alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menteri Agama yang Konsisten Menolak Negara Islam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daeb80e349d0f7bca35cd40/menteri-agama-yang-konsisten-menolak-negara-islam

Menteri Agama yang Konsisten Menolak Negara Islam


Menteri Agama yang Konsisten Menolak Negara Islam


Munawir Sjadzali lahir di desa Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, pada 7 November 1925.

Beliau memulai pengabdian pada negara atas Wakil Presiden Mohammad Hatta tertarik pada karya tulisan beliau. “Menurut beliau, secara kualitas buku saya perlu dikembangkan,” aku Munawir dalam Apa & Siapa Sejumlah Orang Indonesia(1986: 834).




Setelah itu, Hatta memberi jalan pada Munawir untuk belajar di luar negeri. Dia ditempatkan di Seksi Arab/Timur Tengah Departemen Luar Negeri. Sejak remaja, Munawir bercita-cita kuliah di Mesir. Tapi kesempatan belajar di negara non-Islam pun dia lakoni. Dia pernah studi ilmu politik dan hubungan internasional di Universitas Exeter, Inggris pada 1953. Waktu jadi Sekretaris III KBRI Washington DC, Munawir sambil belajar juga di Universitas Georgetown. Di kampus itu, ia meraih gelar Master of Art bidang filsafat politik dengan tesis berjudul "Indonesia's Moslem Parties and Their Political Concepts" (1959).





Quote:




Di era Munawir jadi menteri, Pancasila sebagai asas tunggal dipromosikan secara besar-besaran oleh penguasa. Konsepsi ini mendapat banyak penolakan dari kelompok-kelompok Islam. “Pancasila adalah asas hidup bersama dengan saudara-saudara kita yang beragama lain,” kata Munawir seperti ditulisnya dalam Partisipasi Umat Beragama Dalam Pembangunan Nasional (1983: 143). 



“Munawir berjanji, apabila Pancasila diterima sebagai azas tunggal, setiap organisasi keagamaan diberi kebebasan untuk merumuskan tujuan-tujuan dan menyusun program kerja sesuai dengan aspirasinya masing-masing. Tidak hanya itu, pemerintah juga akan membantu setiap ormas untuk mewujudkan cita-citanya,” tulis Hanif Sufyan (2014: 55).

Nah, simak kisah lengkapnya yang ditulis olehstealth.mode bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast!

Menteri Agama yang Konsisten Menolak Negara Islam




profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninon2010 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
ayo berpendapat kaskuser. mana yg perlu di pentingkan. emoticon-Bingung
mejeng dulu sebelum rame nanti
kalo diketahui khalayak anak jaman sekarang yg nafsu nafsunya ama agama.
mungkin udah dicaci maki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
karena Indonesia tidak hanya beragana Islam, dan mengakui 6 agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
Bersyukurlah beliau nggak lahir di Indonesia era millenial. Hari gini ngomong begitu, bisa disuruh mandi sendiri kalo nanti .... ah sudahlah.

Tapi gan, ini isu kan udah lama ya? Knp jaman sekarang gini kayak kedodoran ya? Kok jaman dulu bisa manage dengan baik?
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan benche87 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
teman kecil alm mbah saya
profile-picture
indramamoth memberi reputasi
Perlu nge-mention org2 ABMM nih emoticon-Leh Uga
Memang seharusnya demikuan, oknum2 yg menghendaki negara islam di indonesia seharusnya di cabut saja kewarganegaraannya
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
ya seharusnya tegas..filsafah atau dasarnya udah mencakup banyak aspek & garis besar haluan negara.
profile-picture
ridwanoon memberi reputasi
Harus itu...

Ini bukan negara Islam
Tolak syariat Islam.. tolak Indonistan..

negara ini lagi darurat keracunan syariat Islam

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
vividl dan dragunity memberi reputasi
Diubah oleh setiapmenit
Mantabbb, semoga konsisten dengan apa yang diucao dan diyakinii
emoticon-Jempolemoticon-Jempol
Quote:


Bener bangett gan, negara ini bukan negara islam
emoticon-Jempol
Jaman dulu orangnya tegas2. Kalo jaman sekarang kaysk gini yakinlah mesti dikatain penistaan agamaemoticon-Cape d...
profile-picture
indramamoth memberi reputasi
Quote:


Harusnya gan, tetapi negara lebih berperimanusiawi ketimbang manusia itu sendiri, sehingga susah mau nyabut kewarganegaraan mereka
emoticon-Jempol
profile-picture
indramamoth memberi reputasi
Quote:


Jaman sekarang oraang banyak yg agamis pdhl otaknya nol emoticon-Cape d...
Balasan post th3d4rk
Quote:


Kalo menurut gua dulu negara cepat membereskan nya, dengan senjata jika perlu.

Sekarang ada ham, terus informasi digital internet bikin berita cepet tersebar kalau ada pemberangusan.

Dan internet ini juga yang bikin cepet nyebar ideologi yang anti pancasila. entah far left atau far right.
Dulu mungkin tersebar di warung kopi, sekarang tersebar secara privat di grup wa, FB dll.

Ditambah aliran dana segar dari wahabi di timteng.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan.douglas dan 4 lainnya memberi reputasi
dari awal perjuangan hingga diproklamasikan kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan Hatta bukan hanya muslim yang punya andil, bahkan secara struktur masyarakat saja udah beragam
makanya dipilihlah negara pancasila sebagai asas. menurut ane itu yang paling pas. karena sebenarnya kuncinya cuman satu, saling toleran dan menjaga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Paling males ada yg bilang "paling banyak membela indonesia adalah muslim".
pretttt...
dikira Indonesia timur ga bantu kemerdekaan Indo? dikira orang timur beragama islam?
Mentang-mentang mayoritas gitu jadi pengennya negara islam?
Negara Jepang yang mayoritas beragama Shinto aja ga jadi negara agama Shinto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davidsson dan 3 lainnya memberi reputasi
kg perlu panjangin jenggot sama itemin jidat buat di bilang muslim yg taat
Tuhan masih sayang sama bangsa ini, padahal setiap waktu ada aja kasus-kasus seperti itu, tapi selalu saja bisa dihentikan.
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di