kenaikan harga, yg oleh tuan nya ndiri kenaikan itu dibwat. emoticon-Cool
Balasan post tujuh.tahun
Quote:


Ngomongin anies ya? Gak ada hubungannya anies sama bpjs emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Quote:


Kenaikan BPJS,ada kompensasinya juga dek
Subsidi silang bahasa gaulnya

Yg digratisin akan bertambah lagi....
Termasuk kadrun2 itu juga..... emoticon-Big Grin
Balasan post mibmobz
4,2juta keknya bukan budak negara, malah enak pendapatan masih dibawah PTKP tuh

Jd ga ada kontribusi pajak penghasilan dr gaji
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan mibmobz memberi reputasi
Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS


Denda Hingga 30 Juta Bakal Menanti Bagi Penunggak BPJS
Diubah oleh dsturridge15
Balasan post hcoonamatata
Yg gak sanggup bayar iuran bisa ikutan PBI kok, artinya iuran dibayar pemerinta lewat jamkesmas kalo ga salah ya..

Tp harus dibuktikan ketidakmampuannya mengikuti aturan yg berlaku emoticon-shakehand
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di