CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db76d03a727684bdf6fc121/sudah-benarkah-sikapmu-jangan-biarkan-hubunganmu-hancur-sebab-lalai-melakukan-ini

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!


Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!

Sebuah hubungan selayaknya tanaman yang harus dipupuk, dijaga, disiangi, dan disiram setiap harinya agar tumbuh subur dan menghasilkan. Hubungan yang dibiarkan tidak terpelihara juga akan menimbulkan masalah pada pertumbuhannya. Kiat dasar membina hubungan tidak hanya mengarah kepada hubungan antara laki-laki dan perempuan yang terikat cinta, sebenarnya dapat diterapkan secara lebih luas pada interaksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kerja, keluarga, bertetangga, sampai kolega bisnis.

Lalu bagaimana caranya? Berikut 10 kiat dasar dalam membina hubungan.

1. Affection (Kasih Sayang)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Seperti kesetiaan sepasang merpati

Apapun yang kaulakukan untuk orang lain didasari oleh perasaan dan sikap tanpa pamrih, itu kira-kira bentuk dari afeksi. Jika memperlakukan sebuah hubungan dengan menyayangi seseorang kalau ia bisa memenuhi keinginanmu, lalu tidak memedulikannya kalau tidak mendapatkan apa-apa darinya, itu ibarat hubungan dalam hitung dagang, tidak ada afeksi di dalamnya. Hal itu hanya akan menimbulkan konflik dan sakit hati. Dasari ketulusan dalam setiap lakumu padanya.

2. Appreciation (Penghargaan)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Ucapan terima kasih salah satu bentuk penghargaan yang sederhana via

Kau menghargai orang lain sebagaimana adanya dia. Kau tidak menuntut dan memaksanya untuk berlaku sesuai keinginanmu. Pemaksaan akan menimbulkan perasaan tidak dihargai dan menghilangkan ketulusan dalam tindakan. Sebaliknya, sebuah sikap yang mendapat apresiasi akan memancing seseorang dengan tulus melakukan hal itu kembali bahkan lebih. Kurangnya apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukannya untukmu juga akan berdampak pada dominasi di salah satu pihak. Suatu hubungan percintaan tidak akan sehat karena pemaksaan, dan dominasi bukanlah cinta.

Baca juga: Jangan Ada Dusta! Ini 7 Petunjuk Dia Sedang Berbohong!

3. Acknowledgement (Pengakuan)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Kekecewaan lebih dalam menoreh hati via

Adalah penting memberikan pengakuan atas harapan seseorang kepadamu. Perasaan kecewa akan timbul jika harapan dan perasaannya tidak mendapatkan pengakuan karena sikap abai darimu. Kau tentu tahu, kekecewaan lebih sulit dihilangkan dibandingkan kemarahan. Kau hanya perlu menumbuhkan empati atau memahami perasaan orang lain untuk menunjukkan sikapmu bahwa kau memberikan pengakuan terhadap harapan dan perasaannya. Bukan dengan bersimpati atau merasa kasihan terhadapnya.

Baca juga: Khawatir Bertepuk Sebelah Tangan? Ini 9 Bahasa Tubuh Pertanda Dia Menyukaimu

4. Acceptance (Penerimaan)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Terima seperti apa adanya dirinya

Memberi kesempatan kepada orang lain untuk menjadi diri sendiri dan berkembang dengan dirinya. Cintai pasanganmu dalam benar dan salahnya, maklumi sahabat dan teman-temanmu sebagaimana dia dengan sifatnya, walaupun tidak sesuai dengan harapanmu. Sadari bahwa kau pun pernah mengecewakan orang lain dengan keterbatasan dirimu. Mengikat seseorang untuk berkembang adalah tindak yang tidak bijaksana. Bukanlah milikmu diri orang lain atau kekasihmu. Jika kau menyayangi seseorang, kau tidak akan mengikatnya.

Quote:

5. Action (Tindakan)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Hadiah sebagai surprise membuat percikan cinta

Menunjukkan bahwa kau berusaha terus menerus membangun hubungan harmonis. Bahwa kau menghargai hubungan yang terjalin antara kau dan pasangan atau orang lain. Tunjukkan aksimu untuk hal itu. Kau bisa menghubungi teman lamamu dan itu telah menunjukkan bahwa kau masih mengingatnya, menghargai hubungan antara kalian. Memberikan perhatian atau hadiah kecil kepada pasanganmu telah menunjukkan bahwa tindakan yang kaulakukan itu adalah untuk memelihara cinta antara kalian. Jika cukup hanya memahami bagaimana membina suatu hubungan tanpa ada tindakan, maka itu hanya akan menjadi sebatas khayalan.

6. Komunikasi (Communication)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Berbincang dalam berbagai hal

Komunikasi adalah alat penting untuk suatu hubungan yang sehat. Ungkapkan apa keinginanmu. Jangan berharap orang lain dapat membaca isi pikiranmu tanpa kauungkapkan. Kau juga harus tahu kapan harus bicara, dan kapan harus diam. Namun, perlu diingat, komunikasi bukan hanya berbicara, tetapi juga mendengar. Saling terbuka merupakan ciri hubungan yang mulus. Biarkan juga ia mengungkapkan isi hatinya, jangan memonopoli pembicaraan. Komunikasi yang baik adalah bila kautahu kapan harus bicara, dan kapan harus jadi pendengar.

7. Humor

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Tertawa juga menyehatkan hubungan

Dengan humor, hubunganmu dengan kekasih akan lebih berwarna. Dengan tidak melulu membicarakan hal serius tentang masa depan. Bisa jadi kau dan dia terlalu tegang akibat fokus memetakan kehidupan yang diinginkan, dan menjadi terlupa bahwa tidak semua rencana harus terwujud secara ideal sesuai gambaran dan keinginan, tetapi bisa saja terjadi dalam bentuk berbeda. Rencana-rencana berdua bisa terlihat realistis setelah diselipkan candaan. Tentu saja, kau dapat memakai humor di saat memang ingin tertawa, atau sebagai penyelamat suasana, misalnya untuk menghilangkan suasana kaku setelah bertengkar.

8. Pertengkaran (Quarrel)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Pertengkaran layak jika akhirnya menyatukan

Setiap hubungan pasti pernah bertengkar. Hal itu sangat mungkin terjadi karena ada dua karakter dan pemikiran yang berbeda dari masing-masing individu yang dibujuk untuk bersepaham dalam ikrar relasi. Perselisihan paham menjadi lumrah bila kita menyadari pemikiran bahwa suatu hubungan terjadi adalah antara diri sendiri dengan pihak luar atau faktor di luar diri sendiri. Seyogianya tidak ada pemaksaan untuk mengikuti satu pihak dan mengabaikan pihak lainnya. Perselisihan diperlukan agar setelahnya ditemukan titik temu, dan dapat mengoreksi ke dalam diri sehingga lebih mawas. Agar pertengkaran terjadi efektif, fokuskan pembicaraan pada satu masalah. Jangan melebar ke mana-mana.

Baca juga: Pertengkaran Disebabkan Hal Ini? Enggak Worth-It, dong!

9. Memaafkan (Forgive)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Jika kau mencintai, maka kau memaafkan

Memaafkan berarti tak membesar-besarkan kesalahan kecil. Selesaikan permasalahan dengan komunikasi yang baik. Masalah yang sudah dibicarakan dan dirasa sudah cukup mendapat penyelesaian, tidak perlu lagi diungkit-ungkit di masa mendatang. Berikan maaf dan lupakan kesalahan itu. Jika kau mengungkitnya, maka sebenarnyalah kau ingin hidup di masa lalu sementara berada di masa sekarang. Kalau demikian, kapan kau akan menikmati hidup?
Jika merasa marah, segera berpikir mencari tahu apa yang menekan perasaanmu sehingga membuatmu meledak. Lebih penting, jangan mengambil sebuah keputusan ketika sedang dikuasai rasa marah. Kemarahan membuat keruh pikiran, dan sulit mengharapkan tindakan yang bijaksana dari pikiran yang keruh.

10. Keseimbangan (Balance)

Sudah Benarkah Sikapmu? Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur Sebab Lalai Melakukan Ini!
Saling menempatkan diri untuk keseimbangan

Ketahui kapan harus menerima dan kapan memberi. Kompisisi berapa yang kauberikan dan berapa yang diberikan pasangan tidak selalu fifty-fifty. Kadang kau dapat memberi lebih, tetapi kadang dia yang lebih banyak memberi. Ketidakseimbangan tentu akan mengakibatkan sebuah hubungan menjadi goyah dan mudah hancur.

Pelihara hubungan yang telah kaupunya, sebagaimana kausadari juga bahwa membangunnya pun tidak mudah.


Referensi: oppri, catatan lama
Ilustrasi: Geulgram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elvici
Halaman 1 dari 30
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
Silahkan dikoreksi masing-masing gan, biar lancar jaya. Berhubung memang saat ini banyak sekali penyebab hancur hubungan. Tapi yang penting kita masing-masing koreksi diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
10 kiat dalam membina hubungan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul sekali, Gan. Bukan berarti TS tidak pernah melakukan kesalahan emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh elvici
Quote:


Tapi aku pernah liat film yang diiket iket gitu. Mereka saling sayang cuma caranya diiket iket gitu. Ituloh film FSOG


emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 6 lainnya memberi reputasi
menerima seseorang berarti siap dengan segala kekurangan dan kelebihannya ,😍♥️🌹
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan elvici memberi reputasi
nyesek, Sista.
Aku bacanya berkaca-kaca.😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan, hubungan aral melintang akan selalu senantiasa mengiringi, saling support dan membangun itu kunci suatu hubungan~
nice trit sist.
profile-picture
elvici memberi reputasi
Quote:


Sa ae lu Mbak. *Timpuk
Quote:


Thank you very much for u, Sis
Quote:


Mudah-mudahan pasangannya juga baca ya Mas
profile-picture
danymarta memberi reputasi
Quote:


Ya ampun. Kenapa, sedang ada masalah dalam hubungannyakah? emoticon-Mewek
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Quote:


Pasti baca Non~
Quote:


Yup. Penerimaan. Terima dia sebagaimana dia menerima kita
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
Quote:


Alhamdulillah kalo gitu 😂
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan danymarta memberi reputasi
Bener banget, Ka. Yg gak kalah penting adalah harus saling percaya. Jangan ada dusta di antara kita. Oke?😆
profile-picture
elvici memberi reputasi
Humor jg gak kalah penting yah, biar hubungan gak gitu2 aja
profile-picture
elvici memberi reputasi
Quote:


Ya benar. Rasa percaya tumbuh setelah sikap yang kita berikan pada pasangan dan yang dia tunjukkan pada kita
Quote:


Alhamdulilah banget kalo dia ngeliat dan baca *lirik2 post atas emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 30


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di