alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daae55c68cc955f686296f7/jenang-dawet-makanan-khas-dari-gunungkidul

Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Lagi, lagi dan lagi tentang Gunungkidul, Gan/Sist.Kampung halaman, sekaligus tanah kelahiran saya. Selain kaya dengan wisata alam, Gunungkidul juga memiliki berbagai makanan khas daerah. Tentu, makanan khas tersebut ngangenin bagi perantau seperti saya. Salah satu makanan khas yang ngangenin tersebut adalah jenang dawet.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Jenang dawet merupakan bubur sumsum yang diolah dari tepung beras, kemudian diberi campuran dawet (cendol) dan kuah gula merah (juruh). Jenang dawet biasa di jual di pasar tradisional atau warung tertentu.


Quote:

Sumber : di sini




Meskipun banyak jajanan modern atau kekinian saat ini, namun jenang dawet masih digemari masyarakat Gunungkidul. Mungkin karena para penjual masih tetap menggunakan bahan alami tanpa pemanis buatan, sehingga orang yang membeli tidak kapok. Rasa manis kuah gula merah (juruh) yang dicampur bubur sumsum, dan kekenyalan dawet (cendol), juga membuat semua kalangan menyukai kuliner ini. Rata-rata para penjual masih memasak dengan cara tradisional, yaitu menggunakan tungku. Harganya pun tetap bersahabat Gan/Sist,yaitu antara Rp 3.500,00 hingga Rp 5.000,00.


Jenang dawet banyak dicari oleh para perantau saat mereka mudik ke kampung halaman. Pasti mereka kangen dengan jajanan masa kecil, karena di tanah rantau jarang ada yang menjual jenang dawet. Kalaupun ada, rasanya mungkin berbeda dari yang dijual di kampung halaman.


Ayo Gan/Sist,nikmati jenang dawet khas Gunungkidul jika sedang berlibur ke Gunungkidul. Pasti akan terus ketagihan jika sudah mencobanya.


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Referensi :

1. Opini pribadi



Baca juga : Jangan Lombok Ijo Khas Gunungkidul

Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Halaman 1 dari 10

Jangan Lombok Ijo Khas Gunungkidul

Haha...Gunungkidul lagi, Gan/Sist. Kampung halaman sekaligus tanah kelahiran saya, yang selalu membuat kangen. Iya, kangen semuanya! Baik masyarakat, tempat rekreasi maupun makanan khas daerahnya.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Ok Gan/Sist!Kali ini saya akan membahas tentang jangan lombok ijo atau sayur cabe hijau khas Gunungkidul. Disebut jangan lombok ijo atau sayur cabe hijau, karena lombok ijo atau cabe hijau menjadi komponen utama dalam masakan ini. Tetapi, boleh juga sih, ditambahkan sedikit cabe merah untuk mempermanis tampilan. Masakan ini memang sederhana, tetapi sangat menggugah selera makan. Apalagi dihidangkan bersama nasi merah hangat di siang hari. Wah... rasa lapar semakin tak tertahankan!




Namun, tak perlu khawatir bagi yang tidak suka pedas. Karena yang digunakan adalah cabe besar sehingga rasa pedasnya tidak sedahsyat cabe rawit. Tetapi tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera Gan/Sist, jika suka pedas maka cabe yang digunakan adalah cabe besar dan cabe rawit.


Gan/Sistyang ingin mencoba membuat jangan lombok ijo di rumah, ada resepnya nih! Silahkan simak!


Quote:

Sumber : di sini


Bagaimana Gan/Sist, cukup mudah kok membuatnya. Kalau ke Gunungkidul, jangan lupa mampir di kuliner jangan lombok ijo ya! Pasti bikin ketagihan.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri


emoticon-Big Kissemoticon-2 Jempolemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningdidien dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Lihat 1 balasan

Gatot, Cemilan Khas Gunungkidul

Hai Gan/Sist!Hadir lagi dengan tema Gunungkidul. Iya, Gunungkidul! Daerah bagian selatan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), daerah karst dengan pegunungan kapur.

Banyak loh, Gan/Sist makanan khas dari Gunungkidul itu. Yang akan saya bahas kali ini adalah gatot. Sekarang sudah jarang yang membuatnya, tidak banyak seperti saat saya masih kanak-kanak dulu.

Di zaman penjajahan, gatot termasuk makanan yang mewah. Iya, mewah! Karena tidak ada makanan atau bahan makanan lain yang bisa dibeli masyarakat saat itu.



Gatot ini tampak sederhana sekali sajiannya, namun proses pembuatannya sangat panjang dan memerlukan ketelatenan serta kesabaran.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : di sini


Mau tahu tentang cara membuat gatot? Cekidot, Gan/Sist!


Quote:

Sumber : di sini


Cukup rumit, kan?Perlu diketahui juga, Gan/Sist! Gaplek merupakan singkong/ketela pohon yang sudah dikupas, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Proses penjemuran antara satu hingga dua minggu.




Gatot masih dijual di pasar-pasar tradisional Gunungkidul. Gatot memiliki rasa yang manis, lezat, gurih dan kenyal. Gatot akan lebih nikmat jika dinikmati di pagi hari, dengan teh tubruk manis gula batu.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri


Referensi :
1. Opini pribadi
2. di sini
3. di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh

Tiwul, Makanan Khas dari Gunungkidul

Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : di sini


Tiwul, adalah makanan kaya karbohidrat yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Tiwul terbuat dari gaplek, yaitu singkong yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian ditumbuk hingga halus. Tiwul merupakan makanan khas dari Gunungkidul yang dahulu pernah menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul.


Tiwul juga merupakan makanan yang dahulu sempat diidentikkan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah Gunungkidul. Namun, tiwul sekarang mampu menembus batas gengsi, loh!Tiwul bukan lagi sekedar makanan pengganti nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak dicari saat berada di Gunungkidul.

Ciri khas tiwul ini ada pada rasanya yang manis dan gurih yang diperoleh dari citarasa singkong.


Untuk membauat tiwul sendiri, cukup rumit dan perlu latihan dengan sabar. Gan/Sistingin mencoba membuat tiwul sendiri? Boleh Gan/Sist, simak resep berikut :


Quote:

Sumber : di sini


Nah,itu cara membuat tiwul manis, Gan/Sist. Walaupun agak rumit daripada menanak nasi, tapi Gan/Sist perlu mencoba. Kalau mau yang tidak manis, tinggal hilangkan gula merahnya.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri


Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh

Sambal Bawang, Khas Gunungkidul

Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri



Hai, Gan/Sist!Warga asli Gunungkidul, pasti sudah mengenal sambel bawang. Walaupun di rantau, pasti juga masih membuat sambel bawang walaupun hanya sesekali.


Sambal bawang merupakan masakan pendamping, yang bisa menambah rasa nikmat pada setiap masakan. Bagi sebagian orang, menyantap makanan tanpa kehadiran sambal tentu tidaklah nikmat. Sambal bawang menjadi salah satu jenis sambal yang paling mudah cara membuatnya, karena bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Mengolahnya pun tidak sampai 10 menit.


Berikut Gan/Sist,resep sambal bawang swderhana yang bisa dicoba di ruma :


Quote:

Sumber : di sini


Bagaimana Gan/Sist? Cukup mudah kan cara membuatnya. Selamat mencoba ya, Gan/Sist.


Jenang Dawet, Makanan Khas dari Gunungkidul

Sumber gambar : dokpri
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
pejwan
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Murah ya sis, mending beli dari pada buat sendiri yakemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya, murah... Kalau bikin sendiri, agak ribet... Kadang rasa tak seenak kalau beli... 😉
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
yuk jenang dawet cendolnya bundaaa 😁😁😁
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
Quote:


Rasanya pasti maniss kaya bunda emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
Quote:


Wah...emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan alva610 memberi reputasi
Quote:


Enak lho... Apalagi pas cuaca panas seperti sekarang ini...
profile-picture
profile-picture
alva610 dan Richy211 memberi reputasi
Quote:


Iya bundaa aku juga tadi minum.es kelapa seger pisan euyy emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wah, es kelapa... Mak nyes pasti
profile-picture
alva610 memberi reputasi
aku buat cendol gak pernh beres2 keseringn lembek.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan lina.wh memberi reputasi
wah ane juga kampungnya di gunung kidul nih, di karang mojo tepatnya..
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan lina.wh memberi reputasi
Quote:


Wah kalo ane punya temen daerah semin gan, tau gak?gahahaha
Cendol dawet emang enak gan, murah lagi. Gak di turki aja sih, di solo juga ada yg jual, kek di pasar gede tuh emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
sitifitimih dan lina.wh memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di