alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbdb1e06df2312df664bb15/ciri-ciri-kiprok-motor-sudah-mulai-rusak-dan-akibatnya

Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya

Quote:
Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya
Hallo semua agan dan sista...!!!!
Sehubungan dengan banyaknya para pengguna sepeda motor saat ini, maka saya ingin berbagi sedikit cerita atau lebih tepatnya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengidentifikasi kerusakan pada kiprok motor alias ciri-ciri kiprok motor mulai rusak beserta juga akibat yang terjadi ketika kiprok motor itu sudah mulai rusak.

emoticon-Imlek
Mau tahu ciri-cirinya...????
Yuk mari silahkan langsung saja simak informasinya dibawah ini gansis.

Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya
Nah... kebetulan saya mengalami hal ini pada kiprok motor regulator milik dari Yamaha Vega RR DB ya gansis.
Namun kalau menurut saya semua kiprok pada sepeda motor itu sama saja ya gansis baik fungsi dan juga bentuknya.
Jadi bisa dibilang tidak ada perbedaan sih ya setahu saya. Jadi semoga pengalaman yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi agan sista semua nantinya.

Berikut adalah 3 ciri-ciri utama kiprok pada sepeda motor mulai rusak, yaitu :

Quote:
Nah... biasanya kebanyakan dari kita para pengguna sepeda motor sering sekali tidak menyadari bahwa penyebab utama Aki pada sepeda motor kita bisa melemah adalah berasal dari kiprok itu sendiri.
Mungkin agan sista pernah merasakan yang namanya bolak-balik charge atau strum aki biar full daya kembali.
Namun hal tersebut hanya bertahan beberapa hari saja dan akhirnya agan sista melakukan kegiatan charge atau strum aki secara berulang-ulang.
Atau agan sista pernah mengalami kalau tiba-tiba agan sista baru beli aki motor, terus agan sista pakai dalam beberapa hari dan kemudian tiba-tiba daya aki melemah dan perlu di charge atau strum agar bisa full daya kembali.
Dan pada akhirnya aki juga mengalami kerusakan atau soak sampai membuat agan sista terus gonta-ganti aki baru.

Nah... semua hal tersebut itu saya alamin gansis. Sehingga saya menjadi bingung dan sudah sempat kesal dan kewalahan.
Namun karena dengan usaha saya yang giat mencari kesana dan kemari tentang titik penyebab yang membuat aki motor saya cepat rusak dan melemah, sehingga saya sudah menemukan pusat penyebabnya yaitu pada kiprok itu sendiri.
Karena kiprok memiliki peran penting dalam melakukan pengisian kepada aki ketika mesin motor sedang dalam keadaan on atau hidup.
Karena kiprok berfungsi menstabilkan tegangan listrik yang berasal dari spul sebelum disalurkan ke Aki menjadi sebuah daya.
Jadi jika Kiprok sudah mulai rusak, maka otomatis aki akan menjadi korban juga. Karena kiprok tidak bisa menstabilkan tegangan listrik lagi ke dalam aki.


Quote:
Pernah tidak agan sista mengalami hal tentang sering gonta-ganti lampu kepala atau utama pada sepeda motor agan sista...???
Atau mungkin agan sista pernah merasakan redupnya cahaya lampu pada sepeda motor agan sista baik itu lampu utama, sein bahkan yang lainnya...???
Atau agan sista pernah perhatikan disaat agan sista melakukan penarikan tuas gas pada sepeda motor agan sista, dan ternyata cahaya lampu kepala atau lampu utama sepeda motor agan sista tidak bertambah terang...???
Ya bisa dibilang kalau cahanya itu tetap atau juga bahkan bisa semakin berkurang.

Jika semua hal tersebut pernah agan dan sista alami, maka saya bisa pastikan bahwa penyebab utama terjadinya semua itu adalah karena Kirpok yang sudah mulai rusak.
Mengapa saya katakan demikian...???
Karena saya juga mengalami hal yang sama gansis.
Dan setelah saya mencoba untuk mengganti kiprok motor tersebut, akhirnya semua hal di atas seperti yang saya sebutkan tadi sudah hilang gansis. Karena kiprok juga berfungsi untuk menstabilkan arus yang masuk bola lampu pada sepeda motor agar tidak kelebihan arus dan tidak kekurangan arus.
Dan redupnya cahaya lampu motor ini saya alami pada sepeda motor saya dengan sistem kelistrikan AC ya gansis.
Ciri mudah untuk mengetahui atau mengenali sistem kelistrikan AC pada sepeda motor yaitu lampu depan atau utama akan menyala ketika mesin motor sudah hidup.


Quote:
Mungkin ada beberapa dari agan sista yang merasa aneh akan hal ini.
Namun setelah saya mengalami hal tersebut dan mengganti Kiprok pada sepeda motor saya, maka tarikan pada tuas gas pada sepeda motor saya kembali menjadi normal.
Mengapa bisa demikian...???
Sepengetahuan saya bahwa kiprok itu berperan penting dan berfungsi sebagai penstabil tegangan ke aki ya.
Jadi kebanyakan sepeda motor zaman sekarang itu membutuhkan konsumsi daya baterai atau aki yang sangat besar sekali untuk bisa hidup.

Jadi ketika kiprok mulai rusak, maka tegangan yang masuk dan yang akan disalurkan ke aki akan tidak stabil.
Ya bisa itu terkadang tegangan yang masuk itu rendah, atau bisa juga berlebih.
Ketika tegangan rendah, maka gas motor terasa berat atau melemah bahkan seakan mau mati.
Tapi ketika tegangan yang masuk berlebih atau tinggi, maka gas motor kembali ringan bahkan normal. Jadi jika tegangan tinggi rendah ini terus terjadi pada sepeda motor kita, otomatis gas pada motor akan terasa berat. Selain itu BBM juga semakin boros.

Quote:
Oke gansis... mungkin itulah sedikit hal yang bisa saya bagikan kepada agan dan sista semuanya. Semoga informasinya bermanfaat.
Dan sebagai saran kepada agan sista semua bahwa jika agan sista ingin mengganti kiprok, maka usahakan beli yang originalnya saja gansis. Walaupun sedikit mahal akan tetapi kualitasnya juga OK menurut saya.
Terimakasih dan sampai jumpa kembali pada kesempatan thread berikutnya.

Quote:

Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jahotma dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Halaman 1 dari 11
nice info, pejwan dan pertamax diamankan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh purnomo6109
kalo motor dalam 8 th udh 2x ganti aki itu normal gaaa sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiobiennyo dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmm bermanfaat neh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Normal gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hehehe... iya gan emoticon-shakehand

Saya tanya google aki kering 1-2 th / 20.000 km

Kondisi:
Motor 8th hanpir 80.000 km
Servis rutin di beres (setiap 2.000km atau kurang)
Lampu sein masih nyala semua
Klakson nyala
Cm hand stater aja yg dipencet lama 2 - 3 x baru nyala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya sip gan emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


aashiaappp...
Quote:


kalau itu normal gan...
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan rajkapoor memberi reputasi
Quote:


makasih gan pab...
profile-picture
h.ariel memberi reputasi
Quote:


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan rajkapoor memberi reputasi
Quote:


emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan rajkapoor memberi reputasi
Quote:


emoticon-2 Jempol
profile-picture
h.ariel memberi reputasi
Quote:


Quote:


Semangat terus gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan h.ariel memberi reputasi
3x dalam 2bln ganti kiprok ninja gw gan knp yah??


emoticon-Monggoemoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan h.ariel memberi reputasi
Lihat 3 balasan
macem ginian harus jadi HT.
sederhana tapi menambah pengetahuan dan bermanfaat.
nice
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
Gw tambahkan biasanya kabel ada yg terbakar atau licet sehingga menyebabkan konslet emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pdt.henderson
saya baru tau apa itu kiprok, terus kalo servis kiprok ini gmna bilangnya? cek kiprok gitu?
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan h.ariel memberi reputasi
gw benci pake aki kering bray.
enakan pake aki basah.
gk bingung kalau mau diisi dan jelas lebih awet.
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan h.ariel memberi reputasi
ane malah gak paham sama yang namanya kiprok, ke mekanik aja gan
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan h.ariel memberi reputasi
Ciri-Ciri Kiprok Motor Sudah Mulai Rusak Dan Akibatnya
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di