KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bergabung Dengan Komunitas Menulis? Pikir Lagi Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db1137fe83c722705724d30/bergabung-dengan-komunitas-menulis-pikir-lagi-gan

Bergabung Dengan Komunitas Menulis? Pikir Lagi Gan!

Bergabung Dengan Komunitas Menulis? Pikir Lagi Gan!

Selamat pagi, karena pagi adalah awal munculnya harapan baru. Senja memang indah, tapi percayalah, itu hanya awal dari gelap dan pekat. Ok cukup basa-basinya. Semoga tidak ada yang marah hanya karena melihat judul. Meski sejatinya, gw memang mengharapkan ada yang punya niat menghantamjudul yang gw buat. Menghantam dengan karya tentu saja. Bukankah elok, ketika tulisan dibalas dengan tulisan? Karya dibalas karya?

Apa sih yang anda inginkan ketika bergabung dengan komunitas menulis? Sebuah bimbingan menulis yang baik dan benar? Jika ini alasan anda, yang perlu anda lakukan adalah melakukan riset tentang siapa founder dari komunitas itu. Jika basic pendidikan dia minimal sarjana linguistik, kalian ada di komunitas yang benar. Jika tidak ada basic pendidikan bahasa, kok berani membuka komunitas menulis, dan kalian masuk karena ingin menulis yang baik dan benar, ya anda salah komunitas. Lha basic pendidikan formal saja tidak punya kok mau ngomong soal kaidah bahasa. Betul itu bisa dipelajari, tapi apakah matang?

Apakah bisa seahli dengan mereka yang memang beneran belajar di bidang linguistik? Saya kira tidak. Kalau semua bisa dipelajari secra otodidak, buat apa ada Fakultas Bahasa di kampus-kampus ternama di negeri ini. Jika sesuatu tidak diserahkan pada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya. Kutipan yang pas untuk ini.

Bergabung Dengan Komunitas Menulis? Pikir Lagi Gan!

Bagaimana jika tujuan anda bergabung adalah untuk menumbuhkan ide?Ini  sepele banget, tanpa anda gabung ke komunitas tulis pun anda bisa mendapat jutaan ide, asalkan anda mau. Lho kok bisa? Ya bisa, apa saja yang anda lihat, anda dengar, dan anda rasakan, bisa kok jadi ide. Masih kurang? Silahkan baca karya-karya orang besar. Tan Malaka, Mochtar Loebis, atau kalau yang mau yang lebih ringan baca tulisan berserinya Dahlan Iskan dan Azrul Ananda, ide akan muncul jauh lebih banyak daripada "mentor-mentor" anda di komunitas.

Saya gabung karena butuh dimotivasi oleh teman-teman yang sehobi.Haduh! Anda ini manusia merdeka lho! Anda ini punya tanggung jawab pada diri anda lho, masak untuk sekedar motivasi saja masih menggantungkan pada orang lain? Apakah orang yang anda gantungi untuk memotivasi anda punya kapasitas untuk itu? Kalau hanya terlihat luarnya saja gimana? Lagi pula, ngaku punya hobi menulis, passion di dunia menulis, lha kok motivasi menulis saja tidak bisa dibangkitkan sendiri. Jangan-jangan anda salah passion. Jangan-jangan passion anda memasak?  Coba diteliti ulang sebelum terlalu dalam salah passion.

Bergabung Dengan Komunitas Menulis? Pikir Lagi Gan!

Saya gabung ke komunitas menulis, karena ingin menjual karya saya. Sekali lagi, lihat siapa bosskomunitas tulis itu. Berapa bukunya yang sudah terbit dan terjual habis. Karya tulisnya macam apa saja, best seller kah? Jangan sampai kejadian, anda punya kemampuan lebih ternyata hanya jadi bumper bagi founder yang ternyata tidak bisa apa-apa. Indikasinya apa? Karya anda lebih banyak dibaca oleh orang dari pada karya si founder. Ini kuantitatif dan bisa diukur lho. Kan lucu, masak founder kalah view sama kroco alias anggotanya. Namanya founder, berani bikin kelas menulis, ya harus punya kemampuan menjual tulisannya dong. Kalau modal ilmu dari google, kenapa tidak cari sendiri?

Well, menulis itu bebas, bertanggung jawab. setiap tulisan itu menarik dan tidak ada tulisan sampah kecuali tulisan hasil plagiasi. Jika kebebasan mu harus diatur oleh komunitas mu, lalu di mana kemerdekaan mu sebagai seorang penulis? Kaidah bahasa yang baik memang perlu, jika orientasi mu masuk ke media resmi. Tapi apakah tulisan suka-suka tidak boleh dan tidak laku untuk dijual? Jika kembali ke orientasi diri, kepuasan batin, puas mana berkarya dengan merdeka dengan berkarya kebanyakan diatur?

Last, lihatnya slogan Kreator Kaskus,"BEBASKAN IMAJINASI MU.." Suruh bebas kok suka diatur. Hahahahaha. Makanya, saya rada gimana gitu kalau ada komunitas menulis. Mending jangan masuk deh, enakan jadi lone wolf yang bebas mau ngapain aja. Tidak banyak kelas teori, kelas ini dan itu. Sampai lupa pada satu esensi dasar menulis, KEBEBASAN!! Jadi? Mulailah menulis! Gitu aja kok repot! Salam Damai.

Merdeka!

Sumber Gambar : sini, sini, sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngopiserius dan 40 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 25
Quote:


Nah ini ane setuju emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ndutsetiawan dan 2 lainnya memberi reputasi
tujuannya aku berkominitas mungkin lebih kepada menghilangkan rasa sepi..dengan berinteraksi. ...karena gak semua orang entu mempunyai kehidupan yang asik. Dengan berinteraksi setidaknya bisa mengurangi rasa sepi dalam diri.

Banyak juga loh yang membutuhkan motivasi untuk diri..karena mengobati rasa entu paling sulit... gak semua orang bisa memperbaiki diri. Kalo bisa memperbaiki diri sendiri tanpa bantuan orang lain, tidak akan ada yang namanya orang gila. Sebab gak semua orang itu sama otak dan pemikirannya om.

Salam ya omnya... Cuma sekedar curhat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yeeeee lo mah namanya cuma nyari temen dumay doang emoticon-Cape d...
Maennya yang jauh makanya biar circle lo luas jgn berkutat kaskus doangan emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anak.produktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malibuuuu
Lihat 2 balasan
Quote:


Teman dumay itu ada asiknya..kita bisa tau kabarnya dunia luar gratis tanpa susah untuk download. Bukan hanya itu. Kita juga bisa bertukar pikiran berbagai macam hal...ah elah om ...gue gak sekitar ngakus aja keles..wekk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anak.produktif dan 3 lainnya memberi reputasi
Eaa eaaa eaaaa, nunggu rame mas ndo. Ben mrene dewe opo kudu diseret emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anak.produktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sini-sini tak temenin dan jangan takut untuk lone wolf, nanti akan banyak pembaca yang akan jadi fans adel...

Buatlah sebuah tulisan non re writer seperti novel, cerbung, cerpen atau karya ilmiah bila menarik dan disukai pmbaca pasti booming kaya om Genta yg tulisannya di buat film.

Atau bisa juga membaca karya2 besar dari Asma Nadia misalkan... biasanya kalau ada sosok panutan dari nama besar tulisan akan serupa tapi tak sama....

Komunitas menulis perlu tapi yang berbobot foundernya pemikirannya open mind tidak memaksakan kehendak, attitudenya jelas baik dsb. Jangan bermuka ganda repot kalau pake topeng apalagi dunia maya banyak topeng berkeliaran. Founder2 seperti ini biasanya ingin mengejar prestasi tapi caranya sedikit kotor, mereka ingin terkenal dengan membawahi ribuan member padahal member ini hanya untuk batu loncatan saja namanya terkenal dan merasa jumawa..🤫🤫🤫

Mending kita jadi member diri sendiri tanpa ada batasan kecuali sudah penulis pro untuk media cetak, ya mau tak mau harus sekolah sastra, pendidikan bahasa dan linguistik atau minimal kursus...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan 6 lainnya memberi reputasi
Kalau sekedar komunitas ya tempat ngumpul yang sehobi aja om emoticon-Malu

Tapi kalau udah ada embel2 buka kelas atau ngisi materi, ni beda lagi. Itu yang ngisi materi latar belakangnya apa? Gelarnya apa? Prestasinya apa?

Jangan sampai buka kelas kreator, tapi sendirinya nda masuk top kreator. Untungnya gratis. Kalau misal jualan ya nda laku, siapa yang mau beli kucing dalam karung.

Mending gabung komunitas Lingkar Pena Indonesia. Pendirinya mbak Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia. Sudah jelas siapa mereka 👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gakda niatan ke sana..hanya ingin bersenang-senang dengan menulis. Selagi otak masih bisa menampilkan banyak bahasa. Aku menulis tidak untuk sebuah target. Namun hanya menulis karena ingin saja..aku tidak punya kriteria untuk menjadi sesuatu.. karena sudah memahami betul letak otak aku gak serupa otak yg lainnya yang mudah menemukan bahasa bijak.

Maka dari itu jiwa bebas aku ada hanya dalam bahasa puisi..di mana aku bersembunyi dari kejamnya dunia yang terlampau airmata.

Apalagi masuk kepada komunitas yang berlevel. Gak niat sama sekali.. mendingan tanpa kualitas tapi nyaman ....karena sebuah kenyamanan itu sulit ditemukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simel10 dan 4 lainnya memberi reputasi
Gue gak suka nulis karna tulisan gue jelek... Apalagi ikut komunitas emoticon-Ngakak (S)

gue hanya senang membaca apalagi tulisan emang opini si penulis mantap ini te es.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
Quote:


Berati lone wolf lebih nikmat untuk menemukan sebuah kebebasan dan kenyamanan... masuk komunitas nya general saja seperti forum kaskus ini...

Lanjutkan... kak adel

👍👍👍
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
Quote:


Om capung. Delia masih bocil. Komunitas delia gak banyak sekarang mah..karena sedang membatasi ruang gerak aja.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
Waduh, Ane ga hobi nulis. chat aja ga suka. lebih enak telpon hahaha
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
Cuma nimbrung soal pemakaian istilah lone wolf. Aslinya serigala itu hewan yang hidupnya berkelompok lho.

Ketika terpaksa jadi lone wolf dia bakalan menderita.

Sorry gan OOT

emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simel10 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ketahuan kalau FLP 👍👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gpp teruskan berkarya...

Quote:


Diganti aja jadi lone spider... 😂😂
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
oke siap dehh
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
ane ijin ndeprok om.
emoticon-linux2


"Bebaskan imajinasi mu."

emoticon-Perancis
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
masih pageone, sukur aukur gemboked emoticon-nyantai
profile-picture
arbib memberi reputasi
Wah keren nih komunitas penulis
Sapa tau bisa bikin cerita fenomenal kek KKN di desa pencurry emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan arbib memberi reputasi
Diubah oleh MirrorBoy
Lihat 2 balasan
Balasan post MirrorBoy
nah ini passs


ane yang GEMBOKED
profile-picture
arbib memberi reputasi
Diubah oleh djoeragancendol
Halaman 1 dari 25


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di