alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Inilah Yang Akan Terjadi Bila Tidak Ada 'Gunung' Dimuka Bumi Ini. Mengerikan!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbbd3cb2637726a7b45a8aa/inilah-yang-akan-terjadi-bila-tidak-ada-gunung-dimuka-bumi-ini-mengerikan

Inilah Yang Akan Terjadi Bila Tidak Ada 'Gunung' Dimuka Bumi Ini. Mengerikan!!


β€’ Assalamualaikum Wr. Wb β€’
Apakabar semua yang ada disono? Yap, berjumpa lagi dengan gw.. Ah, sudahlah.
Pada kesempatan kali ini gw mau berbagi info mengenai sebuah 'Saintifikasi' (bener ga ye penyebutan gw?! πŸ€”), yah pokoknya tentang fenomena alam yang terjadi didunia ini lah. (emang ada yang gak terjadi didunia ini? πŸ˜’ ga tau! πŸ˜‚)

Sebelum itu gw mau nanya-nanya dulu nih sama aganSist semuanye, pernah kebayang gak apa yang akan terjadi dimuka bumi ini, bila kaga ada yang namanya "Gunung"?! (kaga pernah! πŸ˜‚)
Yee.. Dibayangin dulu atuh 😀!!
(kalau 'dibayangin', jadi kehalang donk. πŸ˜‚)
Dah lah, males. Ga jadi. πŸ˜‘

Ok, kembali ke 'taufik' aja gan!! πŸ€“
Fenomena terciptanya Gunung adalah diakibatkan oleh pergerakan lapisan kulit tanah yang terus menerus, sehingga terjadi sebuah tubrukan yang membuat lipatan tanah tersebut naik keatas.

Karena kejadiannya terus menerus, lapisan tanah yang naik keatas tersebut lama kelamaan menjadi tinggi dan terus bertumbuh. (ingat! tumbuh itu keatas, bukan kesamping! πŸ˜‚)
emoticon-Leh Uga
Begitulah penjelasan ilmiah menurut para ilmuan yang meneliti tentang alam. (pelajaran SD doloe) βœŒπŸ˜…

Gunung dimata kesenian adalah sebuah 'pemandangan alam yang indah', dimata matematikawan merupakan sebuah bentuk tertinggi dari yang tertinggi, dan dimata sejarah gunung merupakan sebuah lambang tertua yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. 😎

Dan sedikit info buat kita semuanya. Tahukah agan, seberapa banyak gunung yang ada dibumi Indonesia..??πŸ€”

Yap! Tercatat bahwa Indonesia setidaknya memiliki 127 gunung yang masih aktif, dan lebih dari 20 gunung yang sudah nonaktif. Jika ditotalkan, di Indonesia saja mempunyai lebih dari 147 gunung yang ada, belum lagi dinegara-negara lainnya. (weowe! Lumayan banyak juga ye? 😲)
emoticon-Wow
Lalu apa yang akan terjadi bila bumi ini tidak memiliki yang namanya "Gunung"?? 😱
(Lah, kok ada pertanyaan lagi? Kayak PakPol aje lu Ts kebanyakan nanya. πŸ˜’)

Bukan.. Bukan, yang bukanlah pertanyaan, melainkan pernyataan! βœŒπŸ˜…
Dan dari sinilah info menariknya dimulai yaitu mengenai "5 dampak ekstrem yang akan terjadi bila bumi tidak memiliki 'nunung' 😲, ehem! Maksudnya 'Gunung' pemirsah!" πŸ˜πŸ‘
emoticon-Recommended Seller


1. Gempa Bumi Dahsyat Akan Sering Terjadi

Quote:


Sewaktu masih sekolah dasar dulu kita pernah diajarkan oleh guru, bahwa gunung terbentuk oleh kulit bumi yang tersusun atas lempeng yang terus bergerak dan saling bertumbukan hingga membentuk lipatan-lipatan yang mencuat ke atas permukaan.

Nah, apabila pergerakan lempeng bumi tersebut tidak membentuk lipatan-lipatan gunung, maka pergeseran lempeng bumi akan terus terjadi dan terus mengalami tubrukan hebat. Alhasil gempa bumi beskala besar akan sering terjadi dalam beberapa hari sekali.

Wah bahaya juga nih kalau sering terjadi gempa, apalagi gempanya berskala besar bisa gak ada bangunan sama sekali dibumi. Dan semua manusia pasti akan berada dalam ketakutan disetiap harinya gan.
emoticon-Takut


2. Meningkatnya Temperatur Suhu Bumi Hingga Tahap Ledakan

Quote:


Menurut para ilmuan, Inti bumi memiliki suhu yang maha panas layaknya bola api. Inti bumi juga sering mengeluarkan gas panasnya melalui gunung merapi yang masih aktif, hal tersebut untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil.

Bayangkan saja gan apa yang akan terjadi bila di muka bumi ini tidak ada gunung merapi? Tentu saja suhu di dalam perut bumi akan terus mengalami peningkatan yang signifikan, hingga akhirnya tekanan yang begitu luar biasa besar sudah tak tertampung lagi. You knowlah the end nya gimana, KABOOMM!!!! 😱
emoticon-Hammer2


3. Permukaan Tanah Akan Kering Kerontang

Quote:


Setiap beberapa tahun sekali, gunung berapi mengalami letusan dan mengeluarkan magma yang tercampur dengan abu vulkanik dan juga belerang dalam jumlah yang banyak sekali.

Setelah beberapa bulan kemudian, magma dan juga materi lainnya yang dimuntahkan oleh gunung berapi akan mendingin dan bertransformasi menjadi unsur-unsur penting yang dibutuhkan oleh tanah.

Dengan begitu tanah menjadi lebih subur dan berbagai tanamanpun kembali tumbuh dengan baik.

Nah apabila di muka bumi ini tidak ada gunung sama sekali, maka setiap jengkal tanah akan menjadi kering kerontang bagai dimusim kemarau panjang. Tentu saja manusia, hewan dan beserta tumbuhan yang ada didalamnya akan mengalami kesulitan hidup, dan sebagian besar daratan di bumi juga akan menjadi gurun.

Begitulah contoh kehidupan ekstrem yang dilalui oleh seluruh isi bumi bila tuhan tidak menciptakan gunung.
emoticon-Matabelo


4. Tidak Ada Pembentukan Siklus Hujan

Quote:


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dibumi ini ada yang namanya hujan, nah siklus pembentukan hujan terjadi melalui penguapan air laut yang membentuk gumpalan awan dilangit. Awan tersebut akan menuju ke areal pegunungan yang kemudian jatuh menjadi titik-titik air.

Oleh karenanya daerah disekitar gunung menjadi lebih lembab dan memiliki banyak cadangan air didalamnya, lantaran tanah di sekitar gunung ditumbuhi banyak pepohonan dan lokasi tersebut sangat cocok menjadi tempat penyerapan air.

Karena gunung lebih tinggi dari daratan, maka air akan mengalir dari gunung menuju sungai hingga bermuara di lautan.

Kalau seandainya gunung tidak ada di muka bumi, maka siklus hujan tidak pernah terjadi dan bisa dipastikan kekeringan yang berkepanjangan akan terjadi. Masak mau minum air laut sih, bukannya lega malah nambah seret. (owh Nooo!! 😱)
emoticon-Hammer2


5. Sering Terjadinya Badai Topan Bahkan Tornado

Quote:


Gunung-gunung yang ada diseluruh belahan dunia ini memiliki fungsi yang lainnya yaitu sebagai tembok raksasa, oleh karena itu bisa menghalangi munculnya arus udara yang kuat yang terjadi akibat adanya perbedaan panas.

Contohnya, didaerah laut khatulistiwa memiliki udara yang lebih panas ketimbang dibagian utara dan selatan, nah udara panas yang berlebihan tersebut akan dibawa ke bumi bagian utara dan selatan, sehingga menciptakan keseimbangan panas yang merata.
emoticon-Matabelo
Sebagai informasi, perbedaan temperatur di kawasan khatulistiwa dan kutub mencapai 120 derajat celcius!! 😱
Kalau seandainya perbedaan temperatur yang begitu besar tersebut terjadi di permukaan bumi yang gak ada gunung, maka hal buruk yang akan terjadi adalah badai besar sejenis topan atau tornado akan memporak-porandakan seluruh isi bumi ini.

Demikianlah peristiwa ekstrem yang akan terjadi bila bumi ini diciptakan tanpa adanya gunung, patutlah kita sebagai manusia harus bersyukur kepada yang kuasa.
emoticon-Angel
Kesimpulan Hikmah:

"Walaupun terkadang gunung menyebabkan bencana letusan dan gempa bumi, yang mana hal tersebut membuat banyak orang kehilangan orang tercinta dan juga tempat tinggalnya.

Akan tetapi janganlah menilai hal tersebut sebagai sebuah akhir dari kehidupan, melainkan hal itu terjadi demi sebuah kehidupan yang lebih baik lagi dimasa mendatang."
emoticon-Recommended Seller
Narasi: Opini Pribadi
Sumber berita: (Disini)
Sumber gambar: Google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aparian dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
1, 2, 3 ngaco semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Ngakak:

emang ada dampak negatif kalo tidak ada gunung yaitu putusnya siklus karbon
profile-picture
profile-picture
Andriana7 dan NadarNadz memberi reputasi
Quote:

Gw rasa juga gitu.
emoticon-Ngakak
Quote:

Bener bro, sbenarnya sih bnyak.
Cuma ga kuat aja.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
gunung

thx
profile-picture
profile-picture
odi17 dan Andriana7 memberi reputasi
pagi2 ngomongin gunung apa nih bre ... emoticon-Ngakak

ngopi dulu lah
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gunung yg mana ?
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
Gunung Kidul
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
apapun dampaknya, yg penting pejwan diamankan
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
wih ngeri jg ya dampak ny
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
Quote:

emoticon-Takut

sebaliknya kalau ada gunung setinggi Mount Olympus di bumi bakal gimana ya?

Quote:

ikutan mejeng ah emoticon-Cool

Quote:

tentu saja gunung di alam kita gan emoticon-Cool

Quote:


thx atas apaan gan? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Andriana7 dan junaedi1982new memberi reputasi
Diubah oleh kreator.9.ES
kalo gx ad gunung, pertumbuhan anak2 akan terhambat bre, kurang gizi
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Andriana7 dan emonzeee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oh berarti maksud "gunung dibuat agar bumi tidak goncang" adalah agar bumi tidak chaos.

Kata goncang disini berarti maksudnya chaos. Bukan "gempa bumi" tok.


Kalimat ini sering dipake ateis, koq masih ada gempa padahal sudah ada gunung.


Ngakak.



Skrg sudah terjawab.
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
yg pasti kga akan ada pendaki gunung
profile-picture
profile-picture
KzRaItoN dan Andriana7 memberi reputasi
6.tidak akan ada bencana gunung meletus
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
ane pengen mendaki gunung kembaremoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 3 lainnya memberi reputasi
Di indonesia kan ada legenda
Dri era jaman hindu-budha dlu

Kl dulu bumi nusantara sering gempa

Akhirnya btara hyang guru mengutus para naga ( basuki , antaboga , taksaka ) untuk mengambil potongan dri gunung mahameru

Dan dsebar sepanjang bumi nusantara
Semenjak itu nusantara gak sering gempa lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KzRaItoN dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Inilah Yang Akan Terjadi Bila Tidak Ada 'Gunung' Dimuka Bumi Ini. Mengerikan!!

Inilah Yang Akan Terjadi Bila Tidak Ada 'Gunung' Dimuka Bumi Ini. Mengerikan!!

Iki emoticon-Shakehand2
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Diubah oleh smersh64
Lihat 1 balasan
Pasak bumi
profile-picture
Andriana7 memberi reputasi
Quote:


Gunung kim kadarsian dong ganemoticon-Wowcantik
profile-picture
smersh64 memberi reputasi
yang perlu diluruskan, gunung itu bukan pilihan gan. Ya alam ini satu paket beserta gunungnya, ga bisa dibayangin juga ga ada gunung, wong tenaga endogenik bumi ya mengakibatkan gunung

nice thread by the way
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan NadarNadz memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di