KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db97020c9518b6f936fd751/cpns-2019-segera-dibuka-ini-5-tips-agar-kamu-lolos-seleksi

CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi

CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengumumkan secara resmi pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dimulai pada 11 November 2019. 

Tentunya, pengumuman tersebut adalah momen yang telah ditunggu-tunggu karena tanggal pendaftaran CPNS 2019 sudah beberapa kali mengalami penundaan.

Nah bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan dalam tes CPNS tahun ini, berikut lima tip untuk kamu yang ingin daftar CPNS 2019. Check it out! 

1. Rutin ikuti informasi terkait CPNS 2019 di website resmiCPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
Untuk informasi awal tentang pendaftaran CPNS, kamu bisa masuk ke website sscasn.bkn.go.id yang akan dibuka pada 11 November mendatang. Pada website tersebut akan diinformasikan dokumen yang harus disiapkan untuk diunggah secara online sampai tanggal-tanggal penting pelaksanaan seleksi. 

Namun, kamu juga harus secara rutin memantau website resmi dari kementerian/lembaga yang kamu pilih pada seleksi CPNS. Hal tersebut karena pada website resmi kementerian/lembagaitulah informasi lebih detail akan diinformasikan.

Dalam laman kementerian/lembaga akan dijelaskan mengenai persyaratan detail untuk setiap posisi pada lowongan CPNS. Misalnya, dalam website kementerian/lembaga akan ditulis posisi apa saja yang menerima lulusan SMA/Sederajat dan lulusan Sarjana. 

2. Siapkan dokumen serta berkas penting dengan teliti dari jauh-jauh hariCPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
Setelah kamu tahu informasi tentang dokumen dan berkas penting apa saja yang harus disiapkan dari laman web resmi, janganlah tunda untuk segera melengkapinya.

Dokumen serta berkas penting yang disiapkan pada umumnya terdiri dari, scan KTP asli, foto resmi, ijazah, dan transkrip nilai asli. 

Selain bergegas untuk melengkapi dokumen dan berkas penting, kamu juga harus secara teliti memeriksa kelengkapannya berkali-kali. Hal ini untuk memastikan kesiapan dokumenmu. 

3. Ketahui tiga bidang tes CPNS dengan baik dan benarCPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
Seperti dikutip dari Antara, lulusan CPNS 2018 dengan nilai tertinggi, Herianto mengatakan ada tiga bidang tes yang akan diujikan kepada peserta CPNS. Tiga bidang tersebut terdiri dari, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Herianto mengatakan dalam mengerjakan ketiga tes tersebut dibutuhkan ketepatan dan kecepetan. "Untuk menjawab soal tes, bukan hanya tepat yang diperhatikan, namun kecepatan juga karena ada waktu pengerjaan soal. Jawaban harus benar dan sesuai waktu," ujar Herianto, Rabu (9/10).

Herianto menjelaskan, untuk bidang TIU, peserta dituntut untuk latihan dengan rajin. Menurutnya, soal tes yang ada polanya hampir mirip. Sedangkan, bidang TWK peserta harus kuasai makna dari Pancasila dan Undang-Undang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Herianto menjelaskan, dalam menjawab soal pada bidang TKP, peserta harus bisa memposisikan dirinya sebagai ASN yang berintegritas dan mengutamakan kepentingan publik.   

4. Bangun kepercayaan diri dalam tahap wawancaraCPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
Tentunya, pada tahap wawancara kamu harus percaya pada kemampuanmu sendiri. Sehingga, kamu harus menampilkan kepercayaan diri tersebut ke pewawancara. Misalnya, dalam berbicara, usahakan untuk terus menatap mata dan tidak menimbulkan gerak-gerik yang kikuk. 

Bawalah bahasa tubuhmu sehalus dan sesopan mungkin. Pada sesi diskusi, berikan jawaban-jawaban yang tegas serta tepat sasaran. Misalnya, dengan memberi solusi realistis saat diberi pertanyaan, alih-alih menjawab terlalu diplomatis. 

5. Pastikan kembali lokasi ujianmu dan datanglah lebih awal dari jadwalCPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 5 Tips Agar Kamu Lolos Seleksi
Satu hal penting yang juga harus diperhatikan adalah lokasi tempatmu melakukan ujian. Sebab, banyak peserta CPNS yang gagal sebelum berperang karena telat datang ke lokasi ujian. Pastikan lokasi ujianmu untuk membuat estimasi waktu tempuh. Kamu juga bisa luangkan waktu pada sehari sebelumnya, untuk mengecek lokasi. 

Di hari ujian, usahakan kamu datang lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dapat menghindari kamu dari segala hambatan di perjalanan. Misalnya, sampai di lokasi ujian satu jam sebelum waktu ujian. Sambil menunggu, kamu bisa menenangkan dirimu agar tidak gugup atau sekadar baca-baca materi soal. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

profile-picture
m3mpis memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di