CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Tahukah Anda? Orang Pertama Yang Melantunkan Lagu "Indonesia Raya"??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db7f2314601cf7e8c73033d/tahukah-anda-orang-pertama-yang-melantunkan-lagu-quotindonesia-rayaquot

Tidak Disangka!! Inilah Orang Pertama Yang Melantunkan Lagu "Indonesia Raya".

Tahukah Anda? Orang Pertama Yang Melantunkan Lagu "Indonesia Raya"??
Tahukah Anda? Orang Pertama Yang Melantunkan Lagu "Indonesia Raya"??

• Assalamualaikum Wr. Wb •

Meski Hari Sumpah Pemuda sudah diperingati kemarin, yaitu pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Namun hari yang sangat bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia tersebut, menyimpan berbagai peristiwa menarik didalamnya.

Salah satunya adalah, siapa yang pertama kali melantunkan lagu "Indonesia Raya" dihari 'Sumpah Pemuda' dilaungkan? Gw yakin banyak diantara kita yang tidak tahu apalagi tempe. 😂

Untuk #MelawanLupa dengan sejarah bangsa sendiri, kali gw ingin berbagi kisah sejarah tentang 'siapa orang yang pertamakali' melantunkan lagu Indonesia Raya sebelum Indonesia merdeka.

Dan menariknya lagi, umurnya pada saat itu sangatlah muda. Siapkah dia? Mari kita cari tempe.
emoticon-cystg


• Pencipta Lagu Kebangsaan 'Indonesia Raya' •

Quote:


Lagu kebangsaan Indonesia Rayatelah diciptakan jauh sebelum Indonesia merdeka. Lagu Kebangsaan tersebut telah diperkenalkankan kepada publik 'beberapa tahun' sebelum proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 silam.

Lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman ini telah dilantunkan pertama kalinya di hadapan publik pada tahun 1928 di hari yang sekarang kita sebut sebagai "Hari Sumpah Pemuda."

Dan lagu Indonesia Raya tersebut dilantunkan pertamakali untuk publik oleh 'seorang remaja seumuran anak SMA'.
emoticon-Wow
Ia tak menyangka bahwa lagu yang dilantunkannya pada saat "perhelatan Kongres Pemuda II" tersebut, akan menjadi sebuah lagu kebangsaan ketika negaranya merdeka kelak.

Pada masa itu gadis tersebut masih berusia 15 tahun, bahkan ia mengaku belum layak untuk disebut sebagai seorang pemuda/i. Lagu 'Indonesia Raya' pertamakali ia lantunkan disebuah rumah yang beralamat, Jln. Kramat Raya No.106, Djakarta.

Semula ia menolak ajakan kawannya untuk datang ke rumah yang sedang ramai orang-orang muda (kalau istilah sekarang, anak-anak club. Tapi anak club jaman doloe kegiatannya berkontribusi untuk perjuangan kemerdekaan 😍) di 'jalan Kramat Raya' tersebut.

Quote:


Karena dibujuk terus-menerus oleh Johana Tumbuan,seorang kawannya yang berasal dari 'Minahasa' yang sangat ingin datang ke acara 'kongres' tersebut.

Akhirnya gadis remaja ini pun terpaksa harus ikut menemani kawannya ke perkumpulan kongres anak-anak muda di jalan Kramat Raya tersebut.
emoticon-I Love Indonesia


• Sang Pengumandang Lagu "Indonesia Raya" Pertamakali •

Quote:


Dolly Salim,ialah sang pelantun lagu kebangsaan "Indonesia Raya" pertamakali, yang pada saat itu terbilang masih sangat muda, yaitu berumur 15 tahun.

Gadis yang bernama lengkap Theodora Athia Salim lahir pada 26 Juli 1913, anak sulung dari Bapak H. Agus Salim.

Namanya menjadi terkenal saat ia melantunkan lagu "Indonesia Raya" pada tanggal 28 Oktober 1928 di sebuah acara "Kongres Pemuda II", yang kemudian dijadikan sebagai lagu kebangsaan.


• Mengenal Sosok Dolly Salim •


Dolly (sapaannya) saat itu bukanlah anggota kongres ataupun anggota kelompok gerakan pemuda, melainkan hanyalah seorang anggota organisasi kepanduan "Natipij"(National Indonesische Padvinderij).

Organisasi yang berada di bawah naungan Persatuan Pemuda Islam (Jong Islamienten Bond), sebuah organisasi pemuda Islam dimana ayahnya "Haji Agus Salim" berkedudukan sebagai penasehat.
emoticon-Matabelo
Setelah acara "ikrar Sumpah Pemuda" pada saat itu, untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya diperkenalkan dan dilantunkan sendiri oleh sang penciptanya dengan menggunakan biola.

Pada saat lagu tersebut dikumandangkan, suasana riuh yang ada di Jalan Kramat Raya no.106 Jakarta, tiba-tiba menjadi hening dan penuh khidmat.

Wage Rudolf Supratman memukau banyak pasang telinga kala itu, dengan lantunan lagu ciptaannya "Indonesia Raya".
emoticon-I Love Indonesia
Para audiens yang hadir ditempat termasuk anak sulung Haji Agus Salim, Dolly Salim meminta untuk mengulang kembali lagu tersebut seusai dilantunkan.

Namun pembawa acara pada saat itu menunjuk salah satu diantara hadirin yang datang, agar berkenan mengikuti kongres untuk melantunkan lagu ciptaan "WR Supratman" tersebut.

Dolly Salim tak menyangka bahwa saat itu ia ditunjuk untuk melantunkan lagu yang sangat 'sakral' tersebut.
emoticon-Wow
Akhirnya ia menyetujui untuk melantunkan lagu kebangsaan tersebut di depan khalayak ramai pengunjung yang datang. Berdiri di atas sebuah kursi, dengan lantang dan menghayati, Dolly Salim Pun melantunkankan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Quote:


Peristiwa yang sangat bersejarah dan begitu heroik untuk dibahas, salah satunya ialah pada saat lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dilantunkan oleh Gadis yang berusia 15 tahun bernama Dolly Salim beserta anggota kongres.

Lagu "Indonesia Raya" pada saat itu ada beberapa perubahan kata didalam liriknya, salah satunya adalah kata 'merdeka' diganti dengan 'mulia'.
emoticon-Mewek
Dengan mulus Dolly Salim melantunkan lagu 'gubahan' WR Supratman tersebut. Atas aksinya yang luar biasa itupun Dolly disambut dengan riuh tepuk tangan dari pendengar yang hadir.

Momen yang sangat langka dan bersejarah itu takkan pernah dilupakan oleh Dolly, karena peristiwa itulah namanya dikenal sebagai "pelantun lagu Indonesia Raya yang pertama."
emoticon-Ultah
Sejak itulah Dolly Salim yang masih berusia 15 tahun menjadi semakin giat untuk berkiprah sebagai pemudi pejuang. Walau begitu, ia masih tetap aktif di organisasi kepanduan Natipij hingga tahun 1932.


[ • Akhir Dari Riwayat Sang Pelantun • ]

Setelah Dolly muda menjadi dewasa, ia beserta keluarganya pindah ke Yogyakarta dan disana pula ia bertemu dengan sang kekasih hati, Mr. Soedjono Hardjosoediro.
emoticon-Kimpoi
Pada tahun 1935 seorang mantan Rektor Universitas Islam Indonesia di Jakarta tersebut, menikahi seorang wanita pertama pelantun lagu "Indonesia Raya". Pernikahan Soedjono dengan Dolly dikaruniai empat orang anak.

Lalu pada tanggal 24 Juli 1990, Pelantun lagu "Indonesia Raya" itupun menutup riwayat sejarah kehidupannya.
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Kesimpulannya:
"Jika seseorang melakukan kebaikan disepanjang sejarah hidupnya, maka ia akan dikenang sebagai sosok pahlawan kehidupan.

Kehidupan didunia ini hanya sementara, maka dari itu lakukanlah hal yang terbaik untuk diri sendiri maupun kepada orang lain.

Dengan begitu walaupun ragamu mati dikubur tanah, tapi tidak dengan nama dan jasa baik mu."

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Narasi: Pribadi
Sumber ide: (Disini)
Sumber gambar: google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NadarNadz
Halaman 1 dari 4
Jadi tanpa Johana Tumbuan, Dolly Salim nggak akan datang ke kongres anak muda di Kramat Raya dan entah siapa yang melantunkan Indonesia Raya nantinya.

Sejarah sereceh ini, ya. Sebagai orang Manado aku bangga!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh astrophel
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan NadarNadz memberi reputasi
Quote:

Makhasih gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:


Yap, begitulah gan. Ga enak sama kompany nya waktu itu.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
menurut saya, The National Anthem of Indonesia ini adalah salah satu lagu kebangsaan paling terbaik didunia, bisa dilihat dari instrumen musiknya yang sangat enak didengar, bahkan The Star Spangled Banner miliknya Amerika Serikat dan God Save the Queen miliknya Britania Raya aja kalah telak .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 4 lainnya memberi reputasi
baru tau ane...
nice inpoh gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
loh ada sejarahnya toh, baru tauemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
🙁 keluarga beliau layak diberi kredit ...

ngapain kasih pesangon ke keluarga dpr yang gak ada manfaat nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bener nih, keluarganya harus diberi royalty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
gileee, baru tau sekarang, 26 tahun ngapain aja gw sampek baru tau pelantun indonesia raya pertama kali,
emoticon-Betty emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 3 lainnya memberi reputasi
gak ada rekamannya yah sayang.... biar pada dengerin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
baru tau ane ehemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi
waw benar2 membuat ana terkenyut ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan kakekane.cell memberi reputasi
Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
Bru tau ane emoticon-Malu (S)
Nais impo gan emoticon-Blue Guy Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan kakekane.cell memberi reputasi
wah,,, nggak nyangka ya emoticon-Matabelo
profile-picture
2V7 memberi reputasi
Lagu "Indonesia Raya" pada saat itu ada beberapa perubahan kata didalam liriknya, salah satunya adalah kata 'merdeka' diganti dengan 'mulia'.
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
emoticon-Traveller
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
Quote:


Pasti merinding bre kalo udah denger dari lirik pertama.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
gembok dulu
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
denger denger nada nya plagiat lagu luar y bre
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di