alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dabdf399775130dd0357f27/5-dampak-buruk-membanding-bandingkan-anak-hentikan-sekarang-juga-gan-sis

5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!

5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
psikologi & parenting


Membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak tetangga, dengan teman sebaya, atau bahkan dengan saudara kandungnya yang lain, adalah tindakan yang dapat menyakiti perasaan dan psikologi anak itu sendiri



"Kenapa nilai matematikamu turun? Lihat punya temanmu itu, tambah bagus punya dia."

"Jadi anak itu yang rajin. Contoh kakakmu itu!"


"Nak ... Kamu bisa enggak kayak Bima yang rajin dan pandai itu?

"Kamu cuma guru honorer, sementara Bima jadi PNS."


Blablabla



Meski disampaikan dengan bahasa santun sekalipun, dibanding-bandingkan tetaplah menyisakan rasa sakit luar biasa.


Manusia cenderung suka membanding-bandingkan. Alam bawah sadar manusia gampang menilai baik dan buruk lantas membandingkan keduanya. Perbedaannya hanya, perbandingan itu diungkapkan atau disimpan.


Sementara orangtua (ayah atau ibu), membanding-bandingkan umumnya (mungkin) sebatas ingin agar anaknya menjadi lebih baik lagi.


Quote:



Namun sayang, itu bukan cara yang tepat. Beberapa dampak buruk bagi psikis akan anak terima jika ia kerap dibanding-bandingkan.


Setidaknya, inilah 5 dampak buruk yang bisa terjadi jika membanding-bandingkan anak;



1. Tertutup & suka berbohong

Anak merasa lebih baik berbohong daripada mengatakan sebenarnya, tetapi pada akhirnya harus dibanding-bandingkan. Seperti yang sudah-sudah. Ia merasa usahanya sendiri tidak pernah dihargai.

Sikap anak yang tertutup dan gemar berbohong kepada orangtua, dalam beberapa kasus bisa membahayakan si anak itu sendiri. Misalnya, diam-diam anak bergaul dengan lingkungan yang kurang baik.

Jadi, sebagai orangtua sebisa mungkin buatlah anak Gan-Sis bisa terbuka kepada orangtua. Jika sudah terbuka, artinya ia nyaman dan percaya, sehingga bebas bercerita apapun layaknya kepada sahabat karib.

Salah satu cara yang bisa ditempuh agar dipercaya dan anak terbuka kepada Gan-Sis adalah berhenti membanding-bandingkannya dengan yang lain.



2. Bakat terkubur percuma

Hmm ... Bukannya semakin baik, kerap dibanding-bandingkan justru membuat anak enggan berusaha melakukan passion yang ia suka. Sehingga bakatnya dikubur, sebab merasa jika orangtuanya sendiri tidak memberi dukungan untuk terus menggali bakatnya, apalagi menghargai.



3. Merasa rendah diri

Merasa rendah diri, sebab setiap yang si anak miliki tidak dihargai, dan tidak bernilai. Dan malah mengatakan jika oranglain lebih baik darinya.


Ia merasa dirinya sungguh rendah dari siapapun. Kepercayaan dirinya perlahan terkikis dan ia menarik diri dari orang lain.



4. Hubungan dengan orangtua menjadi renggang

Bukan hanya membentak anak saja yang membuat hubungan antara orangtua dan anak menjadi renggang. Kerap dibanding-bandingkan juga memicu si anak menjauh dari orangtuanya sendiri. Ia cenderung menutupi aktivitas atau apa yang dikerjakan.


5. Membunuh karakter & malas berusaha

Ya, setelah merasa rendah diri, anak akan beranggapan tidak ada guna berusaha. Ia menjadi pribadi yang malas dan putus asa.


5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
parenting talk



Memberi kritik kepada anak memang baik, tetapi tidak harus dengan cara mengabaikan perasaan si anak.


Perlu orangtua sadari pula, jika setiap anak memiliki bakat dan passion berbeda. Orangtua tidak seharusnya mengintervensi bagian ini. Atau jika tidak, sama saja orangtua telah bersikap egois, mementingkan kehendak pribadi.


Meski sebatas ingin agar anaknya menjadi seperti dirinya sebagai orangtua, si anu, atau si itu, itu sama saja, disebut egois.


Cukup sekian thread kali ini. Semoga ada ilmu atau pelajaran yang dapat dipetik. Mari sayangi dan peduli terhadap anak-anak Indonesia, generasi penerus bangsa yang semoga bukan hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga akhlak dan berbudaya.


Sumber: opini pribadi. Jika ada tambahan, mari diskusikan di kolom komentar.


___o0o___

Jangan lupa baca thread @mbak.far lain seputar psikologi, parenting, dan bisnis. Dengan klik gambar di bawah ini, Gan-Sis 👇

5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arya333 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbak.far
Halaman 1 dari 8
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Klik aja gambarnya, Gan. Lalu baca thread-nya, kasih rate, cendol, share, dan komen terbaik👌. Thanks a lot🙏😆


5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
Diubah oleh mbak.far
10 Tanda Umum Autisme 👇. Jangan sungkan, Gan. Klik aja gambarnya. Baca threadnya, kasih rate, share, cendol, dan komen terdaebak😆


5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
😭😭😭aku
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Quote:


Pengalaman pribadi apa kamu juruaan psikologi sis, semua benar adanya, meski ortu tidak bermaksud seperti itu apa daya anak kadang tidak mengerti jalan pikir ortunya
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
anak anak gue ya gimana gue aja !

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
.co.cc17baik dan mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kenapa, Dek? 😢
Quote:


Pengamatan pribadi, Bun 😆
Saya cuma lulusan pesantren, nggak kuliah, apalagi jurusan psikologi. Hehe.

Makasih, Bun, sudah mampir 🙏
Quote:


😆 iyaah
Intinya, jangan pernah membanding2kan anakemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sering dibandingkan☺️
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Makasih, Bun. Buat ilmu, krisannya, dan sudah berkenan mampir emoticon-Peluk
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Quote:


Huum 😢 sabar, semoga itu bisa menjadi jalan agar kita menjadi pribadi yang semakin tangguh 💪
Quote:


Ma sama juga yaemoticon-Big Kiss harus saling bantu biar belajar bareng2 dan bisa buat artikel yang kerenemoticon-Shakehand2
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Ane dulub sebagai anak paling ga suka dibanding-bandingin, selalu ngamuk kalo dibandingin sama anak tetangga wkwk
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Pada dasarnya setiap anak itu istimewa jadi jangan dibanding2kan donkk
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
aku dulu juga pernah dibanding2kan dan sempat drop serta itu membuatku terpacu memutar otak dan berusaha semaksimal mgkn...Alhamdullilah jalan itu ada.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Aamiin. Semoga🤗🤗
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
wah ini sih yang paling ga disuka. bahkan kalo udah besar pun juga gasuka di banding bandingin. tiap orang punya kemampuan yang berbeda beda. jadi buat semua orang ga cuma orang tua buat anaknya aja. jangan ngebanding - bandingin ya. biar orang yang kamu bandingin sama orang lain ga overthinking dan stress, kadang dampaknya bisa luar biasa loh gansist
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
kasihan si anak
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di