alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ada 4 Jenis Filter Udara Sepeda Motor yang Beredar Dipasaran, Apa Aja ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db90c4668cc952dd04f5853/ada-4-jenis-filter-udara-sepeda-motor-yang-beredar-dipasaran-apa-aja-ya

Ada 4 Jenis Filter Udara Sepeda Motor yang Beredar Dipasaran, Apa Aja ya?


Semua motor entah itu injeksi atau karburator, pasti dibekali part yang namany filter udara. Part yang ini fungsinya adalah untuk membersihkan atau menyaring udara sebelum masuk keruang pembakaran. Atau gak salah juga kalau ada yang bilang fungsinya sebagai penyaring kotoran dijalanan yang berpotensi masuk ke ruang pembakaran.

Jika debu atau kotoran tersebut masuk ke ruang pembakaran, maka akan berdampak kurang baik ke kendaraan GanSis. Dampak yang paling serius ketika ini terjadi adalah kerusakkan pada dinding piston. Ini karena pada piston yang bergerak, ada kotoran yang menempel yang membuat adanya gesekan dengan dinding piston.

Salah satu ciri yang disebabkan oleh filter udara adalah munculnya asap putih dari lubang knalpot. Kalau udah berasap kayak gini, Agan dan Sista kudu hati – hati tuh, kalau bisa langsung bawa ke bengkel aja GanSis.
Ada 4 Jenis Filter Udara Sepeda Motor yang Beredar Dipasaran, Apa Aja ya?

Nah ngomongin filter udara pada sepeda motor, ternyata di pasaran tu ada empat jenis filter udara dilihat tipe bahannya:

Filter udara tipe kering

Filter yang satu ini biasanya digunakan pada motor yang berumur muda GanSis. Filter yang berbahan kering ini, mempunyai harga yang cukup murah GanSis dan cara mendapatkannya juga lebih mudah. Untuk pemakaiannya, filter bisa diganti setelah pemakaian 7.500 km sampai 10.000 km. Ketika sudah berada diinterval ini, segera ganti filter udara supaya terhindar dari dampak jeleknya.

Filter udara tipe basah

Motor – motor keluaran baru seperti motor matik, biasanya menggunakan filter udara dengan tipe basah GanSis. Filter ini disebut basah karena pada area filter kertas diberi pelumas yang fungsinya untuk menangkap kotoran dan debu. Nah, karena adanya pelumas ini, maka jangan sekali – kali filter ini dicuci dengan bensin atau air, karena bisa menghilangkan pelumas yang udah nempel pada filter udara.

Filter udara tipe busa

Nah kalau yang jenis ini banyak ditemukan pada motor – motor lama GanSis. Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dibersihkan. Untuk interval pemakaian, filter ini bisa diganti setelah pemakaian 12 – 15 ribu km. Agan dan Sista yang motornya tahun 2006 kebelakang, kemungkinan besar filter yang digunakan adalah yang tipe ini GanSis.

Filter udara tipe stainless steel

Beda ama tipe yang Ane sebutin diatas, filter udara yang satu ini biasanya gak digunakan pada motor – motor pabrikan. Filter ini lebih banyak digunakan pada motor – motor custom atau motor yang dibangun sendiri ama yang punya. Filter udara tipe stainless steel ini dijual dengan harga yang tinggi GanSis. Diperkirakan harga jualnya tuh bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat harga filter konvensional. Part ini mahal karena cara membersihkannya lebih mudah dan durabilitasnya juga masih lama.


profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
niicee gan
triiit triit begini yg ane suka

emoticon-Jempol
ane baru tau gaes
Quote:


Saya juga gaes emoticon-Goyang
profile-picture
twitteregg memberi reputasi
makasih gan infonya jadi tau nih macem macem atribut motor kaya gini
keren banget gan sangat informatif threadnya! keep it up! ane jadi tau mana yg cocok buat motor ane
Nice information gan, ane kira filter udara tiap motor jenis apa aja tuh sama semua


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di