CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daef5b665b24d2ed266edcb/3-kesalahan-ayah-dalam-mendidik-yang-membuat-anak-perempuannya-takut-menikah

3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah

Psikologi, parenting, dan keluarga

3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah


Ayah, adalah cermin yang selalu anak perempuannya lihat. Dari ayah, anak perempuannya menilai bagaimana dan seperti apa laki-laki.



Ayah selalu menjadi patokan pertama dan tolak ukur bagi anak perempuannya untuk melihat gambaran umum laki-laki di luar sana.


Mungkin ini kedengaran aneh, tetapi, begitulah.


Banyak perempuan yang bukan hanya trauma atau takut untuk menikah, bahkan sekadar menjalin hubungan dengan laki-laki, dengan alasan yang sulit dijangkau akal. Dengan alasan kuatir suaminya adalah sama seperti ayahnya.



Ini benar-benar aneh. Tetapi luka psikis terkadang memang sulit dijelaskan secara logis maupun nalar.



Bagaimana bisa anak perempuan menganggap bahwa semua laki-laki di luar sana adalah sama seperti ayahnya? Ini anggapan yang tidak adil, jika semua laki-laki dipukul rata, dianggap sama.


Namun, prasangka dan penilaian itu terbatas bagi mereka (anak-anak perempuan) yang mendapatkan pendidikan yang salah dari ayahnya.


Jika ingin memahami sisi luka batin anak perempuan tersebut, maka ikuti terus penjelasan saya di bawah.


Ketahuilah sebelumnya, pendidikan primer seorang anak dimulai dari rumah. Pendidikan yang sejati bukan sebatas rumus atau teori, tetapi lebih pada sikap maupun kebiasaan yang orangtuanya tunjukkan di hadapan sang anak, itu adalah bagian dari cara mendidik yang sebenar-benarnya.


Quote:




Cara mendidik secara visual atau verbal melalui contoh tindakan akan lebih melekat pada diri si anak daripada dalam bentuk tulisan-tulisan.



Inilah 3 kesalahan ayah dalam mendidik yang membuat anak perempuannya takut menikah:



1. Pemarah

Ayah yang memiliki karakter keras, gampang marah, cara bicaranya meledak-ledak, ngegas, dan mudah mengeluarkan kalimat dengan intonasi tinggi, atau boleh disebut membentak, adalah ayah yang memberikan kesan pertama bagi anak perempuannya, jika laki-laki di luar sana sama seperti ia.


Apalagi jika sang ayah gemar memaki sang ibu, membiarkan pertengkaran besar terjadi di hadapan anak perempuannya. Maka boleh jadi si anak perempuan akan takut sebelum melangkah. Takut dengan hubungan atau pernikahan.



2. Pemalas

Ayah yang malas adalah contoh yang buruk. Ironisnya, terkadang ada ayah yang tidak menyadari jika kemalasan yang dikerjakan adalah cara nyata bagaimana ia memberi pendidikan bagi anak perempuannya.


Bangun selalu siang, segala pekerjaan dibebankan kepada si istri. Lebih banyak berkutat dengan bantal, kasur, makan, dan menonton televisi.



Maka wajar jika si anak perempuan merasa takut untuk menikah. Ia sudah dihantui rasa kuatir tentang gambaran suami yang sama seperti ayahnya.



Ironisnya lagi, kemalasan ini bisa bersifat menular. Bisa jadi alam bawah sadar si anak perempuan akan berkata seperti ini; "ah, ayahku aja malas. Ya sudah, aku malas-malasan juga."


Ia jadi pemalas, apalagi untuk mengerjakan perintah orangtuanya sendiri.


Ini sangat buruk. Sebab tentu saja tidak ada perempuan yang ingin menikah dengan laki-laki pemalas. Dan sayangnya, gambaran laki-laki pemalas telah anak perempuan dapatkan dari ayahnya.



3. Banyak bicara, banyak memerintah

Tidak seharusnya seorang ayah berlindung di balik gelarnya yang mulia dengan bertindak semaunya.


Ia lebih banyak berbicara daripada bertindak, sekalipun misalnya fisiknya masih kuat.


Namun bukan berarti si anak perempuan harus menolak perintah sang ayah. Perintah sang ayah, selagi tidak keluar dari koridor yang baik, maka wajib dilaksanakan. Tetapi seharusnya sang ayah juga bisa menakar, tidak semua harus dibebankan kepada sang anak perempuan. Ini sama saja dengan kemalasan sang ayah yang ditimbun subur.


Apalagi jika ayah gemar memerintah, sesuatu yang berseberangan dengan kegiatannya.


Misalnya seperti ini, sang ayah memerintah anak perempuannya untuk bangun pagi, sementara ia sendiri bangun selalu siang.


Mau tidak mau, jenis perintah yang dibebankan tersebut mampu meninggalkan beban batin yang besar bagi anak perempuannya.


Maka ia akan menganggap jika ayahnya saja seperti itu memperlakukan dirinya, mungkin suaminya kelak juga demikian.



Ada luka dan beban batin yang tersembunyi, menciptakan rasa trauma, takut, kuatir, (bahkan beberapa kasus, maaf, jijik), dan anggapan buruk tentang semua laki-laki di luar sana. Akibatnya, pernikahan adalah sesuatu yang naif dan ketidaksanggupan untuk dimulai.



3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah



Butuh waktu serta usaha yang tidak mudah untuk menyembuhkan jenis luka psikis akibat dari cara ayah yang salah dalam mendidik ini. Mungkin, sampai si anak perempuan bertemu dengan laki-laki yang memiliki sifat bersebarangan dengan sang ayah. Dan pada akhirnya, laki-laki itu akan ia cintai melebihi cintanya kepada siapapun, bahkan kepada dirinya sendiri. Itulah fenomena yang banyak terjadi, tetapi jarang disadari.


Maka seharusnya, sang ayah tahu atau minimal belajar bagaimana cara bersikap di hadapan anak perempuannya, agar setidaknya ia bisa menjadi idola bagi anak perempuannya sendiri.


Karena ayah adalah cermin, yang selalu anak perempuannya lihat dari banyak sisi, dan tolak ukur yang ia gunakan untuk menilai laki-laki di dunia yang maha luas ini.


Cukup sekian thread kali ini. Seluruh narasi dan opini di atas adalah hasil pengamatan pribadi yang dianalisa dalam kurun waktu tidak sebentar. Namun jika dirasa ada yang kurang, mari diskusikan di kolom komentar dengan cara yang santun.


___o0o___

Sumber gambar: Pinterest


Untuk membaca thread @mbak.far lain yang informatif dan bermanfaat, terutama seputar psikologi dan parenting, silakan klik saja gambar di bawah ini, Gan-Sis πŸ‘‡


3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah


Terimakasih dan semoga bermanfaat emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
srirahayu14 dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Skuy, klik gambar di bawah. Agar bisa baca threadtentang psikologi dan parenting lain yang ditulis oleh @mbak.far yang ngegemesin ini πŸ˜† jan lupa tinggalin komentar terbaikmu, Ges πŸ‘Œ



3 Kesalahan Ayah dalam Mendidik, yang Membuat Anak Perempuannya Takut Menikah
profile-picture
profile-picture
alii.hasan dan ajang.dee memberi reputasi
Tambah lagi Sist, suka main tangan. Anak perempuan pasti akan trauma dan bahkan akan menilai jika laki-laki itu suka main tangan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
terus cara menyembuhkannya bagaimana?
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan ajang.dee memberi reputasi
aduh, curhat 🀣 ...

Tapi makasih banyak, semoga dengan baca trit ini ane bisa dapat pelajaran sebagai seorang Ayah nanti dari anak-anak kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinguinidiot dan 2 lainnya memberi reputasi
Jadilah ayah yg bijak
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan ajang.dee memberi reputasi
Harusnya Ayah memberi contoh yang baik ya, jangan merusak citra laki-laki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 3 lainnya memberi reputasi
Jadilah ayah yang is the best buat anak
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
kalau udah jadi wanita karir mah juga pasti telat nikahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noisscat dan 2 lainnya memberi reputasi
kalau anak perempuannya kaya raya dan bisa rawat ortunya....ga nikah pun ga masalah sebenernya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mbak.far memberi reputasi
makasih treadnya , ntar ane belajar mengerem amarahku

*komen_gaje.
profile-picture
profile-picture
pinguinidiot dan mbak.far memberi reputasi
iya, aku paling gak suka lihat orang malas. Apalagi dia punya tanggung jawab yang besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
apakah berlaku juga utk kesalahan ibu bisa buat anak laki2 takut/males nikah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noisscat dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Surga di telapak kaki ibu.. ibu ga salah..emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noisscat dan 2 lainnya memberi reputasi
Tapi anak perempuan sekarang takut menikah bukan karena itu juga sih gan, faktor terlalu selektif juga bisa jadi acuan nih gan wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 3 lainnya memberi reputasi


Quote:


Temen ane cewe pernah curhat bree,, sampe pas curhat matanya memerah.

Dia bilang dia trauma krena pas kecil pernah di tampar ayahnya, juga sering liat ortunya berantem.

Pas kuliah kalau dia balik ke Kota asalnya, dia lebih sering ke rumah neneknya dibnding ortunya sendiri emoticon-Mewek

β€”-

Dia jga cerita kalau kejadian itu bikin dia sdikit takut buat nikah,

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh todzzz
Good info. Trims yak
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Tambahanemoticon-Hai
Tukang selingkuh mungkin jadi alasan juga dia berfikir semua lelaki tukang selingkuh

Semoga 4 anak saya ga traumaemoticon-Salam Kenal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
untung bpk ane mo d ajak kerja sama, sifat nya sama ane hampir sama
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Siap, Kak. Benar sekali emoticon-Malu

Makasii 😍
Betapa pentingnya teladan dari orang tua ....untk anak anaknya karena ini akan membentuk karakter mereka....
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di