alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengintip Gaji Menteri Baru, Besar Mana Sama DPR?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db112e6349d0f7b6a6af150/mengintip-gaji-menteri-baru-besar-mana-sama-dpr

Mengintip Gaji Menteri Baru, Besar Mana Sama DPR?

Mengintip Gaji Menteri Baru, Besar Mana Sama DPR?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan ini dilangsungkan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Unik melihat berapa besaran gaji menteri. Bila dikulik lagi gaji menteri sebenarnya lebih kecil daripada gaji anggota DPR.

Meski begitu, beberapa dana taktis masih diterima menteri. Lantas berapa sih gaji menteri?


Gaji Menteri Rp 18 jutaan per Bulan

Tunjangan menteri diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 68 Tahun 2001. Sesuai Keppres ini, menteri negara menerima tunjangan sebesar Rp 13.608.000 setiap bulannya.


Sedangkan gaji pokok para menteri sebesar Rp 5.040.000. Jika ditotal, gaji dan tunjangan yang diterima menteri sebesar Rp 18.648.000 per bulan.



Jumlah di atas belum termasuk dana operasional hingga kinerja dan protokoler. Bahkan ada dana taktis menteri yang menurut beberapa mantan pejabat bisa mencapai Rp 100-150 juta.


Selain itu, menteri juga menerima beberapa fasilitas khusus. Mulai dari rumah dinas, kendaraan dinas dan jaminan kesehatan.



Gaji Anggota DPR

Dibandingkan dengan gaji anggota DPR RI, gaji dan tunjangan menteri terbilang lebih kecil. Gaji dan tunjangan anggota DPR dimuat dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No. KU.00/9414/DPR RI/XII/2010. Selain itu, diatur pula dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015


Di situ tertulis gaji pokok anggota DPR sebesar Rp 4.200.000. Anggota DPR juga mendapat sejumlah tunjangan yakni tunjangan istri Rp 420.000, tunjangan anak Rp 168.000, uang sidang/paket Rp 2.000.000, tunjangan jabatan Rp 9.700.000, tunjangan beras Rp 198.000, dan tunjangan PPH Rp 1.729.608.



Selain itu ada juga tunjangan kehormatan Rp 5.580.000, tunjangan komunikasi intensif Rp 15.554.000, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp 3.750.000 dan bantuan langganan listrik dan telepon Rp 7.700.000.


Jika dijumlah, gaji dan tunjangan anggota DPR tiap bulannya sebesar Rp 50.999.608. Jumlah ini tentu belum termasuk tunjangan pemeliharaan rumah dan uang dinas.



Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfandayt dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Ya ampun.....kasian ya Mentri Mentri baru kita......gajinya kecil amat.

emoticon-No Hope
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
gaji segitu mah kurang banget, gue yg gak pelihara alphard atau boil mewah lainnya aja sebulan bisa habis 30 jt


jadi tau kan pejabat/anggota dpr kalo udah pake boil mewah macam alphard atau mercy dsb gak bakal cukup gaji 50 jt sebulan, itu berarti ada "sumber sumber" lainnya emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mizuiko dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Mengintip Gaji Menteri Baru, Besar Mana Sama DPR?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snubull dan 43 lainnya memberi reputasi
gaji gak usah dipikirin lah...
mikirin pengabdian aja..
dah gak jamannya korupsi nyari recehan...

buat nadiem, gaji segitu mah sama aja anggaran dia beli tusuk gigi..

emoticon-Traveller

makanya kalo ada mentri yg terindikasi apalagi ketangkep korupsi,
itu sama aja menghinakan diri mrk sendiri.
macem menpora, menag yg dulu...

tp ane sih yakin,
kabinet yg ini bakal bener2 nggenjot kualitas RI
diliat dr org2nya & target presidennya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gak usah ribut ngurusin gaji. Toh gak di gaji pun para pejabat tetep rebutan jabatan karena jabatan itu kekuasaan yg tentunya duitnya lebih gede 10 atau 100 atau 1000 kali lipat gaji pokok mereka.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Ini udah bkn rahasia lg sejak indonesia merdeka gan..emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
proxfart dan 3 lainnya memberi reputasi
besaran gajinya nasbungtaik sekali demo nasi bungkus isi tempe orek perkedel+sambel
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh forbidenfive
mentri itu lebih mentereng dprp dpr secara cv..dpr mah bs serangan fajar dan cukup famous aja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post firaga
Quote:


Hari gini jadi mentri mah buat prestis Aja. Ngarepin gaji segitu Cem manager perusahaan swasta emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
We all know 18jt itu cuma BS doang. Minimal plus2 operasional dll dapet 100jt+. Pengusaha2 menengah keatas aja rata2 50jtan. Penghasilan gua wirausaha biasa bahkan termsk kebawah aja 20jtan rata2. Masa mentri bisa dibawah gue.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lah, udah kecil gak dapet pensiunan lagi emoticon-DP
Beda banget sama DePeEr dapet Pensiunan dah kayak PNS emoticon-DP
Bolos rapat aja masih di gaji, beda Ama PNS Gak rapat, potong gaji langsung emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
alter dan kakekane.cell memberi reputasi
kecil yah gaji menteri, gedean eselon IV di pemprov DKIemoticon-Cape d...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


emoticon-Wkwkwk bener jugak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lupis.manis memberi reputasi
Yang penting kinerjanya kalau buat gue secara pribadi.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
semoga amanah ya bapak ibu para menteri sekalian
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Dengan gaji yg ga sedikit itu, ane berharap semoga kinerjanya bagus dehh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kasihan ya, pembaca kek saya yang nggak tahu bagaimana ribet kerjaan mereka.

Tapi lihat orang dengan gaji yang segitu, apakah mereka bahagiaemoticon-Ngakakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Sakitu ge uyuhanemoticon-Malu (S)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
omong kosong bicara gaji klo soal pejabat di tingkat atas....karena di level segitu kuasa, nama dan pengaruh lebih bernilai dari tunjangan dan gaji sekalipun, belum jadi portfolio keluarga nanti...turunan keluarga....menteri !.....itu klo si menteri kagak kena kasus apa2 ya.....emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
ngicat dan kakekane.cell memberi reputasi
coba kira - kira Menteri atau DPR hanya dapat gaji pokok doang , kira-kira masih ada yang mau calonin gak ya?
Gaji gk beda jauh sama buruh Pabrikemoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di